DeYudi69
TS
DeYudi69
Kuy Ajak Anak-Anak Untuk Mengurangi Bermain Gadget
Kaskus DeYudi69 -Udah tua bukan berarti nggak boleh mengenang permainan masa kecil kan yak?

Apalagi kalo permainannya dilihat menarik sama adik atau anak-anak kita, pasti bakalan bisa mengurangi intensitas anak-anak jaman sekarang buat bermain dengan gadget.

Sebenarnya sih dilema yak, di satu sisi anak-anak sejak usia dini mau nggak mau harus bisa make gadget, karena tuntutan belajar online dari rumah, tapi di satu sisi bukannya khusus dipake buat belajar online saja, tapi ane lihat adik ane malah lebih banyak nonton youtube atau mabar game onlinenya aja.

Selain merusak kesehatan mata, bermain gadget juga bisa bikin lemes bahkan anemia kalo seharian full gadgetnya nggak lepas-lepas dari genggaman juga pandangan mata.

Nah, maka dari itu sebaiknya sekali, kita sebagai kakak, atau pun sebagai orang tua dari anak-anak, sesibuk apapun aktifitas kita sebaiknya sesekali mengajak anak-anak buat bermain yang tanpa menggunakan gadget.

Nah, berikut ini beberapa permainan anak-anak yang bagus buat melatih, keterampilan, kecerdasan, bahkan membuat anak-anak jadi lebih sehat karena nggak cuma panca indra, tapi hampir seluruh anggota gerak pada tubuh ikuta bergerak.

1. Lompat Tali



sumber gambar

Permaianan ini memerlukan bebrapa orang minimal tiga pemain, yang mana dua orang bertugas untuk memegang atau pun memutar talinya, trus satu orang yang bermain melompati talinya. Dengan melakukan suit, para pemain bisa menentukan siapa yang jadi pemain pertama kedua dan seterusnya. Tali yang dipergunakan pun biasanya kalau tidak karet gelang yang di susun sedemikian rupa, biasanya bisa juga mempergunakan tali tambang atau tali pramuka.

2. Main Dengkleng


sumber gambar

Permainan ini juga bisa dilakukan sendiri atau berkelompok, para pemain akan membuat gambar kotak-kotak pada tanah atau lantai yang nantinya akan dilompati dengan cara mengangkat satu kakinya. Biasanya sebelum permainan dimuali maka para pemain akan melempar batu atau pecahan genteng yang dilempar kedalam kotak yang mana batu ini harus dilompati saat bermain dengkleng.

3. Main Petak Umpet


sumber gambar

Bermain petak umpet emang seru-seru gimana gitu pokoknya. Kalo ane dulu sih ngumpetnya dalem lemari baju sampe ketiduran karena nggak ada yang bisa nemuin wkwkwk.

4. Bermain Ular Naga Panjang


sumber gambar

Permainan ini juga nggak kalah asyiknya sama main petak umpet. yang kena tangkep giliran jadi penangkapnya.

5. Main Kelereng

Spoiler for main kelereng:


Main kelereng ada beberapa jenisnya sih kalo yang pernah ane lakuin waktu kecil, pertama main memasukkan kelereng ke dalam lubang yang dibuat di tanah dari jarak tertentu, mainnya dengan cara disentil seperti pada video di atas.

Atau bermain putar kelereng pake wadah atau ember seperti video di bawah ini.

Spoiler for main putar kelereng:


Satu lagi main mengenai kelereng lawan, kalo kena kelerengnya jadi milik kita wkwkwk.

6. Main Tembing

Spoiler for main tembing:


Main tembing merupakan permainan tradisional khas dari daerah Bali. Aslinya permainan ini dilakukan dengan cara melempar uang logam ke dalam lubang yang dibuat di tanah. Tapi waktu kecil ane sama teman-teman nggak menggunakan uang logam, tapi ane ganti dengan tutup botol minuman yang ane pedelin pake palu wkwkw.

7. Main Lempar Bola Kedalam Ember

Spoiler for main lempar bola ke dalam ember:


Permainan ini juga nggak kalah serunya sama permainan kelereng, kita bisa mengatur jarang embernya mulai dari 2 meter bahkan sampai 10 meter buat menaikkan level kesulitannya.

8. Main Lempar Gelang ke Botol

Spoiler for main lempar gelang :


Selanjutnya ada permainan lempar gelang ke botol, kalo nggak ada gelang plastiknya boleh mempergunakan gelang dari isolasi atau selotip seperti video di atas wkwkwk. Karena bermain seperti semua permaian yang ane sebutkan di atas juga bisa melatih kreatifitas kita.

9. Bermain Layang-Layang

Spoiler for bermain layang layang:


Nggak cuma anak laki-laki, jaman ane waktu kecil, anak perempuan juga ada yang suka bermain layangan di tanah lapang 😂.

Di bawah ini juga beberapa permaianan nostalgia anak 90-an yang bisa dilakukan.

Spoiler for permainan anak jaman old:


Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Baca juga : Cara Membuat Biji Nangka Geprek

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi.
Diubah oleh DeYudi69 22-10-2021 03:56
0
1K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread•81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.