• Beranda
  • ...
  • Badminton
  • Analisa Sotoy : Kenapa Pemain Ganda Badminton Selalu Melakukan Tos-Tosan?

eMHidayatsAvatar border
TS
eMHidayats
Analisa Sotoy : Kenapa Pemain Ganda Badminton Selalu Melakukan Tos-Tosan?


Gegap gempita Thomas Cup masih terasa pagi ini saat Ane menulis trit. Kejuaraan dunia beregu resmi berakhir tadi malam dan Indonesia berhasil membawa pulang Thomas Cup setelah berhasil mempercundangi China dengan skor meyakinkan 3 - 0. Penantian panjang selama 19 tahun pun akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan. Ane ucapkan selamat dan terima kasih kepada para pemain, pelatih dan officialyang telah mengharumkan nama bangsa melalui olahraga badminton.

Trit kali ini nggak membahas semata-mata tentang Thomas Cup, tapi tentang kebiasaan para pemain badminton di sektor ganda, baik ganda putra, ganda putri, maupun ganda campuran. Itu adalah kebiasaan melakukan tos-tosan antar pasangan yang nggak mungkin bisa dilakukan oleh pemain disektor tunggal. Meskipun nggak penting buat dibahas, tapi ane bersikeras untuk tetap melakukan analisa sotoy kenapa para pemain kerap melakukan hal ini. 



Karena dalam satu kali tektokan aja para pemain minimal melakukan 1 kali tos dengan pasangannya. Bisa agan dan sista bayangkan berapa kali mereka melakukan tos-tosan dalam satu pertandingan. Belum lagi jika pertandingan tersebut dilakukan dalam tiga game dan masing-masing gamenya selalu ada deuce.

Spoiler for spoiler:

Kenapa Pemain Ganda Badminton Selalu Melakukan Tos-Tosan?
Motivasi
Analisa sotoy pertama adalah sebagai bentuk motivasi para pemain, tos-tosan dapat dilakukan untuk saling menguatkan dan memberi semangat satu sama lain. Itulah gunanya teman bukan? Bukan hanya saat poin unggul, tetapi juga saat terjadi kejar mengejar poin yang ketat maupun saat poin tertinggal. Karena setiap poinnya sangat berharga, maka para pemain selalu memotivasi dirinya dan pasangannya dengan melakukan tos untuk merebut poin berikutnya.

Komunikasi
Berikutnya adalah sebagai bentuk komunikasi antara para pemain disektor ganda. Agan dan sista yang pernah nonton pertandingan langsung di arena mungkin bisa merasakannya. Riuh dan gemuruh penonton di tribun sedikit banyak pasti mempengaruhi komunikasi antar pemain, karena itu para pemain juga melakukan komunikasi melalui sentuhan berupa tos-tosan. Bukankah sentuhan juga merupakan salah satu bentuk komunikasi yang ampuh? Cieileh sentuhan.

Kebiasaan
Yang ketiga adalah karena kebiasaan gansis. Bisa jadi juga para pemain nggak sedang saling memotivasi atau saling berkomunikasi satu sama lainnya, tetapi mereka melakukannya karena kebiasaan. Seperti yang agan dan sista tau kebiasaan itu sulit dirubah, jadi wajar saja jika tos-tosan itu dilakukan secara spontan.

Ikut-ikutan
Ini yang paling nyeleneh sih, mungkin juga ada pemain yang melakukan tos-tosan karena ikut-ikutan pasangan lain. Misalnya, karena lawannya selalu melakukan tos-tosan di setiap sebelum dan setelah tektokan, maka pemain ini mungkin merasa "mereka tos-tosan mulu masa kita nggak?". Akhirnya pasangan ini pun ikut melakukan tos-tosan.

Yah namanya juga analisa sotoy, bisa ngaco bisa juga ngawur. Semua tulisan berasal dari analisa sotoy TS pribadi, kalau gambar diambil dari google image. Barangkali ada agan dan sista yang punya analisa sotoy juga bisa komen di bawah.

emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Cendol Gan


Diubah oleh eMHidayats 19-10-2021 10:05
gore
juliannisa
loismountbatten
loismountbatten dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Badminton
Badminton
icon
1.8KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.