deganijo001Avatar border
TS
deganijo001
5 Raksasa Dagang-El di Tanah Air, Siapa Rajanya Versi SnapCart?


Bisnis, JAKARTA — Industri dagang-el di Indonesia senantiasa berubah dan berkembang pesat seiring dengan berjalannya waktu. Menjelang berakhirnya tahun 2021, persaingan pun semakin memanas antara lima nama besar eS E N S O Rmerce di tanah air, yakni Tokopedia dan Shopee—dua dagang-el (eS E N S O Rmerce) yang paling sengit persaingannya, juga Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Namun, di antara lima eS E N S O Rmerce tadi, siapa yang berhasil menjadi dagang-el nomor satu di Indonesia pada tahun ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, SnapCart melakukan riset dengan metode survei daring yang dilakukan sejak September 2021. Survei yang diselenggarakan oleh SnapCart ini diikuti oleh 1.000 responden dari berbagai jenis kelamin, golongan usia, pendapatan, dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

SnapCart sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan kembalian tunai (cashback) bagi pengguna dengan cara mengunggah struk belanja. Namun, tak hanya memberikan kembalian tunai bagi konsumen, SnapCart juga memantau analitik waktu nyata (real time analytics) mengenai perilaku belanja konsumen.

“Dari hasil riset SnapCart, ditemukan bahwa Shopee merupakan eS E N S O Rmerce yang paling banyak diingat dan paling banyak digunakan kebanyakan orang. Sebanyak 75% responden menjawab bahwa Shopee merupakan aplikasi atau situs belanja online yang menjadi Top of Mind, disusul oleh Tokopedia dengan persentase 18%, dan Lazada dengan persentase 5%,” ujar Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart melalui siaran pers, Jumat (22/10/2021).

Baca : Plus Minus Pelita Air Gantikan Garuda

Menurutnya, dari total responden, sebanyak 87% menjawab bahwa Shopee adalah platform eS E N S O Rmerce yang mereka gunakan dalam 3 bulan terakhir, menjadikan Shopee sebagai eS E N S O Rmerce dengan jumlah pengguna terbanyak dalam periode waktu tersebut. Sementara itu, 46% responden menggunakan Tokopedia dan 20% responden lainnya menggunakan Lazada.

Dengan kata lain, bila dinyatakan secara share of users, Shopee memiliki pangsa user sebesar 51%, disusul oleh Tokopedia yang memiliki pangsa user 27%, dan Lazada yang memiliki pangsa user sebesar 11%.

Temuan SnapCart ini sejalan dengan laporan Map of ES E N S O Rmerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal kedua 2021. Dalam laporan tersebut terlihat bahwa menurut peringkat aplikasi, baik dalam Apple App Store atau Google Play Store, Shopee menempati peringkat pertama.

Dalam Apple App Store, Shopee menduduki peringkat pertama, disusul Tokopedia yang berada di peringkat kedua. Hasil yang serupa juga ditemukan dalam pemeringkatan aplikasi Google Play Store, yang mana Shopee masih berada di peringkat pertama, sedangkan Tokopedia di peringkat keempat.

Data dari App Annie juga menunjukkan hasil yang serupa, yang mana sejak awal hingga pertengahan 2021, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan (total downloads) terbanyak baik di Google Play Store atau Apple App Store. Shopee juga menjadi platform belanja online nomor satu dalam jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user).









Diubah oleh deganijo001 22-10-2021 09:12
meooong
scorpiolama
scorpiolama dan meooong memberi reputasi
2
2.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.