wikwik.yes.uyeAvatar border
TS
wikwik.yes.uye
Dianggap Melengserkan Gus Dur, Amien Rais Beri Klarifikasi
Dianggap Melengserkan Gus Dur, Amien Rais Beri Klarifikasi


Foto : Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais/YouTube Amien Rais Official/

Jakarta, Mitrapost.com – Pada pertengahan 2001, Presiden keempat Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mengakhiri jabatannya sebagai orang nomor satu di Indonesia. Diketahui, ia lengser dari kursi kepresidenan usai diberhentikan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) lewat sidang istimewa.

Pada waktu itu, sosok Amien Rais dianggap para  nahdliyin sebagai sosok dibalik lengsernya Gus Dur. Pasalnya, saat itu dirinya memainkan peran strategis sebagai elit di MPR RI.

Pada Pemilu 1999, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur terpilih sebagai presiden pertama pasca reformasi dalam sidang umum MPR yang diketuai Amien Rais . Nama Gus Dur dimunculkan sebagai alternatif di tengah kebuntuan oleh Poros Tengah yang juga diinisiasi Amien Rais.

Lantas, bagaimana klarifikasi sang mantan penggerak reformasi soal tudingan bahwa ia adalah aktor dibalik pelengseran Gus Dur ? Amien Rais pun berikan jawabannya.

”Jadi begini, saya itu bersahabat dengan Gus Dur, sesungguhnya bersahabat betul-betul. Bahkan yang meng-endorse Gus Dur jadi presiden itu saya di PP Muhammadiyah,” tutur Amien Rais menjawab pertanyaan Akbar Faizal dalam video yang diunggah di youtube, dikutip Selasa (19/10/2021).

Narasi tersebut dianggapnya sangat berlebihan. ”Masak saya seorang? Kan (MPR) banyak akademisinya, banyak jenderalnya dan segala macam,” ujar ketua Majelis Syura Partai Ummat dalam memberikan keterangannya.

Amien mengaku telah mengingatkan Gus Dur berkali-kali terkait adanya peningkatan eskalasi politik nasional kala itu.

”Beberapa kali saya bilang, Gus kalau Anda itu tidak banyak bicara setiap Jumat, ekonomi kita ini sudah autopilot, bergerak bagus. Anda tenang saja, tidak perlu mengatakan bintang kejora boleh berkibar asal di bawah Merah Putih. Anda juga bicara kalau perlu Aceh referendum,” kata Amien.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu mengingatkan bahwa pernyataan-pernyataan Gus Dur tersebut sangat sensitif bagi sejumlah kalangan. ”Gus, kata-kata ini berat lho implikasinya. Listen to me please. Kalau Anda sampai ambruk, Umat Islam ikut ambruk,” tutur Amien mengulang kalimatnya kepada Gus Dur kala masih bersua.

Ia menegaskan bahwa Gus Dur akan mendengarkan nasihatmnya. ”Iyo tak rungoke, Mas Amien, opo jaremu. (Ya, saya dengarkan Mas Amien, apa katamu lah) Ya Alhamdulillah…Omongan saya ini bias dicek,” ungkap Amien Rais. (*)

https://mitrapost.com/2021/10/19/dia...i-klarifikasi/


indrastrid
tepsuzot
viniest
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.8K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.