• Beranda
  • ...
  • Buku
  • My Cat Yugoslavia: Buku Novel Tentang Dua Sisi Kehidupan Imigran

dizu1208Avatar border
TS
dizu1208
My Cat Yugoslavia: Buku Novel Tentang Dua Sisi Kehidupan Imigran
Buku novel My Cat Yugoslavia karya Pajtim Statovci yang aslinya terbit pada tahun 2014 ini berhasil meraih Helsingin Sanomat Literature Prize. Debut penulis asal Kosovo ini merefleksikan pengalamannya sebagai seorang imigran yang hidup di Finlandia. Tema cerita yang menarik serta gaya narasi imajinatif akhirnya mendorong Vintage Books untuk menerjemahkannya ke dalam Bahasa Inggris pada tahun 2017.
My Cat Yugoslavia menceritakan kisah dari sudut pandang ibu dan anak, Emine dan Bekim. Narasi keduanya muncul secara bergantian dalam latar waktu berbeda. Meskipun berkesan tidak saling berhubungan, narasi keduanya beririsan lewat berbagai simbol atau kesan kontras yang digunakan penulis.
Baca juga: Kisah Putri Tidur Di Abad 21
Dua narator dengan dua latar berbeda
Cerita dibuka dengan gambaran singkat kehidupan Bekim sebagai seorang homoseksual yang merasa frustrasi. Tak ingin merasa kesepian, dia kemudian memutuskan untuk memelihara seekor ular boa. Narasi kemudian beralih pada sudut pandang Emine sebagai gadis remaja yang menikmati kehidupan sederhana di Kosovo berlatar tahun 1980. Suatu pagi, saat sedang berjalan menuju sekolah, dia bertemu seorang laki-laki bernama Bajram. Sang pemuda yang jatuh cinta kemudian tak lama meminta orang tuanya untuk meminang Emine. Meskipun masih berusia muda dan seharusnya bersekolah, anak gadis menikah di usia muda pada saat itu di Kosovo adalah sebuah prestasi. Tak lama kemudian, pernikahan antara keduanya dilangsungkan. Tak butuh waktu lama bagi Emine untuk menyadari bahwa pernikahannya adalah sebuah kesalahan.
Suatu malam, Bekim bertemu dengan “Si Kucing” yang tengah bergoyang diiringi lagu Believe milik Cher di sebuah bar. Sejak pertemuan pertama, mereka saling tertarik satu lain. Meskipun “Si Kucing” memiliki beberapa sifat buruk (homofobik, pemalas, dan gemar membual), Bekim menerima permintaannya untuk tinggal bersama. Rasa kesepian dan tekanan hidup yang dihadapi sebagai seorang yang “berbeda” membuatnya tetap sabar menghadapi “Si Kucing”. Hingga akhirnya terjadi insiden yang melibatkan ular boa peliharaan Bekim, “Si Kucing” akhirnya memutuskan pergi. Kebahagiaan kembali menghampiri Bekim ketika tak sengaja bertemu pria dalam sebuah penerbangan.
Situasi Kosovo yang memanas akibat perang membuat Emine beserta keluarganya mengungsi ke Finlandia pada dekade ’90-an. Latar sosial dan budaya yang berbeda membuat mereka harus bersusah-payah beradaptasi. Akan tetapi, Bajram sang suami tetap bersikeras untuk mengaplikasikan budaya tanah kelahiran bagi mereka di sana. Sikap keras sang kepala keluarga membuat anak-anaknya mendendam dan bercita-cita untuk segera pergi meninggalkan kedua orang tuanya sesegera mungkin. Sikap keras Bajram juga membuatnya kehilangan pekerjaan dan menjerumuskan keluarganya dalam kehidupan yang menyedihkan.

Dua sisi Kehidupan Imigran dalam Buku Novel My Cat Yugoslavia
Dua narasi yang ada dalam buku novel ini merefleksikan sikap dan pandangan masing-masing karakter terhadap kehidupan sebagai imigran. Tumbuh di negara asing, dengan tampilan fisik bahkan nama yang berkesan berbeda, membuat Bekim merasa teralienasi. Dia berusaha keras belajar Bahasa Finlandia dan Jerman agar bisa diterima oleh lingkungan sekitarnya. Namun kata-kata ayahnya (…One day you’ll see that if you try to become their equal, they’ll despise you all the more) terus meneror benak Bekim. Rasa keterasingan yang dirasakannya menumbuhkan sifat kontradiktif dalam dirinya. Ia mendambakan kehadiran seseorang dalam hidupnya, namun kerap kali menghindari kontak dengan orang-orang di sekitarnya. Bahkan ketika ia bertemu seorang pria yang baik, kegelisahan dalam diri Bekim kerap mengganggu hubungannya.
Emine yang menjadi korban dari budaya patriarki tanah kelahirannya berharap negeri yang baru bisa memberikan kebahagiaan. Meskipun demikian, kepindahan mereka tidak serta-merta membuatnya terpicu untuk merealisasikan impiannya. Kebebasan hanya bisa diwujudkan dengan harga yang mahal, penderitaan bertahun-tahun dan kebencian anak-anaknya.
Baca juga: 
My Cat Yugoslavia adalah sebuah buku novel yang unik dan brilian. Statovci menyajikan gaya penulisan yang mengombinasikan unsur-unsur fabel sehingga membuat ironi yang hendak disampaikan terasa lebih menggigit. Meskipun demikian ada beberapa adegan yang meninggalkan kesan agak membingungkan, apakah imajinasi karakternya, mimpi atau realita. Simbol atau adegan yang mengaitkan antara narasi Bekim dan Emine juga bisa didapatkan lewat penelusuran lebih dalam, bahkan setidaknya mengetahui sedikit tentang sejarah Perang Balkan. Meskipun demikian, buku novel ini setidaknya bisa menggambarkan kehidupan imigran yang kompleks lewat sudut pandang berbeda.
0
1.4K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.