• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Dulu Sampah Sekarang Primadona, 5 Sejarah Makanan Dan Minuman Elite Dunia!
Seiring dengan perkembangan zaman, segala sesuatu mengalami perubahan termasuk gaya konsumsi pada makanan, zaman sekarang seseorang rela membayar mahal hanya untuk porsi kecil makanan yang dianggap mewah dan lezat. Tetapi kamu mungkin tidak akan menyangka jika sebagian hidangan yang sekarang dianggap mewah dan mahal, dulu mereka hanya makanan yang tak berharga. Di masa lalu ada sejumlah kisah tragis yang terjadi sebelum mereka sepopuler sekarang, seperti yang akan kita bahas dalam thread kali ini, makanan ini dulunya hanya dikonsumsi penduduk miskin, narapidana atau bahkan merupakan makanan sisa yang diolah Kembali. Mau tau makanan apa yang naik derajat dan menjadi santapan mewah? Simak berikut ini..

1. Kopi Luwak
Quote:
sumber
Siapa yang tidak tau sih dengan kopi yang satu ini, selain rasanya yang enak harganya juga mahal, bahkan di Indonesia iklan kopi ini dibintangi sejumlah artis papan atas, dibalik semua kepopulerannya kopi luwak memiliki kisah miris yang bahkan menjadi kontroversi hingga sekarang, jika berbicara kopi luwak sejarah tak bisa melepaskannya dari zaman kolonial belanda, kopi ini dulu hanya minuman masyarakat miskin yang tak bisa menikmati biji kopi segar karena dijajah, jadilah mereka memunguti satu persatu kopi yang sudah menjadi kotoran karena dimakan hewan bernama luwak. Ternyata eh ternyata kopi dari luwak ini lebih nikmat rasanya sehingga banyak orang yang mau mencoba membuat kopi yang sama, mirisnya sekarang luwak sengaja dibudidayakan untuk dipaksa memakan kopi. Nah cara ini menuai kontroversi karena dianggap mengeksploitasi luwak dan tidak memperhatikan kesejahteraan binatang.


2. Lobster
Quote:
sumber
Penyuka seafood pasti tahu dong seberapa mahal harga lobster, sebelum mahal harganya seperti sekarang lobster tak lebih dari makanan yang sering dicaci dan direndahkan, hewan ini juga dianggap sebagai kecoa samudra, santapan orang miskin, narapidana, makanan kucing, umpan untuk memancing serta dijadikan pupuk tanaman. Setelah perang dunia kedua takdir merubah semuanya, yaitu saat kereta api merambat daratan amerika, chef di dalam kereta api memberikan lobster kepada para penumpang mereka, karena ketidaktahuan mereka menganggap lobster sebagai makanan yang sangat enak. Sejak saat itulah lobster naik kelas menjadi makanan para pejabat, selebriti serta orang kaya hingga sekarang harga lobster tetap mahal.


3. Kerang Tiram
Quote:
sumber
Sama seperti lobster, tiram punya kisah yang tak kalah kelam. Pada abad ke 19, kerang tiram adalah makanan orang miskin di inggris, makanan ini hanya diberikan kepada tunawisma, santapan para narapidana serta dibeli saat seseorang sudah putus asa dan terdesak keuangannya. Lebih buruk lagi, tiram menyebabkan seseorang mules berkepanjangan, namun pada akhir abad ke 19 pencemaran saluran air membuat banyak tiram mati dan keberadaannya menjadi langka, karena kelangkaan inilah orang mulai mencari tiram dan rela membayar mahal untuk bisa menikmatinya. Hingga sekarang tiram menjadi seafood paling mahal termasuk juga di Indonesia.


4. Mie Instan
Quote:
sumber
Mie selalu identik dengan makanan anak kos di akhir bulan untuk mengatasi rasa lapar, ternyata dalam catatan sejarah mie instan memang dibuat untuk mengatasi rakyat yang kelaparan pasca perang dunia 2. Tahun 1945 saat Jepang luluh lantah karena bom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki, banyak rakyat yang kelaparan dan tidak mampu bertahan hidup oleh karenanya Jepang membuat terobosan makanan yang bisa mengenyangkan tetapi juga cepat pembuatannya, mie instan atau disebut ramen di jepang menjadi sangat populer tidak hanya di negara asalnya tapi juga di belahan dunia lain termasuk di negara kita sendiri.


5. Sushi
Quote:
sumber
Walaupun dikenal sebagai makanan khas jepang, ternyata sushi pertama kali dibuat oleh orang tiongkok lho. Sushi awalnya bukan makanan, tetapi nasi sisa yang digunakan untuk mengawetkan ikan dan makanan agar tetap segar dan tidak mubazir. Zaman dahulu beras adalah barang murah sehingga dipilih untuk kemudian difermentasi, setelahnya beras tersebut akan dijual. Pada abad ke-17 hal ini juga dilakukan oleh orang jepang bedanya mereka mengambil cuka beras dari hasil fermentasi untuk kemudian dimakan bersama ikan segar, hasilnya pada abad ke-19 sushi dikenal sebagai makanan populer dan mahal harganya, sushi juga terkenal di berbagai negara termasuk Indonesia.
 
Nah itulah 5 makanan yang dulunya bukan apa-apa, dicaci bahkan dianggap setara dengan sampah tapi sekarang menjadi primadona. Semoga menambah wawasan kita, sampai jumpaa..

Referensi : here
Diubah oleh Si.jonii 20-10-2021 12:57
askam100
dxstarz
politon21
politon21 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
6.8K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.