• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Suka Banding-Bandingin Gaji? Hentikanlah, Itu Tak Ada Gunanya

ih.sul
TS
ih.sul
Masih Suka Banding-Bandingin Gaji? Hentikanlah, Itu Tak Ada Gunanya


Saat seseorang beranjak dewasa, sudah merupakan sebuah kewajiban untuk akhirnya mencari pekerjaan dan memperoleh uang demi menyambung hidup. Upah yang kita dapat setelah bekerja disebut dengan gaji dan tergantung pekerjaannya gaji seseorang jelas berbeda-beda.

Bagi sebagian orang gaji merupakan sebuah status. Semakin tinggi gaji seseorang maka semakin tinggi pula statusnya diantara orang-orang di sekitarnya. Untuk orang-orang yang ingin merasa superior (atau hanya sekedar ingin menyombong) membandingkan gaji dengan orang lain adalah hal yang wajar untuk dilakukan.
Namun sebenarnya, membandingkan gaji antara yang satu dengan yang lain sama sekali tidak ada artinya. Memangnya jika gajimu lebih tinggi dari tetangga akan membuatmu lebih kaya daripada dia? Tidak, sama sekali tidak.



Mari kita buat sebuah contoh. Katakanlah gaji si A adalah 5 juta dan si B adalah 3 juta. Si A menggunakan 5 juta itu untuk cicilan rumah, cicilan mobil, biaya makan, uang rokok dan pacaran yang mana seluruh pengeluaran itu bahkan tidak bisa ditutupi oleh gajinya. Sebaliknya, si B yang bergaji 3 juta perbulan memiliki gaya hidup yang minimalis. Dia tinggal di kontrakan yang sederhana, bepergian dengan sepeda, memasak makanannya sendiri, tidak merokok dan tidak berpacaran. Total pengeluarannya bahkan tak sampai 2 juta.
Dengan perbandingan seperti itu siapa sebenarnya yang lebih kaya?

Selain itu membandingkan gaji dengan orang lain dan menyadari bahwa gaji Anda lebih rendah hanya akan membuat Anda lebih merana, melenyapkan kepercayaan diri Anda dan membuat Anda depresi karna mengira semua orang lebih baik daripada Anda meski kenyataannya kualitas hidup seseorang tak bisa dihitung hanya dengan gaji semata.

Dan meski gaji Anda jauh lebih tinggi dibanding semua orang tidak akan membuat Anda merasa bahagia juga, Anda malah akan mendapat kebencian dari orang lain dan itu membuat orang-orang disekitar Anda menjauh. Kebanggaan sesaat yang Anda rasakan malah akan berujung pada penderitaan.



Dibanding membicarakan gaji, alangkah baiknya bila kita mulai membicarakan cara menghijaukan lingkungan atau cara mengusir nyamuk. Lagipula gaji bukanlah sesuatu yang bisa terus bertahan, bisa saja esok hari Anda akan dirumahkan karna efek corona dan gaji yang selam ini Anda bangga-banggakan lenyap tak bersisa. Jika itu terjadi apa yang akan dikatakan oleh orang lain yang Anda remehkan karna gajinya kecil? Mampuss!

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
marooniaalifrian.nonaontop
nonaontop dan 31 lainnya memberi reputasi
32
7.2K
133
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.