InRealLife
TS
InRealLife
Kronologi Lengkap Dua Polisi Terdakwa Tembak Laskar FPI di Km 50 Tol Cikampek
https://megapolitan.okezone.com/read...0-tol-cikampek



Versi pers/jaksa:


Quote:



Versi polisi/@Kurawa:

https://twitter.com/kurawa/status/14...54887682334720

Versi FPI/@Opposite6890TM:
https://oppositeleaks.com/category/p...aian-6-laskar/ (WARNING DP)

Yang terlibat langsung: (Semua umur pada 7 Desember 2020)
POLISI:
Briptu Fikri Ramadhan Tawainella, umur 26, asal Tulehu (Ambon)
Ipda Muhammad Yusmin Ohorella, asal Tulehu (Ambon), satuan Reserse & Kriminal
Ipda Elwira Priadi Zendrato, umur 37, asal Gunungsitoli (Nias). Satuan Reserse Mobile Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Sudah meninggal 4 Januari 2021 karena kecelakaan motor. Tapi kejadian kecelakaannya kurang jelas.


FPI: (semuanya anggota Laskar Pembela Islam)
Andi Oktiawan (33), anggota Bang Japar
Ahmad Sofyan "Ambon" (26)
Faiz Ahmad Syukur (22), mahasiswa teknik industri Universitas Indraprasta Jakarta
Luthfil Hakim (24)
Muhammad Reza (20)
Muhammad Suci Khadavi (21), asal Solok, Sumbar, mahasiswa perkapalan Universitas Darma Persada Jakarta

Kejadian 1: konflik tembak-menembak antarmobil
-awalnya 4 anggota FPI turun dari mobil dan berusaha mengintimidasi mobil polisi. Sesudah diberi tembakan peringatan mereka kembali ke mobil, lalu dua orang lain keluar dan menembak mobil polisi. Polisi balas menembak, Faiz AS tertembak di bagian lengan.
Mobil polisi (Avanza silver): Fikri, Yusmin, Elwira, Bripka Faisal Khasbi Alaeya (sopir mobil Avanza).
Posisi duduk:
DEPAN
Yusmin - Faisal (sopir)
Fikri - Elwira
BELAKANG
Mobil FPI (Spin abu-abu tua): 6 anggota LPI

Cek twit Kurawa no 38-50
-Anggota FPI di mobil Spin berusaha menembak Elwira, tapi ditembak duluan oleh Faisal. Menurut Fikri anggota FPI tsb terkena tembak (Korban 1). Polisi di kiri, FPI di kanan.
-Dalam adu tembak selanjutnya, polisi yang menembak adalah Yusmin dan/atau Fikri, satu lagi anggota FPI tertembak (Korban 2). Polisi di kanan, FPI di kiri.


Kejadian 2: KM50
Twit Kurawa 51-68

-Kedua mobil saling menjauh. Mobil FPI lolos. Mobil polisi mau berhenti mengejar, tapi menemukan lagi Spin FPI di rest area KM50 yang berhenti karena bannya pecah. Spin mau kabur tapi lantas menabrak mobil lain (Corolla) dan tidak bisa bergerak lagi.
-Polisi menyuruh turun mereka. Dari 6 orang, 4 bisa turun, 2 tidak bisa karena sudah tewas dalam mobil, yang tewas di posisi kursi penumpang depan dan baris kedua tengah. Yang di kursi penumpang depan diduga Korban 1 yang ditembak Faisal. Korban 2 mungkin tertembak pada ronde kedua ketika polisi ada di kanan, ditembak oleh Yusmin atau Fikri.
-Empat orang yang masih hidup adalah Sofyan "Ambon", Luthfil, Reza, dan Khadavi. Mereka disuruh tiarap di atas pasir.

-Dua orang yang tewas tertembak adalah Andi Oktiawan dan Faiz AS.
Kondisi Andi Oktiawan (Opposite):
Bengkak dan lebam pipi bagian kiri; Luka tembak di mata kiri; Tiga luka tembak di dada bagian kiri; kulit bagian punggung melepuh;
Lecet di bagian kepala sekitar 5cm; kulit bagian pantat melepuh.

Kondisi Faiz (Opposite): Lebam di bagian kening; Dua luka tembak di dada kiri (satu diatas puting, satu di bawah puting); Ada warna kehitaman di luka tembak; Jahitan di bagian leher; Luka tembak di paha kanan; Luka tembak di tangan kiri.
Korban 1 yang ditembak Faisal adalah Andi Oktiawan; Faisal menembak beberapa kali, kena mata dan dada, kemungkinan langsung menewaskan Andi. Kondisi luka Andi di kiri semua konsisten dengan posisi Faisal di kursi sopir (kanan) menembak Andi di kiri. Saksi mata Dedi (sopir mobil derek yang ada di KM50) melihat "yang duduk di jok kiri depan terkulai dengan bola mata nyaris keluar") Korban 2 adalah Faiz AS. Posisi Faiz di tengah; kemungkinan dia ditaruh di tengah karena tangannya sudah luka ditembak pada konfrontasi awal.

-Jenazah Andi dan Faiz dibawa mobil Avanza, sedangkan empat FPI yang masih hidup dibawa dengan mobil lain yang baru datang, Xenia. Fikri menyita HP semua orang. Bripka Faisal ikut Avanza.

-Komnas HAM menganggap kematian akibat adu tembak pertama bukan unlawful killing karena terbukti ada niat melawan petugas. Makanya Faisal tidak jadi terdakwa.

Kejadian 3: Xenia
Twit Kurawa: 69-79

-Ketiga polisi membawa keempat FPI dengan posisi:
DEPAN
Elwira - Yusmin (sopir)
Fikri - Luthfil

Reza - Sofyan - Khadavi
BELAKANG

-Keempat FPI tidak diborgol, menurut Fikri (kata kurawa) "kami melihat 4 orang ini sudah takut ... juga tidak menyiapkan borgol karena penugasan di awal hanya mengawasi. Senjata memang melekat sebagai proteksi."
-200 meter sesudah keluar dari rest area KM50, Reza mencekik Fikri dari belakang sementara Luthfil berusaha mengambil pistol Fikri (ada di kantong celana sebelah kanan).
-Elwira (duduk di kursi penumpang depan) berbalik badan dan menembak Luthfil dari jarak dekat.
Kondisi Luthfil (Opposite): Hampir semua kulit belakang melepuh. Empat luka tembak berdekatan di dada kiri. Bekas lubang menghitam. Kemaluan bengkak dan melepuh.
Elwira menembak ke arah dada empat kali, kena semua, langsung menewaskan Luthfil. Posisi luka tembak pas dengan posisi Elwira menembak dari kursi penumpang depan ke baris dua kanan. "Kemaluan bengkak dan melepuh" tidak jelas buktinya di foto Opposite.

Twit Kurawa: 80-81
-Tiga anggota FPI yang di belakang masih berusaha mengambil pistol Fikri. Reza (duduk kiri) memiting, Sofyan (duduk tengah) menjambak dan memukul, Khadavi (duduk kanan) mencoba mengambil pistol dari tangan Fikri.
-Elwira kembali balik badan dan menembak Sofyan.
Kondisi Sofyan (Opposite): Dua luka tembak di dada kiri. Tangan melepuh. Kemaluan bengkak dan melepuh.
Elwira menembak Sofyan dua kali, kena dada kiri.





Twit Kurawa: 82-83
-Khadavi masih berusaha merebut pistol Fikri. Dalam pergumulan, Fikri menembakkan pistol, kena Khadavi.
Kondisi Khadavi (Opposite): Lebam mata kiri. Tiga luka tembak di dada kiri (satu di atas puting, dua di bawah puting).
Dalam pergumulan, Fikri menembak Khadavi tiga kali, kena dada kiri.
-Reza juga berusaha merebut pistol Fikri dan Fikri menembak Reza.
Kondisi Reza (Opposite): Pipi dan kening bengkak lebam dan menghitam. Tangan kiri melepuh. Dua luka tembak di dada kiri. Ada warna kehitaman di luka tembak.
Darah masih keluar dari bekas luka bagian belakang. Kemaluan bengkak dan melepuh.

Fikri menembak Reza dua kali, kena dada kiri.


Animasi rekonstruksi kejadian penembakan dalam mobil versi Fikri, buatan Kurawa:



-Sesudah kejadian, Yusmin baru meminggirkan mobil dan melapor ke Kompol Resa Marasabessy. Menurut Kurawa, seluruh kejadian itu berlangsung dalam waktu sekitar dua menit.

BEBERAPA FAKTA:
Rangkuman penembakan yang menewaskan:
Faisal Khasbi menembak Andi Oktiawan
Yusmin/Fikri menembak Faiz AS
Elwira Zendrato menembak Luthfil Hakim dan Sofyan "Ambon"
Fikri menembak Suci Khadavi dan M Reza

-Yusmin Ohorella dan Elwira Zendrato pernah satu tim dengan Resa Marasabessy dalam kasus penangkapan pengedar narkotika Chong Kim Tian (WN Malaysia) di Palembang pada 2016. (https://hukumanmati.id/in/entity/wsh...7mz0g?page=23)
-Yusmin Ohorella juga adalah paman Mukhlis Ohorella, orang yang diduga mengintai penyidik KPK Novel Baswedan sebelum Novel diserang dengan air keras, 2017. Sepeda motor Yusmin dipakai Mukhlis dan Hasan Hunusalela. (https://majalah.tempo.co/read/lapora...elah-28-bulan)

-Faisal Khasbi Alaeya juga anggota Resmob Bareskrim Polda Metro Jaya. Identitasnya sempat dibongkar Opposite pada Januari 2021. Kemungkinan dia tidak dipidana karena hasil Komnas HAM memastikan 2 orang yang tewas pertama adalah karena saling serang (https://www.komnasham.go.id/files/20...s-$270SH.pdf).Dugaan unlawful killing hanya untuk 4 orang yang tewas berikutnya.
-Komnas HAM juga menyarankan pengusutan soal asal-usul senjata api milik anggota FPI. Dari kronologi, diduga yang pertama menembak adalah Andi Oktiawan, anggota FPI yang juga anggota ormas Bang Japar. Pernah ada kejadian orang memgaku pembina Bang Japar tertangkap kamera bawa pistol.
-Keenam anggota FPI semuanya belum menikah, dan tidak ada yang tercatat punya pekerjaan tetap. Faiz dan Khadavi mahasiswa; Andi hanya diketahui pekerjaannya "anggota Bang Japar"; Reza disebut "membantu ibunya berjualan di pasar"; Reza dan Sofyan putus sekolah sejak SD.
-Selain Khadavi (asal Sumbar), anggota FPI lainnya sebagian berlatar Betawi (Andi, Faiz, Reza). Ahmad Sofyan dijuluki Ambon tapi tidak ada info yang memastikan dia orang Ambon.
-Selain Fikri, Yusmin, Elwira, dan Faisal, Opposite juga menuding sejumlah anggota polisi lain terlibat (
), mereka adalah:
Bripka Adi Ismanto, Bripka Guntur Pamungkas, Aipda Toni Suhendar(anggota tim pengintaian, beda mobil dengan Fikri, Yusmin, Elwira, Faisal. Mereka naik Xenia yang salah jalan sehingga gagal mengikuti mobil FPI, dan baru menyusul di KM50 kemudian tukar mobil dengan Fikri cs)

AKP Widy Irawan, anggota Resmob, disebut berada juga di TKP mengemudikan mobil Land Cruiser. Twit Kurawa menyebut dia datang ke KM50 dan menawarkan bantuan ke Fikri cs ketika mau membawa pergi 4 anggota FPI, tapi dikatakan keadaan sudah terselesaikan sehingga Widy pergi lagi.
AKP Rulian Syauri, pemimpin tim Resmob (Yusmin, Fikri, Faisal dkk).
AKBP Handik Zusen, Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya, atasan langsung semua anggota polisi yang terlibat, pemimpin operasi pengejaran rombongan Rizieq Syihab


Persidangannya bakal menarik, mari kita tunggu kelanjutannya.

Diubah oleh InRealLife 21-10-2021 02:18
tepsuzotviniestjiresh
jiresh dan 10 lainnya memberi reputasi
11
10.4K
128
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.