Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Israel Akan Produksi Oksigen di Bulan Melalui Ekstraksi Tanah Bulan
Foto ilustrasi Helios ekstraksi tanah bulan untuk hasilkan oksigen | timesofisrael.com


Sebuah perusahaan Start-up Israel dikabarkan akan memproduksi oksigen dari tanah bulan langsung untuk menyuplai persediaan oksigen di bulan, tujuannya adalah agar manusia dapat hidup di bulan tanpa bantuan tabung oksigen.

Perusahaan Start-up Israel "Helios" ini mendapat dukungan langsung dari Badan Antariksa Israel dan Otoritas Inovasi, Helios juga mengikat perjanjian kerja sama dengan "OHB" salah satu raksasa teknologi Jerman. Pesawat ruang angkasa OHB sedang tahap pembangunan yang dikerjakan bersama dengan Israel Aerospace Industries. Helios juga masih terus mencari beberapa perusahaan untuk bekerjasama dalam hal pengembangan pembuatan oksigen dari tanah Bulan.

Jonathan Geifman CEO Helio mengatakan, Kunci utama untuk melakukan pengembangan manusia di Bulan adalah memiliki oksigen yang banyak. Hampir setengah dari massa tanah Bumi terbuat dari oksigen, dalam artian tanah Bumi dapat diekstraksi di Bulan untuk menghasilkan oksigen.

Foto ilustrasi Helios ekstraksi tanah bulan untuk hasilkan oksigen | timesofisrael.com


Namun, mengingat biaya pembawaan tanah Bumi ke Bulan sangat besar maka perusahaan Helios berencana melakukan eksperimen untuk mencoba menghasilkan oksigen dengan cara mengekstraksi tanah Bulan. Dan dengan demikian secara finansial dapat mengurangi biaya pengangkutan bahan baku tanah Bumi di masa depan.

Pembentukan material dilakukan dalam proses elektrolisis yang menguraikan mineral dan oksida yang memisahkan pasir besi dan silikon. Teknologi Helios, yang dikembangkan di laboratorium Israel ini sudah terbukti memiliki kemampuan dalam hal tersebut, alat ini juga memiliki proses ramah lingkungan yang dapat mengurangi lebih dari 10% dari semua emisi efek gas rumah kaca di dunia.

Foto ilustrasi Hakuto-R milik ispace Jepang | timesofisrael.com


Untuk mendirikan pangkalan permanen di bulan, Helios membutuhkan kerja sama internasional yang luas," kata Brigadir Jenderal (Res.) Uri Oron, direktur jenderal Badan Antariksa Israel. Helios adalah contoh perusahaan yang akan menjadi pemain global utama dalam upaya untuk kembali ke bulan.

Selain itu, Helios menandatangani perjanjian dengan Jepang bulan Juli lalu dan kerja sama ini diintegrasikan ke dalam misi perjalanan ke bulan bersama perusahaan iSpace. Perusahaan iSpace diperkirakan akan meluncurkan misi pertamanya ke bulan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 pada akhir tahun 2023 mendatang.



Catatan: ada sebagian teks yang di terjemahkan dari situs "timesofisrael" guna informasi yang akurat dan sebagian ditulis ulang dengan bahasa penulis.

Penulis: Sambelterasi052
Referensi: timesofisrael.com - Israel’s Helios to deliver space tech to the moon aboard European lunar lander
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
politon21Tonozzfootballplayer
footballplayer dan 21 lainnya memberi reputasi
20
6K
134
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.