bungtak.selalu
TS
bungtak.selalu
Kontroversi Penggunaan Nama Mustafa Kemal Ataturk di Jalan Jakarta, Disebut Diktator


JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah untuk mengganti sebuah nama jalan di Jakarta menjadi dengan nama presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Atarturk, mendapat kecaman dari sejumlah pihak.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebutkan, Mustafa Kemal Ataturk adalah tokoh yang dianggap kontroversial, terutama di dunia Islam.

Semasa hidupnya, Ataturk telah mengeluarkan kebijakan yang merugikan umat Islam, ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta Khoirudin. Ia juga menyebut Ataturk sebagai diktator.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Ganjil Genap di Jakarta Berlaku Pukul 06.00-10.00 dan 16.00-20.00 WIB

“Sangat diktator. Dia juga membuat kebijakan mengubah Masjid Hagia Sofia menjadi museum, mengganti azan berbahasa Arab dengan bahasa lokal, melarang pemakaian jilbab di sekolah dan kantor-kantor pemerintahan,” ujarnya Minggu (17/10/2021), dilansir TribunJakarta.com.

Atas dasar itu, Khoirudin menegaskan, pihaknya mengecam keras rencana pemerintah pusat mengajukan nama Mustafa Kemal Ataturk sebagai sebuah nama jalan.

Rencana penggantian nama jalan
Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, penggantian nama itu merupakan salah satu bentuk kerja sama Indonesia dengan Turki.

“Memang ada keinginan dari kita dan dari pemerintah Turki agar ada nama tokoh kita di jalanan Turki dan nama tokoh Turki (di jalanan Indonesia),” ujar Riza, Minggu.

Baca juga: Strawberry Cafe di Duri Kepa Gunakan Konsep Squid Game, Pengunjung Meningkat 4 Kali Lipat

Sebelumnya diberitakan, nama presiden pertama Indonesia Soekarno digunakan sebagai nama ruas jalan di depan kantor KBRI Ankara di Turki, yakni Jalan Ahmet Soekarno.

Gurun

Komentar TS : Karena fans khilafah dan HTI sudah sering mengupas sisi buruk Ataturk, maka sebagai penyeimbang TS akan mengupas sisi sebaliknya agar terjadi keseimbangan.

Yang TS bold adalah salah satu alasan kenapa para pro khilafah benci Ataturk. Namun di lain sisi banyak bangsa Turki yang menganggap hal tersebut sebagai upaya Ataturk untuk meningkatkan rasa Nasionalisme bangsa Turki melawan bangsa Arab.

Bagi kebanyakan masyarakat Turki, Mustafa Kemal Ataturk adalah tokoh besar yang telah membebaskan mereka dari belenggu penjajahan.

Saking dipujanya oleh banyak rakyat Turki, nama Ataturk diberikan kepada Musthofa Kemal yang artinya bapa bangsa Turki. Patung Ataturk berdiri di banyak sudut kota bangsa Turki dan rakyat Turki sampai membuatkan museum buat beliau.

Mayatnya saja disimpan di sebuah gedung yang luar biasa megahnya. Hal ini dijadikan propaganda oleh pro khilafah bahwa Ataturk kena azab sehingga mayatnya tidak bisa dikubur ke dalam tanah.

Memimpin Turki sejak 1923, Ataturk menghapuskan semua kebijakan Kekaisaran Islam Ottoman dan mengubahnya menjadi lebih moderat. Salah satunya adalah mengikutsertakan wanita dalam parlemen, membuka sekolah campuran pria dan wanita, serta mereformasi bahasa Turki yang dulunya menggunakan alfabet Arab menjadi latin.

Di Indonesia tidak banyak media yang berani menjelaskan sejarah Ataturk dengan berimbang. Namun TS menemukan salah satu video di YouTube, yang menurut penulis cukup berimbang memberitakan baik dan buruknya kepemimpinan Ataturk. Berikut videonya, dibuat dengan menarik :



Berikut TS juga sajikan bagaimana Ottoman runtuh dan kenapa Kemal Ataturk akhirnya dianggap pahlawan bangsa Turki :

Diubah oleh bungtak.selalu 18-10-2021 07:07
cantona78baikldaddydaddydoo
daddydaddydoo dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.9K
83
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.