lamberianto.Avatar border
TS
lamberianto.
Mengibaratkan Menulis Thread Seperti Memproduksi "Barang"
Spoiler for poto:


Spoiler for sedikit berceritera:



Pada umumnya langkah-langkah atau tahapan dalam produksi adalah dimulai dari mengumpulkan barang mentah, mengolahnya menjadi bahan baku dan membuatnya menjadi barang jadi. Demikian pula dengan menulis thread. Mari kita bahas satu demi satu langkah-langkah atau tahapan itu. 

Langkah Pertama : Mengumpulkan Barang Mentah 

Pertama-tama yang kita lakukan dalam kegiatan produksi adalah mengumpulkan barang mentah. Sebagai contoh, kita kumpulkan kapas. Ini kapas bisa kita dapat dengan hasil budidaya sendiri, bisa dengan meminta, atau membeli.  Saya yakin selanjutnya bakal diapakan ini kapas kalau sudah terkumpul? (*)

Demikian pula dengan menulis thread, kita mesti mengumpulkan barang mentah juga berupa materi. Seperti kapas, materi bisa kita dapatkan dari mana saja. Bisa dari pengamatan lingkungan, bisa dari banyak membaca, atau bahkan dari pengalaman pribadi atau orang lain dalam kehidupan ini.

Langkah Kedua : Mengolah Barang Mentah Menjadi Bahan Baku 

Langkah selanjutnya dalam kegiatan produksi adalah mengolah barang mentah menjadi bahan baku. Pada langkah pertama kita sudah mengumpulkan kapas. Setelah kapas terkumpul kita bisa mengolahnya menjadi bahan baku berupa kain. (jawaban : *)

Untuk mengolah kapas menjadi kain dibutuhkan peralatan. Hal yang sama juga kita butuhkan dalam menulis thread. Jika mengolah kapas yang dibutuhkan adalah alat tenun yang merajut kapas menjadi kain, maka dalam menulis kita butuh otak (pikiran) dan hati (perasaan). Dari otak dan hati inilah lahir ilmu pengetahuan, sehigga kita dapat mengolah pengalaman dan kejadian alam ke dalam sebuah catatan atau kerangka tulisan.

Langkah Ketiga : Memproduksi Barang Jadi 

Langkah terakhir dalam kegiatan produksi adalah mengubah bahan baku yang berupa kain menjadi barang jadi berupa pakaian (baju, celana, dan lain-lain). Layaknya pakaian, sebuah thread juga merupakan hasil dari banyak catatan dan kerangka tulisan yang dibentuk sesuai pola sehingga jadilah dia sebuah thread seperti sekarang ini. 


Quote:
Diubah oleh lamberianto. 01-05-2021 18:06
husnamutia
husnamutia memberi reputasi
3
3.2K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buat Latihan Posting
Buat Latihan Posting
icon
35.6KThread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.