rahma.syndrome
TS
rahma.syndrome
11 Makhluk Mitologi di Seluruh Dunia Beserta Kisahnya
Berbicara tentang makhluk mitologis, kita pasti mengaitkan dengan kisah-kisah mitologis, legenda dan fabel. Makhluk mitologis bersifat fantastis, baik bentuk ataupun kemampuannya. Keberadaan makluk mitologis dipercayai oleh masyarakat penganut mitologi. Maka dari itu, orang bisa menyamakan makhluk mitologis dengan makluk khayalan.

Beberapa kisah makhluk mitologis berkaitan dengan asal mula sesuatu. Beberapa kisah makluk mitologis berkaitan dengan pandangan tentang kosmologi, contohnya sesa dalam mitologi Hindu. Ada juga makhluk mitologis yang berkaitan dengan norma suatu masyarakat, contohnya legenda Namahage dari Akita, Jepang.
Makhluk mitologi biasanya berbentuk hewan fantastis, hewan campuran, bahkan ada pula yang berbentuk makhluk hominoid (mirip manusia).

Berikut ini ada beberapa macam makhluk mitologis yang ada dalam mitos ataupun legenda, seperti :

1. Goblin

Jika di dalam drama Korea sosok Goblin sangatlah tampan, namun nyatanya Goblin tidak setampan itu. Goblin yang sebenarnya memiliki tinggi berkisar 30 cm-2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau daun. Dalam cerita Eropa, Goblin termasuk bangsa peri atau makhluk supranatural.

Goblin dikaitkan dengan berbagai kemampuan , temperamen, dan penampilan yang tergantung pada cerita negara asal. Goblin digambarkan sebagai makhluk aneh, kerdil, jahat, dan nakal. Namun, ada beberapa versi lain di dongeng ataupun kisah fantasi yang menyebutkan bahwa goblin merupakan bangsa yang buas dan ganas.

2. Griffin

Griffin merupakan makhluk mitologis yang bertubuh singa, namun bersayap dan berkepala rajawali. Griffin di juluki sebagai “Raja hewan buas dan penguasa udara”, karena sebagai singa ia menjadi hewan buas dan sebagai rajawali ia menjadi raja di udara. Dalam tradisi Yunani, makhluk ini digambarkan sebagai makhluk yang cukup berbahaya dan tinggal di gunung-gunung.

3. Orc

Orc merupakan makhluk mitologis yang muncul dalam cerita-ccerita rakyat dan fantasi yang digambarkan sebagai makhluk buas dengan postur tubuh manusia. Kulit Orc biasanya berwarna hijau, wajahnya mirip babi, kera, atau moster bertaring panjang.

Jika kalian pernah menonton film The Lord of The Ring, dikisahkan bahwa orc merupakan salah satu ras yang menghuni bumi tengah. Orc sering dihubungkan dengan iblis, ogre, setan atau monster. Setan-setan atau iblis sering disamakan dengan “Orka”.

4. Phoenix

Phoenix dalam mitologi Mesir adalah sejenis burung api legendaris yang keramat. Burung ini memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah ia hidup selama itu, maka Phoenix akan membakar dirinya sendiri. Setelah ia menjadi abu, muncullah Phoenix muda. Siklus hidupnya reinkarnasi, bangkit setelah mati lalu muncul sebagai sosok baru.

5. Unikorn

Unicorn berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahi. Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berwarna spiral. Darah Unikorn di percaya mampu membuat hidup abadi. Unikorn adalah hewan mitologis nasional dari Skotlandia. Konon, Unikorn hanya bisa ditangkap oleh perawan.

6. Werewolf

Werewolf atau manusia serigala adalah sebuah mitos dari Eropa kuno berupa monster setengah manusia dan setengah serigala. Konon, werewolf akan berubah pada saat bulan purnama tiba. Werewolf akan memburu manusia lalu menggigit dan mecakarnya. Jika manusia sudah tergigit atau terkena cakarnya, makan ia akan menjadi salah satu dari manusia serigala. Werewolf hanya bisa mati jika ditembak menggunakan peluru perak.

7. Gorgon

Gorgon adalah makhluk perempuan yang menakutkan. Nama Gorgon secara umum mengacu kepada tiga saudari yang memiliki rambut ular berbisa dan pandangan mata yang mampu membuat makhluk apapun menjadi batu. Gorgon Stheno dan Euryale abadi, sedangkan Medusa tidak. Patung Gorgon sering kali dipasang pada benda untuk perlindungan.

8. Sphinx

Sphinx merupakan makhluk motologi  yang bertubuh singa dan berkepala manusia. Melambangkan watak gagah laksana singa dan kepribadian lembut laksana manusia. Sphinx yang paling terkenal terdapat di Giza, Mesir yang merupakan kepala Khufu. Ia memiliki tinggi 3 meter dan panjang 20 meter.

9. Pegasus

Pegasus adalah seekor kuda jantan bersayap yang merupakan putra Poseidon dan Medusa dalam mitologi Yunani. Pegasus banyak dijumpai dalam karya-karya seni baik Yunani, Mesopotamia, ataupun Romawi.

Dimanapun Pegasus menghentakkan kakinya di bumi, maka muncullah sumber mata air. Salah satunya adalah di Gunung Helikon yang disebut dengan mata air kuda atau Hippokrene. Hesiod menggambarkan bahwa Pegasus sedang minum air ketika Bellerofan menagkapnya.

10. Naga

Naga berwujud reptil berukuran raksasa. Pada umumnya berwujud ular besar ataupun kadal bersayap yang memiliki lebih dari satu kepala dan dapat menyemburkan api. Habitatnya bisa di air, darat, dan udara.

Di dunia barat, sosok naga digambarkan sebagai monster yang bersekutu dengan kekuatan gelap. Sedangkan naga di Tiongkok, dianggap sebagai sosok bijaksana yang agung layaknya dewa.

11. Medusa

Medusa berwujud seorang wanita cantik dengan ular sebagai rambutnya. Siapapun yang berabi menatap matanya, seketika ia akna berubah menjadi batu.

Medusa awalnya merupakan seoran gadis cantik, pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun, ketika ia menjalin asmara di dalam kuil Athena, hal itu membuat Athena marah dan mengubah rambutnya menjadi ular.

Berikut beberapa penjelasan tentang makhluk mitologi, sebenarnya masih banyak makhluk mitologi yang ada di dunia ini.



Diubah oleh rahma.syndrome 18-10-2021 14:07
anggara.adhiezeze6986phyu.03
phyu.03 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
9.1K
64
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.