valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Ajak Warga Vaksinasi, Malah Ditantang: "Kalo Saya Sakit atau Mati, Ibu Mau Tanggung?"


PADANG, KOMPAS.com - Anggota DPR RI asal Sumatera Barat Rezka Oktoberia menemukan adanya warga yang tidak mau divaksin gara-gara termakan hoaks.

Warga tersebut bahkan menantang jika dia mengalami sakit atau meninggal setelah divaksin, Rezka yang bertanggungjawab.

"Kalau saya sakit atau mati, ibu mau bertanggungjawab. Kalau mau saya siap divaksin," kata warga itu kepada Rezka, Minggu (16/10/2021) di Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Rezka datang ke Limapuluh Kota dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat sekaligus menggelar gebyar vaksinasi.

Menanggapi pernyataan warga itu, Rezka mengaku siap bertanggungjawab karena sampai sekarang belum ada warga yang meninggal dunia karena divaksin.

"Itu berita hoaks kalau ada yang menyebutkan orang meninggal dunia karena divaksin," kata Rezka kepada wartawan usai acara vaksinasi itu.


Penyebab rendahnya vaksinasi di Sumbar: warganya termakan hoaks

Rezka mengakui salah satu penyebab rendahnya realisasi vaksinasi di Sumbar adalah karena warga banyak termakan isu hoaks.

"Jangan sampai termakan berita hoaks, kita harus bisa menggunakan logika dalam menghadapi pandemi ini. Yang ada, vaksin itu berguna agar tubuh kita bisa melawan dampak dari virus corona," kata politisi Partai Demokrat itu.

Rezka menjelaskan vaksin yang disuntikkan akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan respons melawan Covid-19. Respon tersebut biasanya memicu kelelahan, nyeri otot, sakit kepala atau demam.

"Efek tersebut merupakan hal yang normal dan merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh merespon vaksin dengan baik," ujar Rezka yang ibunya adalah seorang tenaga kesehatan.


Hoaks yang beredar, dari vaksin tak aman sampai mengandung mikrochip

Adapun hoaks yang beredar seperti vaksin tidak aman dan mengandung mikrochip, menurut Rezka adalah kebohongan yang dibuat-buat, padahal pembuatan vaksin tentu sudah melewati uji klinis sebelumnya.

"Untuk itu, saya menghimbau masyarakat agar dapat bijak, tabayyun dalam menerima informasi, jangan langsung percaya dengan berita-berita menyesatkan. Mari kita sukseskan lebih dari 70 persen masyarakat tervaksin, sehingga kita bisa mencapai herd immunity," ajak Rezka.
 

Melawan hoaks vaksin Covid-19

Sampai Desember 2021 Rezka mendapat kuota 10.000 vaksin dari kerja samanya dengan Kementerian Kesehatan RI.

"Kita akan turun langsung ke kawasan warga-warga, ini kita lakukan agar mereka lebih nyaman ketika menerima vaksin," ungkap Rezka.

Rio salah satu masyarakat Guguak kepada wartawan menyamapikan apresiasi kepada Rezka Oktoberia yang telah memfasilitasi vaksinasi jemput bola ini.

"Kami berterima kasih kepada Uni Rezka Oktoberia atas digelarnya vaksinasi massal ini. Memang vaksin sangat diperlukan oleh masyarakat saat ini. Hoaks yang beredar tentang vaksin memang harus kita lawan, karena akan menurunkan niat orang untuk divaksin," ucap Rio.

https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page2

Provinsi Sumbar.. Ga heran.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
baikapuk
goodbaayy
pondokbendaasri
pondokbendaasri dan 21 lainnya memberi reputasi
20
6.2K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.