Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Penemuan Fosil Ikan Schistodon di Laut Trias Cina Selatan
Foto fosil ikan Schistodon | wap.peopleapp.com


Sebuah penemuan baru kembali mencatatkan tentang penemuan fosil ikan Schistodon yang diklaim berasal dari laut Trias Cina Selatan. Berikut informasi yang dirangkum penulis.

Sebuah laporan dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi (PVP) dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina. Para peneliti PVP tersebut menemukan seekor ikan "Schistodon Sisik Tulang Asia" yang diperkirakan memiliki usia fosil sekitar 244 juta tahun yang lalu, penemuan ini ditemukan di Yunnan.

Ikan Schistodon ini juga merupakan penemuan pertama fosil ikan purba ini di benua Asia, menurut seorang peneliti "Xu Guanghui," dari Institute of Paleospine dari Chinese Academy of Sciences, ikan Asian Ribscale Schistodon ditemukan di kabupaten Luoping, Provinsi Yunnan, Cina.

Foto fosil ikan Schistodon | wap.peopleapp.com


Para ahli paleontologi mengatakan, jika Schistodon adalah ikan karnivora kecil yang hidup di perairan dangkal dan memakan invertebrata kecil bercangkang keras. Ikan ini memiliki mulut besar dan gigi yang kuat, namun ukuran panjang tubuh ikan ini tidak melebihi dari 5 cm.

Saat ini baru ditemukan 3 fosil spesies ikan purba ini di Biota Luoping. "Ini menunjukkan bahwa ikan ini juga merupakan ikan yang relatif langka lebih dari 200 juta tahun yang lalu," kata Xu Guanghui.

Penelitian yang telah dilakukan telah menunjukkan bahwa ikan schistodon Asia telah hidup 2 juta tahun lebih awal dari schistodon yang sebelumnya ditemukan ahli paleontologi di Eropa. Penemuan ini juga telah memperbarui pemahaman baru orang tentang pelajaran asal usul Schistodone yang pernah hidup di laut di Trias.

Foto fosil ikan Schistodon | wap.peopleapp.com


Menurut studi yang dilakukan para ahli, ikan Schistodone juga diklaim sudah ada sekitar 250 juta tahun yang lalu, peneliti mengungkapkan jika kepunahan massal Schistodone terjadi 250 tahun.

Menurut peneliti Xu Guanghui, Schistodon adalah spesies dari kelompok ikan belalai sirip baru selama periode laut di Trias Tengah. Penemuan Schistodon Ribscale Asia ini telah meningkatkan pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati dilaut Trias Cina Selatan.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya, dan terimakasih sudah berkunjung.



Catatan: Artikel ini berisikan 40% hasil terjemahan dari laman wap.peopleapp.com guna penyampai informasi yang benar bukan berdasarkan opini, kemudian sisanya ditulis ulang dengan gaya bahasa penulis.


Penulis: Sambelterasi052
Referensi: wap.peopleapp.com - (Translate): Schistodon Sisik Tulang Asia" sekitar 244 juta tahun yang lalu di Yunnan, yang telah ditemukan sejauh ini. ikan schistodon tertua
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
nooboks
nilwatikta1965
jwildan13
jwildan13 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.