valkyr9
TS
valkyr9
Anies Klaim Jakarta Jadi Prov Pertama yg Terbitkan Rencana Pembangunan Rendah Karbon


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeklaim, DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang membuat regulasi rencana pembangunan rendah karbon yang berketahanan iklim (RPRKD).

Aturan yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 90 Tahun 2021 tentang RPRKD, kata Anies, menjadi aksi nyata Pemprov DKI untuk membantu mengurangi perubahan iklim.

"DKI Jakarta menjadi provinsi pertama di Indonesia yang memiliki RPRKD sesuai dengan amanat rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024. Dan untuk pertama kali, melalui rencana ini, aksi adaptasi perubahan iklim diatur dalam sebuah produk hukum," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Anies mengatakan, RPRKD merupakan aturan tingkat daerah yang komprehensif yang memuat aksi perubahan iklim yang mengintegrasikan aksi mitigasi dan adaptasi di DKI Jakarta.

Dia mengatakan, RPRKD adalah wujud komitmen ambisius DKI serta kontribusi aktif dalam pencapaian National Determined Contribution (NDC) Indonesia.

"Komitmennya adalah ingin mewujudkan Kota Jakarta sebagai kota yang berketahanan iklim," kata anies.

Anies berharap Jakarta bisa mempercepat pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen.

"Dan secara ambisius mampu mengurangi emisi GRK langsung sebesar 50 persen pada tahun 2030, serta net zero emission pada tahun 2050," ucap dia.

Sebagai informasi, RPRKD juga sesuai dengan Perjanjian Paris, yang menjadi agenda global dari penanganan perubahan iklim.

Pemprov DKI Jakarta juga berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan adaptasi masyarakat dalam menghadapi bencana iklim dengan tolok ukur mengurangi jumlah kawasan atau area yang termasuk ke dalam kategori rentan dan sangat rentan terhadap bencana iklim.

https://megapolitan.kompas.com/read/...bitkan-rencana

Pak anies memang luar biasa.. emoticon-I Love Indonesia (S)

Jakarta menjadi satu2nya provinsi d dunia yg melakukan pembangunan rendah karbon.. Yaitu dg cara tidak melakukan pembangunan.. emoticon-Malu (S)

Spoiler for Kota berketahanan iklim:



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 17-10-2021 13:14
smogalanu.ku.lcantona78
cantona78 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.2K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.