ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Apa Itu Cheerleader Effect?


Cheerleader, kumpulan cewek-cewek cantik yang biasanya berdiri di tepi lapangan sembari bersorak dan melakukan berbagai macam pose demi mendukung tim yang tengah bermain. Tugas utama mereka adalah memberikan moral support pada para pemain yang berkeringat di tengah lapangan namun ada juga yang bilang bahwa cheerleader itu merupakan bumbu pemanis dari olahraga yang berat. Sering juga disebut pemandu sorak.

Keberadaan cheerleader memang mungkin dimaksudkan untuk mendukung moral pemain namun dengan wajah cantik dan pakaian seksinya keberadaan mereka tak jarang malah membuat pemain (dan penonton terutama) kehilangan fokus. Meski demikian kehilangan fokus itu tidak bisa disalahkan. Hal itu disebabkan oleh cheerleader effect.



Apa itu cheerleader effect? Cheerleader effect adalah sebuah fenomena psikologi yang diperkenalkan pada tahun 2013 yang mana menyatakan bahwa seseorang akan tampak lebih menarik saat berkumpul dalam sebuah kelompok. Hal ini berlaku untuk pria maupun wanita dan tidak hanya sebatas dalam foto saja melainkan dalam banyak hal.

Tentunya masalah menarik atau tidak memang tergantung pada orang yang melihatnya namun penelitian yang dilakukan universitas California ini mengambil banyak sampel dan mayoritas memang mengatakan bahwa foto-foto yang digabung sehingga terlihat bersama lebih menarik dibanding foto sendirian.



Bagaimana ini bisa terjadi? sebenarnya ini hanyalah perbedaan antara mata yang fokus dan tidak fokus. Saat kita melihat banyak objek yang mirip sekaligus kita cenderung menganggap semua objek sama namun saat kita fokus pada satu objek saja kita memperhatikan objek tersebut dengan detail. Singkatnya begini, saat kita melihat satu cewek yang kurang cantik di tengah kerumunan cewek maka kurang cantiknya itu akan tertutupi oleh temannya yang lebih cantik dan tanpa sadar kita memandang kedua wanita tersebut sama cantiknya.

Ini adalah sebuah efek yang benar-benar unik dan mungkin ini jugalah alasan mengapa manusia memang harus berkumpul dengan sesamanya, untuk saling melengkapi. Mungkin karna ini jugalah seorang pria suka dikerumuni oleh banyak wanita dan karna ini juga perempuan suka berkerumun kemanapun mereka pergi. Hmm, sungguh efek yang begitu menarik.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
midim7407
MasterSims
alifrian.
alifrian. dan 15 lainnya memberi reputasi
16
7.4K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.