Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f71520a337f934dce529a84/ketidakpatuhan
Ketika Adam dan Hawa di keluarkan dari tempat yang sangat indah, Adam dan Hawa memilih untuk keluar sendiri, bukan di keluarkan. sebab mereka 'tidak patuh' terhadap aturan, mereka memilih untuk membangkang, akhirnya mereka memilih membuat surganya sendiri. Sejarah umat manusia sekarang yang semakin banyak, permulaannya adalah ketidakpatuhan terhadap aturan yang tinggi. Tindakan ketidakpatuhan akan
Lapor Hansip
28-09-2020 10:01

KETIDAKPATUHAN

Ketika Adam dan Hawa di keluarkan dari tempat yang sangat indah, Adam dan Hawa memilih untuk keluar sendiri, bukan di keluarkan. sebab mereka 'tidak patuh' terhadap aturan, mereka memilih untuk membangkang, akhirnya mereka memilih membuat surganya sendiri. Sejarah umat manusia sekarang yang semakin banyak, permulaannya adalah ketidakpatuhan terhadap aturan yang tinggi. Tindakan ketidakpatuhan akan membebaskan Adam dan Hawa untuk membuka cakrawala mereka, walaupun konsekuensi yang mereka dapatkan adalah membebaskan dari ikatan semesta. kalau tidak ada ketidakpatuhan Adam dan Hawa apakah mungkin kita sekarang ini seperti ini.?


Dan bukan tidak mungkin, sejarah umat manusia justru akan berakhir dengan tindakan patuh dan kepatuhan.

saya masih bertanya apakah ketidakpatuhan adalah sebuah kebenaran yang mutlak?, apakah ketidakpatuhan adalah kekebasan manusia sehingga tidak bisa diakhiri. 


seandainya Erich Fromm masih ada di dunia ini, ia akan menjelaskan dalilnya ini, mengapa dengan kepatuhan justru umat manusia akan berakhir. sistem sosial, politik dan agama apapun yang mengklaim kebebasan, tetapi mencegah ketidakpatuhan , tidaklah berhak berbicara tentang kebenaran.


Apakah tafsir di atas sama dengan kepatuhan terhadap kuasa akan menghancurkan umat manusia? apakah kepatuhan terhadap pengetahuan akan menghancurkan umat manusia? ada relasi antara kepatuhan, ketidakpatuhan, pengetahuan dan kuasa.


ada relasi antara kebebasan berfikir dengan ketidakpatuhan akan menghasilkan sebuah kemajemukan peradaban baru, peradaban yang bebas tetapi teratur sesuai dengan alasan ketidakpatuhan yang mereka buat.


Protokol menggunakan masker saat keluar rumah, WFH (Work From Home), Social distancing, untuk menghindari kerumuman masa demi tujuan mencegah penyebaran Covid - 19 adalah bentuk kepatuhan. apakah dalilnnya Erich Fromm, sedang diuji saat ini bahwa sejarah umat manusia justru akan berakhir dengan tindakan kepatuhan?.

Ada rekayasa di tengah Covid - 19 ini bahwa Pilkada harus tetap berjalan, apakah ini sebuah pengujian terhadap dalilnya Erich Fromm, masyarakat mau tidak mau harus patuh dan menjalankan perintah untuk ikut dalam pemilihan pilkada secara langsung, apakah ini kepatuhan terhadap kuasa?.

ketidakpatuhan adalah sebuah relasi yang pasti.  
    
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blueaxolotl dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
inspirasi
Inspirasi
698 Anggota • 8.4K Threads
Halaman 3 dari 4
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 08:58
Menurut saya, sesuai dengan artikel yang saya baca ya mau tidak mau kita harus menjalankan perintah karena bagaimana pun juga kita punya hak kebebasan untuk berpendapat.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 08:59
Banyak faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan, namun bukankah itu sifat manusiawi? Hak manusia memilih sesuatu antara ya atau tidak dan menurut saya mutlak tidak boleh di ganggu gugat, setiap manusia boleh menerima atau menolak sesuai dengan kehendaknya. Namun ketika tindakan manusia sudah di atur dalam norma norma, kewajiban setiap manusia juga mematuhinya. Jadi ketidakpatuhan tidak selamanya buruk selagi ketika kita tidak patuh, namun ketidakpatuhan itu justru baik bagi kita, menolak akan tetapi harus di barengi dengan argumen yang kuat dan jelas mengapa kita menolaknya dan tidak mematuhinya.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 08:59
Saya teringat dengan salah satu kutipan dari Benjamin franklin "pemberontakan terhadap tirani (pemimpin) adalah kepatuhan kepada tuhan" Menurut saya patuh memang baik namun jangan terlalu patuh karna itu tidak baik . sesekali kita perlu berontak atau tidak sesuai dengan perintah pemimpin, lebih percayalah pada hati dan pada tuhanmu selain dari itu apabila ada yang tidak sesuai dengan keyakinanmu maka LAWAN
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:04
Kepatuhan seseorang menandakan bahwa orang itu memiliki kesadaran untuk menaati peraturan yang berlaku, dan mempertahankan ketertiban hukum yang sudah ada. Dan yang saya pahami hukum itu merupakan aturan yang dibuat agar manusia tidak melampaui batas, dan menurut saya memang tidak ada ruginya ketika kita patuh terhadap aturan/hukum yang sudah ditetapkan karena itu dapat membuat kita mengerti batasan kita untuk bertahan hidup walaupun kita juga pasti akan melanggar kepatuhan itu sendiri dengan alasan untuk bertahan hidup. Tetapi banyak nilai positive yang bisa kita dapatkan ketika kita menjadi orang yang patuh setidaknya kita enggak menimbulkan kerugian, baik bagi diri sendiri atau bagi orang lain yang ada di sekitar dan bisa menimbulkan keseimbangan dan bisa menunjukkan sikap sadar hukum dan juga kita engga menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain karena nggak ingin melanggar norma yang sudah ditetapkan.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:09
menurut saya, ada saatnya kita harus berani untuk berkata "tidak" pada kebijakan penguasa yang merugikan. Dan, ada saatnya juga kita bersikap patuh terhadap kebijakan yg seharusnya dipatuhi untuk kebaikan bersama.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:13
menurut saya ketidakpatuhan itu adalah sebuah perilaku yang ditandai dengan adanya sebuah tindakan yang tidak mengikuti/ tidak sesuai dengan sebuah aturan. nah untuk penyebab ketidakpatuhan itu sendiri pasti disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan, karena perilaku seseorang akan terbentuk secara signifikan melalui lingkungan tempat dia berada. kemudian ada faktor budaya dan sosial, dimana budaya ini memiliki peran yang sama dengan kepribaadian seseorang karena budaya menjadi sebuah landasan seseorang dalam berperilaku sehingga seseorang dapat menentukan persepsi mereka dan tindakan apa yang perlu dilakukan dalam merespons kehidupan sosial. ketidakpatuhan ini timbul karena perspektif yang kurang baik terhadap sebuah kehidupan sosial.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:20
Ujian adalah penilaian terhadap kepatuhan jangka panjang, karena ini juga bukan masalah suka atau tidak suka, enak atau tidak enak, tetapi ini masalah kepatuhan secara menyeluruh terhadap aturan-aturannya.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:20
Allah SWT memberikan segala kelengkapan kepada manusia, dengan manusia bisa memilih jalannya masing masing dalam mengambil keputusan untuk patuh terhadap aturan ataupun sebaliknya
Kebanyakan mengapa mereka tidak patuh yaitu bisa jadi karena terpaksa atau terdesak karena keadaan, orang itu merasa tidak ada pilihan lain, jadi mereka terpaksa melakukan ketidak patuhan. bisa jadi karena kondisi ekonomi, sosial dll
Dengan tidak berfikir panjang dan tidak memikirkan akibat dari ketidak patuhan tersebut.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:29
patuh atau tidak patuh adalah pilihan,kepatuhan dimasa seperti ini bisa jadi pilihan terbaik agar manusia bisa lebih disiplin, tapi kepatuhan tidak bisa dipaksakan kepada semua orang, hanya beberapa orang yang bisa benar benar taat pada pembuat aturan tersebut karena semua itu tergantung pada pribadi masing masing, jika manusia patuh terhadap hukum maka akan aman
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:38
Kepatuhan adalah suatu hal yang harus diikuti tetapi jika aturan itu tidak adil, kita harus menentangnya dan menegakkan keadilan.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 09:43
Menurut saya ketidakpatuhan seseorang itu pilihan mereka sendiri, namun perlu diketahui bahwa suatu hukum yang tidak dipatuhi ada konsekuensinya tersendiri
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:01
Ketidakpatuhan terhadap hukum disebabkan karena pelanggaran hukum sudah dianggap biasa dan hukum yang berlaku saat ini sudah tidak sesuai dengan kehidupan.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:05
menurut saya dari kisah Adam dan Hawa kita dapat belajar bahwa hidup ini adalah sebuah pilihan penentu, penentu tersebut lah yang disebut patuh atau tidak patuh. Sekarang tugas manusia adalah menentukan pilihan mana yang harus dan tak harus mereka jalani, karena bahwasannya dengan kehadiran kisah tersebut adalah skenario dari sang Maha kuasa yang tidak bisa kita rubah. sekarang melihat dari kondisi Indonesia yang sedang mengalami masa covid-19 kita memang harus patuh terhadap protokol kesehatan, karena itu lah yang menjadi pilihan tadi, kalau patuh efek yang akan terjadi mungkin sangat minim sedangkan apabila kita tidak patuh terhadap protokol tersebut efek yang terjadi mungkin sangat besar. Maka dari itu sekali lagi patuh dan ketidakpatuhan adalah sebuah penentu atau pilihan manusia atau masyarakat itu sendiri, kita harus menjadi manusia yang pintar dalam menentukan sebuah pilihan, jangan sampai kita mematuhi hukum yang seharusnya tidak kita patuhi atau bahkan sebenarnya bisa kita rubah hukum ke hukum yang lebih baik. Terimakasih.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:07
Menurut saya kepatuhan bukanlah sebuah kebenaran yang mutlak, ada beberapa hal mungkin bisa membenarkan hal itu untuk beberapa alasan seperti jika aturan yang terdapat mengganggu hak asasi manusia. Akan tetapi dengan adanya kepatuhan juga merupakan hal yang baik bisa mengajarkan diri kita untuk disiplin dan berada di jalan yang benar selagi kita bisa memilah dan memilih mana aturan yang baik dan tidak menyesatkan. Jika ingin di patuhi setidaknya kita harus mencontohkan hal itu juga tidak hanya membuat aturan namun kita sendiri melanggar dan alangkah baiknya jika saat membuat aturan kita mempertimbangkan pihak pihak lainnya yang terlibat agar dan tidak memberatkan maupun merugikan pihak-pihak lain dan aturan tersebut bisa di patuhi dengan baik dengan begitu kepatuhan bukanlah hal yang salah bisa di jalankan dengan sepenuh hati atas kesadaran diri sendiri bukan paksaan.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:16
manusia adalah individu yang bebas dan mandiri, mereka tidak bisa patuh dan tunduk pada satu aturan karna mereka mempunyai hak hidup yang bebas merka pun berhak memilih dan menjalankan hidupnya tanpa berlandaskan kepatuhan pada siapapun, mereka akan hidup dengan pilihan dan caranya masing masing, kepatuhan dapat merampas hak hidup yang sejatinya bebas dan membebaskan karena ruang gerak akan terbatas. Namun ketidakpatuhan jangan dijadikan alibi untuk berprilaku semena mena dan merampas hak hidup orang lain, ya memang benar kepatuhan akan menghancurkan umat manusia karna bila tidak ada pemberontakan dan ketidakpatuhan mereka yang berkuasa akan semena mena.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:17
manusia berhak untuk patuh atau tidak terhadap hukum, karena manusia berhak untuk memilih. Bukan kah jika manusia itu tidak patuh dia sendiri yang akan menerima akibatnya? Maka dari itu manusia patuh atau tidak terhadap hukum itu sudah ada konsekuensinya masing-masing.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:17
Quote:Original Posted By hermeneutika
Ketika Adam dan Hawa di keluarkan dari tempat yang sangat indah, Adam dan Hawa memilih untuk keluar sendiri, bukan di keluarkan. sebab mereka 'tidak patuh' terhadap aturan, mereka memilih untuk membangkang, akhirnya mereka memilih membuat surganya sendiri. Sejarah umat manusia sekarang yang semakin banyak, permulaannya adalah ketidakpatuhan terhadap aturan yang tinggi. Tindakan ketidakpatuhan akan membebaskan Adam dan Hawa untuk membuka cakrawala mereka, walaupun konsekuensi yang mereka dapatkan adalah membebaskan dari ikatan semesta. kalau tidak ada ketidakpatuhan Adam dan Hawa apakah mungkin kita sekarang ini seperti ini.?


Dan bukan tidak mungkin, sejarah umat manusia justru akan berakhir dengan tindakan patuh dan kepatuhan.

saya masih bertanya apakah ketidakpatuhan adalah sebuah kebenaran yang mutlak?, apakah ketidakpatuhan adalah kekebasan manusia sehingga tidak bisa diakhiri. 


seandainya Erich Fromm masih ada di dunia ini, ia akan menjelaskan dalilnya ini, mengapa dengan kepatuhan justru umat manusia akan berakhir. sistem sosial, politik dan agama apapun yang mengklaim kebebasan, tetapi mencegah ketidakpatuhan , tidaklah berhak berbicara tentang kebenaran.


Apakah tafsir di atas sama dengan kepatuhan terhadap kuasa akan menghancurkan umat manusia? apakah kepatuhan terhadap pengetahuan akan menghancurkan umat manusia? ada relasi antara kepatuhan, ketidakpatuhan, pengetahuan dan kuasa.


ada relasi antara kebebasan berfikir dengan ketidakpatuhan akan menghasilkan sebuah kemajemukan peradaban baru, peradaban yang bebas tetapi teratur sesuai dengan alasan ketidakpatuhan yang mereka buat.


Protokol menggunakan masker saat keluar rumah, WFH (Work From Home), Social distancing, untuk menghindari kerumuman masa demi tujuan mencegah penyebaran Covid - 19 adalah bentuk kepatuhan. apakah dalilnnya Erich Fromm, sedang diuji saat ini bahwa sejarah umat manusia justru akan berakhir dengan tindakan kepatuhan?.

Ada rekayasa di tengah Covid - 19 ini bahwa Pilkada harus tetap berjalan, apakah ini sebuah pengujian terhadap dalilnya Erich Fromm, masyarakat mau tidak mau harus patuh dan menjalankan perintah untuk ikut dalam pemilihan pilkada secara langsung, apakah ini kepatuhan terhadap kuasa?.

ketidakpatuhan adalah sebuah relasi yang pasti.  
    


menurut saya kepatuhan diciptakan agar manusia bisa tertib dan teratur tidak terbayangkan jika didunia ini tidak ada kepatuhan terhadap apapun mungkin dunia fana ini sudah hancur
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:19
Kepatuhan itu harus dijalankan oleh semua masyarakat, karena dinegara kita diberlakukannya aturan hukum.
Namun masih banyak masyarakat yang tidak mengikuti aturan yang berlaku seperti halnya dikasus Covid-19, banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang berlaku sehingga tingkat masyarakat yang terpapar Covid-19 melonjak.
Dan masyarakat mau tidak mau harus mengikuti aturan yang berlaku.
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:23
Pendapat saya dimana pada intinya kembali ke diri kita sendiri agar memiliki nilai dalam dirinya untuk menerapkan kaidah hukum selain itu juga memerlukan pengawasan, misalnya untuk lingkungan yang lebih besar, seperti kehidupan bernegara. Dapat dikatakan bahwa dasar kepatuhan itu adalah pendidikan, kebiasaan dan kemanfaatan. Jadi, kita harus terlebih dahulu memahami bahwa hukum itu ada untuk melindungi kepentingan manusia, sehingga dapat menyadari kegunaannya dan kemudian menentukan sikap untuk mematuhinya
0 0
0
KETIDAKPATUHAN
14-10-2021 10:25
Kepatuhan dan ketidakpatuhan ditengah pandemi covid - 19 ini mengharuskan kita patuh dalam kondisi seperti ini karena di dalam hal seperti ini kita perlu meredam rasa egois kita, saling mengerti satu sama lain demi keselamatan bersama jadi mau tidak mau suka tidak suka dengan peraturan yang berlaku ya harus kita patuhi walaupun entah ada rekayasa atau konspirasi dibalik ini semua , kita sebagai masyarakat biasa akan memiliki ruang lebih lemah untuk bersuara/berpendapat
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Anime & Manga Haven
4-anime-isekai
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia