iluvtari
TS
iluvtari
Udah Gan, Jangan Main HP di Toilet Lagi!

Benar gak sih, cewek suka makan sambil main HP sementara cowok suka bawa HP ke kamar mandi? Jangan-jangan Agan sedang di toilet saat ini, dan Sista lagi baca artikel sambil makan?

Aku nulisnya gak pakai riset kok, sekadar melihat di sekitar. Kebanyakan begitu. Tapi mau bener atau nggak, Agan atau Sista yang masih suka main HP di kamar kecil sebaiknya meninggalkan kebiasaan buruk itu. Alasannya? Baca pelan-pelan uraian di bawah ini!



1. Ada banyak virus dan bakteri yang menempel di HP.
Fyi, ada 7 benda di sekitar kita yang merupakan pengumpul kuman terbanyak sebagai efek dari penggunaannya sehari-hari. Benda tersebut adalah spons, keyboard, troli belanja, dasbor mobil, keset, dispenser sabun, dan ponsel alias HP, yang jadi teman baik GanSis selama ini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Tim Fakultas Kedokteran Universitas Ondokuz Mayis, Turki, didapatkan bahwa 95% HP milik nakes, termasuk dokter, terkontaminasi bakteri termasuk Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten terhadap antibiotik umum tertentu.

Bayangkan, itu HP-nya orang-orang medis loh! Di rumah sakit pula. Apalagi HP kita (tepatnya aku!) yang awam terhadap ilmu kesehatan. Coba ingat-ingat, berapa kali kamu pernah membersihkan HP-mu dengan tisu basah antibiotik?

Ketika HP dibawa ke toilet, apalagi untuk menemani penggunanya BAB, kuman yang ada pada tinja akan sangat mudah menempel di HP. Jadi nyaris percuma kamu mencuci tangan, karena kuman penghuni kamar mandi akan ikut bersamamu saat keluar bersama dengan HP-mu.


2. Berlama-lama di toilet bisa menyebabkan wasir.
Bahkan membaca buku sekalipun, sebaiknya tidak kamu lakukan di kamar kecil. Selain perkara virus dan bakteri, berlama-lama di toilet memang bukan hal yang baik.

Kalau kamu seorang muslim, kamu mungkin sudah tahu bahwa kamar kecil merupakan tempat favorit setan dari kalangan jin. Tak heran orang-orang suka berbuat “nyeleneh” jika kelamaan di sana.

Sementara dari segi medis, berlama-lama di toilet adalah salah satu penyebab seseorang terkena wasir (ambeien). Dikutip dari nine.com.au, duduk di kloset lebih dari 20 menit dapat memberi tekanan lebih pada rektum, yang bisa menyebabkan wasir atau memperparah wasir yang sudah ada.

Perhatikan kalimatnya, “duduk di kloset”. Bagaimana lagi yang klosetnya berupa kloset jongkok? Kamu yang mendatangi toilet sambil membawa HP jelas lebih betah berada di sana ketimbang mereka yang meninggalkan HP-nya tetap di luar. Tapi yang masuk toilet tanpa HP insyaallah lebih sehat. 


3. Semakin kecanduan gawai.
Nggak perlu dibahas lagi bagaimana lekatnya kita dengan gadget atau gawai. Entah itu berupa HP, laptop, tablet, dsb. Ada yang memang harus terus berurusan dengan gawai karena faktor pekerjaan, ada pula yang sekadar menjaga eksistensi.

Apa pun alasannya, ketika berada di kamar kecil atau menjelang tidur, alangkah baiknya mengistirahatkan pikiran dari medsos dan segala pernak-pernik internet. Hal ini berfungsi untuk menjaga kewarasan, Guys! Sebab hasil negatif paling umum dari penggunaan HP yang berlebihan adalah harga diri yang rendah, kecemasan, dan bahkan depresi.

Jadi kalau GanSis masih ngotot bawa HP saat ke toilet, itu sama saja dengan memfasilitasi diri menuju ketergantungan HP yang masuk kategori tidak sehat. Sudah deh, pelan-pelan kurangi kebiasaan buruk bawa HP ke toilet! Bertahap, sampai nanti kamu sangat membencinya.



Referensi: medleagueninehalodoc
gambar: brightside

Mampir ke artikel lainnya, Bos!
Fenomena Nyeleneh yang Gak Ada Habisnya
Manfaat Mandi Malam dan Hukumnya dalam Islam
Anak 90-an, Sini Kumpul!
Desain Kamar Mandi Paling Unik di Dunia
myasanmiadelfatesting260delfaag
delfaag dan 35 lainnya memberi reputasi
34
13.6K
121
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.