• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • JANGAN REMEHKAN 3 PENEMUAN INI! Penemuan ini salah satu yang Mengubah Dunia

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
JANGAN REMEHKAN 3 PENEMUAN INI! Penemuan ini salah satu yang Mengubah Dunia
Penemuan ini tampaknya biasa saja tapi masih sangat bermanfaat sampai sekarang. Siapa yang tidak tahu vitamin, DNA dan pompa air? tentunya hampir setiap orang tahu ketiga hal tersebut. Namun tahukah kalian bagaimana sejarah ditemukannya ketiga hal tersebut dan siapa yang menemukannya? berikut inilah sejarah singkat penemuan vitamin, DNA dan pompa air beserta penemunya yang tak kalah keren pastinya..

1. Penemu Vitamin (Christiaan Eijkman)
Quote:
sumber
Penemu ini bernama Christian Eijkman, ia berprofesi sebagai dokter lulusan dari universitas Amsterdam pada tahun 1883. Ia mengungkapkan bahwa tidak semua penyakit disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus dan bakteri, penemuannya bermula dari ayam yang sakit seperti gejala polyneuritis, ia mencoba untuk menemukan bakteri di dalam ayam sakit itu tetapi tidak ditemukan, penyakitnya aneh ia datang secara tiba-tiba dan pergi pun juga tiba-tiba. Kemudian juru masak rumah sakit mencoba untuk memberikan makan berupa nasi kepada ayam yang sembuh tadi, tetapi anehnya ayam tersebut kembali sakit dengan gejala seperti polyneuritis. kemudian juru masak dari rumah sakit tersebut berpikir bahwa tidak pantas memberi makan nasi kepada ayam, lantas ia kembali memberikan gabah kepada ayam seketika itu pula gejala penyakit seperti di atas lenyap dari ayam itu, Eijkman kemudian mencoba cara itu sehingga ia menyimpulkan bahwa penyakit ayam tersebut disebabkan oleh kekurangan gizi. Penelitian kemudian dilanjutkan oleh rekannya kemudian diketahui bahwa berat kehilangan zat lain yang dibawa oleh gabah kemudian diketahui bahwa zat tersebut adalah tiamin yaitu zat sejenis vitamin.


2. Penemu DNA (James Watson)
Quote:
sumber
itulah nama sang penemu DNA pada tahun 1953, ia meneliti bersama Fransis hary mereka menemukan bahwa pasangan asam-asam amino dasar atau unsur-unsur protein yang menghubungkan kedua bagian molekul DNA memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama. Mereka mengamati bahwa pasangan-pasangan dasar tersebut membentuk struktur tangga, hal ini juga berarti bahwa kedua bagian tangga cocok satu sama lain. Penemuan ini berhasil menjelaskan bagaimana DNA bisa disalin setiap kali sebuah sel membelah diri, hampir 10 tahun kemudian setelah banyak tes menguatkan hasil penemuan mereka, Kedua ilmuwan itu menerima hadiah nobel bidang kedokteran bersama dengan Maureen Wilkins. Sejak tahun 1988 Watson diangkat menjadi direktur proyek gen manusia yang bertujuan untuk mengenali atau mengidentifikasi seluruh gen manusia yang berjumlah antara 50 ribu sampai 100 ribu. Watson berkeyakinan bahwa dengan penemuan DNA ini, penyakit keturunan dapat diatasi sejak dini.


3. Penemu Pompa Air (Otto Von Guericke)
Quote:
sumber
Penemunya adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman, penemuannya sangat sederhana sekali ia hanya ingin membuktikan pendapat Aristoteles yang mengatakan bahwa tiada ruang hampa di dunia ini. Percobaan yang dilakukan oleh otto adalah menyatukan dua lempeng tembaga menjadi bola lalu udara dipompa keluar. Kemudian tabung itu dipisahkan menggunakan kuda di kedua sisi yang berlawanan, awal percobaannya menggunakan 8 ekor kuda kemudian di lain waktu Ia menggunakan 24 ekor kuda, hasilnya membuktikan bahwa bola tabung tersebut tidak dapat terbuka, ia dapat terbuka manakala diisi udara, dari percobaan tersebut otto membuktikan tentang teori kekuatan tekanan udara ia kemudian menyimpulkan bahwa alam membenci ruang hampa udara, jika ada sebuah ruang hampa udara benda atau materi lain seperti udara dan air akan mencoba memasuki ruang hampa itu, prinsip inilah yang mendasari kerja pompa air. Saat udara dipompa keluar, air akan mengisinya dan terus mengalir.

Nah, itulah sejarah singkat mengenai penemuan Vitamin, DNA dan Pompa air beserta para penemunya. Menurut gansis penemu yang mana yang lebih keren atas penemuannya? Komen dibawah ya, Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..


Diubah oleh Si.jonii 11-10-2021 02:29
gpandita
pakisal212
myasanmia
myasanmia dan 34 lainnya memberi reputasi
35
9.1K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.