cangkir059Avatar border
TS
cangkir059
Ini Buah-buahan yang Sudah Langka dan Terancam Punah

Foto: Buah Jamblang/Sumber


Buah bisa menjadi salah satu kebutuhan untuk menjaga imun tubuh agar bisa stabil. Oleh karena itu, buah pun menjadi primadona bagi orang-orang untuk dimakan. Sampai-sampai, buah pun manjadi salah satu pilihan bagi orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Hal semacam ini pun menjadi salah satu kelebihan bagi yang namanya buah. Bukan karena makanan yang satu ini bisa terbilang enak saja. Akan tetapi, dalam kandungan buah ini banyak manfaatnya. Kemudian, buah apa saja yang mempunyai banyak manfaat? Harus diketahui semua jenis buah-buahan pun banyak manfaatnya. Namun, semua itu pun harus bisa dikontrol atau diatur ketika mau memakannya agar tak kelebihan.

Dalam hal ini pun sangat indah jikalau bisa bernostalgia kepada buah yang zaman dulu ada. Namun, sekarang, bisa tergolong langka. Kemudian, buah-buahan apa saja, sih, yang sudah langka sekarang ini?

1. Buah Rukam

Quote:


Buah yang satu ini dihasilkan dari pohon rukam (Flacourtia rukam). Harus diketahui bahwa pohon ini berbentuk bengkok berbonggol-bonggol, batangnya berdiri, dan memiliki tinggi kurang lebih 15 meter. Oleh karena itu, pohon yang satu ini bisa terbilang tinggi juga. Buah yang dihasilkan dari pohon ini bisa dimakan segar atau diolah menjadi selai, jelly, atau manisan. Namun, buah yang satu ini pun harus dipijat-pijat dulu agar rasa sepatnya hilang.

Bukan hanya itu saja manfaat yang bisa didapatkan dari buah rukam ini! Akan tetapi, ada juga manfaat lainnya, yaitu bisa untuk mengobati penyakit diare dan disentri.

Baca Juga:Pesona Danau Sebening Kaca, Telaga Biru Cicerem yang Viral di Kuningan

2. Buah Alkesah

Quote:


Buah alkesah atau bisa dibilang buah ini sejenis sawo. Buah ini biasanya di Indonesia langsung dimakan saja tanpa campuran apa pun setelah dimasaknya. Oleh karena itu, cara memakan orang Indonesia pun sangat berbeda dengan negara lain. Namun, hal semacam itu tak mengurangi rasa yang sesuai dengan lidah masing-masing orang dari negaranya. Buah ini pun memiliki rasa seperti ubi yang sudah direbus atau rasa tape singkong.

3. Buah Jamblang

Quote:


Jamblang atau bisa juga disebut jambu keling ini adalah sejenis buah-buahan yang berkelompok dengan jambu. Oleh karena itu, buah yang satu ini bentuknya bisa dibilang seperti jambu. Kemudian, jamblang ini bisa dibudidayakan/liar di Asia tropis dan Australia.

Jamblang ini kalau di Indonesia biasanya tumbuh di sekitaran Pulau Jawa. Namun, zaman sekarang, mungkin akan sulit menemukan buah yang satu ini. Entahlah!

4. Buah Cermai

Quote:


Buah yang dihasilkan dari sejenis pohon cermai ini banyak manfaatnya. Oleh karena itu, buah yang satu ini bisa dimakan segar dengan dicampur gula, garam ataupun dirujak. Bukan hanya itu saja! Akan tetapi, cermai juga bisa dibuat manisan, direbus atau dibuat minuman penyegar. Bahkan, daunnya pun bisa dijadikan lalapan.

Baca Juga:Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat

Dari buah-buahan yang sudah dituliskan di atas itu bisa menjadi salah satu pengetahuan bahwa selama ini ada juga buah yang bernama seperti itu. Oleh karena itu, buah yang seperti itu pun bisa menjadi salah satu sasaran di zaman sekarang ini agar bisa dibudidayakan. Kenapa harus seperti itu? Ya, supaya buah tersebut tak mengalami kelangkaan di pasaran dan mudah untuk ditemukan.[]


Sumber: 1, 2, 3, 4


Cangkir Kopi





delfatesting260
cheria021
pard0
pard0 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.6K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.