• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • PO SAN Luncurkan Bus Single Glass Baru, Tren Double Glass Mulai Redup?

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
PO SAN Luncurkan Bus Single Glass Baru, Tren Double Glass Mulai Redup?
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini ane bakal bahas seputar PO SAN yang meluncurkan bus single glass baru, dan sedikit prakiraan kelanjutan tren double glass pada bus di Indonesia.


Kita semua tahu bahwa memang sejak tahun 2015, "double glass" sudah mulai ngetren di Indonesia. Double glass pertama kali dipopulerkan oleh karoseri Adiputro saat meluncurkan Jetbus 2+ Series.

Double glass sendiri merupakan kaca depan di bus yang memiliki pemisah dan berjumlah total ada 2, atau berkaca ganda. Kaca ganda inilah yang sangat diminati sebab membuat penampilan bus menjadi keren dan modern. 


Kaca depan model ini memiliki beberapa keunggulan, dimana yang pertama adalah membuat kaca depan menjadi lebih kuat, lebih "durable" karena jika pecah satu hanya perlu ganti satu saja tidak perlu ganti semua kaca depan, serta yang pastinya memengaruhi penampilan juga.

Double glass sudah digunakan oleh berbagai PO bus di Indonesia, bahkan mungkin hampir semuanya sudah memakai double glass satu ini. Mulai dari Sinar Jaya, PO Haryanto, Harapan Jaya, dan lain sebagainya sudah menggunakan model double glass.


Tetapi, baru-baru ini kaca depan single glass menunjukkan tanda-tanda mulai bangkit kembali. Hal ini ditandai oleh mulai banyaknya perilisan bus-bus baru dengan kaca depan model single glass.

PO SAN pun salah satunya. Menurut owner, SAN sangat mempertimbangkan kenyamanan, standar kenyamanan harus memenuhi standar Eropa, dimana kenyamanan itu bukan hanya kenyamanan suspensi, peredaman suara dan lain-lain, tetapi kenyamanan disaat melihat pemandangan di kaca depan.


Double glass punya kekurangan yang sangat besar, yaitu menghalangi pandangan penumpang ke depan. Tentu hal ini akan mengurangi kenyamanan penumpang, karena lama-lama mungkin akan sangat "nyebelin".

Dengan single glass, kenyamanan bisa ditingkatkan karena tidak ada lagi hal yang " nyebelin", dimana hal tersebut adalah pemisah kaca yang menghalangi pandangan penumpang.


Dan bukan hanya PO SAN, PO-PO lain mulai menggunakan kaca single glass kembali. Bahkan Adiputro saja kabarnya beberapa waktu lalu sempat memproduksi body bus single glass. 

Hal ini tentu membuat kita semua bertanya-tanya, apakah bus single glass akan ngetren lagi seperti zaman dahulu sebelum bus double glass populer? Tunggu saja, waktu akan menjawabnya.


Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah! 

Sumber: 1, 2
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
emineminna
delfatesting260
jenggalasunyi
jenggalasunyi dan 23 lainnya memberi reputasi
24
7.4K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.