ih.sul
TS
ih.sul
Rahasia Kesuksesan Squid Game


[Bebas spoiler jadi yang belum nonton aman untuk membaca]

Squid game, serial original Netflix yang berasal dari Korea Selatan berhasil meraup perhatian dari banyak orang di berbagai belahan dunia. Squid game sendiri menceritakan mengenai sebuah permainan yang diikuti oleh 456 orang yang mana mereka semua mempertaruhkan nyawa dalam permainan demi hadiah total 45,6 milyar won (sekitar 543 milyar rupiah).

Tema kompetisi survival seperti ini sebenarnya bukanlah tema yang baru dalam industri film. Kendati demikian squid game secara 'beruntung' berhasil viral berkat promosinya yang nggak tanggung-tanggung dan tentunya kualitas dari acara itu sendiri.

Tapi memangnya apa kualitas yang ditawarkan squid game sehingga banyak orang yang tertarik untuk menontonnya? Biasanya kepopuleran sebuah serial film akan ditentukan menggunakan aturan 3 episode alias jika 3 episode pertama tidak berhasil menjaring penonton untuk tetap menonton maka series tersebut sedikit banyaknya sudah gagal.

Lalu apa kualitas yang bisa kita temukan dalam 3 episode pertama squid game?


RELATABLE



Tidak seperti drama korea lain, squid game tidak menggunakan pemeran yang terlalu cantik atau ganteng dan ini satu langkah yang masuk akal dikarenakan para pemain squid game merupakan orang-orang yang memiliki kesulitan ekonomi. Jika orang miskin yang punya hutang hingga ratusan juta memiliki wajah yang cantik maka kesannya pasti akan aneh sekali.

Tapi dibanding relatable, lebih tepatnya cerita dalam serial ini bisa membuat penonton bersimpati pada para karakternya. Saya yakin disini nggak banyak orang yang punya hutang hingga ratusan juta namun kita dibuat mengerti dan mersimpati pada mereka, merasakan penderitaan mereka yang setiap hari hidup dengan cemas karna dikejar-kejar penagih hutang.

Sedikit tambahan, di Korsel ada banyak sekali orang yang terlilit hutang rumah tangga. Semua ini disebabkan oleh krisis ekonomi 1990-an yang ditangani oleh pemerintah dengan mendesak rakyat meminjam uang ke bank agar daya konsumsi meningkat. Saat itu pemerintah banyak menawarkan suku bunga rendah dan juga kemudahan lain dan akhirnya ekonomi pun pulih namun karna kebabalasan akhirnya banyak warga yang tidak sanggup bayar.


EMOSIONAL



Squid game bukanlah permainan yang menonjolkan kecerdasan otak yang tinggi, tidak juga menawarkan action yang memanjakan mata dan karna itulah semua yang perlu kita perhatikan adalah gejolak emosional para pemain.

Emosi yang paling kentara dalam serial ini adalah keputusasaan, ketakutan, keserakahan, kekejaman, kekecewaan dan tentunya harapan. Semua emosi itu bercampur menjadi satu dan membentuk sebuah ramuan yang disebut melankoli. Setelah kita dibawa untuk bersimpati pada tiap karakter kita kembali disodorkan kenyataan kejam mengenai sifat dari manusia.

Apa yang membuat perang emosional dalam squid game menarik adalah tensinya yang naik dan turun dengan cepat sehingga menimbulkan ketegangan. Pertama kita akan diberikan sebuah harapan lalu ditampar dengan keputusasaan lalu kembali diberi harapan kecil yang membuat kita menahan nafas untuk mengetahui apakah harapan itu dapat kita pegang atau tidak.

Ada sebuah teori yang unik mengenai harapan dan keputusasaan ini. Mark Manson, seorang blogger terkenal, menyebutkan bahwa lawan dari kebahagiaan adalah tidak adanya harapan. Dalam bukunya yang berjudul Everything is F*ckedMark menyebutkan bahwa jauh di dalam hati kita, kita menginginkan keberadaan seseorang yang bisa memberi kita harapan, yang bisa menunjukkan pada kita bahwa matahari akan bersinar kembali.

Dan karna itulah keberanian, ketabahan dan juga perilaku heroik mengambil peran penting dalam film ini. Di situasi yang kita kira tak lagi punya harapan pahlawan-pahlawan itu muncul dan menyelamatkan kita semua. Siapapun yang menulis cerita serial ini pastilah sudah paham betul psikologi manusia.


AKTING YANG....



Dan sebagian besar pujian harus diberikan pada para aktor yang sudah menyampaikan emosi-emosi tersebut pada penonton. Sebenarnya akting para pemain disini nggak bisa dibilang bagus bagus amat tapi realistis dan sesuai karakter. Setidaknya para pemain benar benar menghayati perannya sehingga sifat tersebut melekat.

Jung Ho Yeon (pemeran Sae Byeok) juga menceritakan sedikit pengalaman audisinya dan hal-hal yang sudah dia lakukan agar bisa memahami karakter yang dia perankan dengan baik. Dia menyebutkan bahwa untuk membantu memahami karakternya dia sampai menulis buku harian dan menulis semua yang kira-kira ada di pikiran Sae Byeok.

Ho Yeon yang sama sekali tak tahu apa-apa tentang akting melakukan begitu banyak untuk mendalami perannya dan hasilnya karakternya melekat di pikiran penonton. Sejauh itulah totalitas para aktor demi menyukseskan squid game.


SERBA MISTERIUS



Satu lagi fakta menarik dari psikologi manusia, kita cenderung takut pada sesuatu yang tidak kita ketahui seperti kegelapan atau seseorang yang mencurigakan. Dalam game ini para pemain sama sekali tidak tahu siapa yang sudah membawa mereka ke dalam permainan dan juga tak tahu siapa atau malah apa yang tengah mereka lawan. Dengan semua penjaga dan penyelenggara memakai topeng kita diberikan sebuah tekanan psikologis untuk terus berandai-andai mengenai apa atau siapa yang ada dibalik topeng tersebut.

Karakter yang misterius, tarikan nafas yang meresahkan, orang-orang yang tidak dapat dipercaya. Squid game menunjukkan bahwa dalam titik terendah manusia akan melupakan apa yang disebut moral dan kembali pada insting mereka untuk bertahan hidup. Segala hal akan dilakukan demi bisa mencapai tujuan masing-masing.



Dan seperti itulah pandangan saya mengenai squid game. Sejujurnya saya bukan orang yang banyak menonton film jadi jika ada tambahan silahkan tuliskan di kolom komentar. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 08-10-2021 11:59
microtoysdelfatesting260alteregosentris
alteregosentris dan 24 lainnya memberi reputasi
23
10K
165
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.