newsmerahputihAvatar border
TS
newsmerahputih
Formula E Disebut Boroskan Anggaran, Pemprov DKI Singgung MotoGP Mandalika


MerahPutih.com - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI Jakarta, menanggapi tudingan sejumlah pihak yang menyebut perhelatan Formula E hanya pemborosan APBD DKI.

Menurutnya, hampir semua event dunia baik ajang Asian Games 2018 dan MotoGP Mandalika Maret 2022, dan Formula E Juni 2022 pasti membutuhkan kucuran dana dari pemerintah.

Perhelatan event Internasional itu bukan pemborosan APBN atau APBD, karena kata Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI, kegiatan tersebut memberikan manfaat ekonomi dan reputasional yang luar biasa bagi Indonesia.

"Stimulus ekonomi dan multiplier efek yang ditimbulkan," bunyi keterangan tertulis yang dibuat Pemprov DKI Jakarta.

Dari ajang Formula E, lanjutnya, citra Indonesia dan Jakarta semakin baik di dunia, sehingga bisa menstimulus turisme dan dunia investasi. Nantinya banyak wisatawan asing yang akan berkunjung ke Ibu Kota untuk menyaksikan balap mobil berenergi listrik itu.



Tujuan Formula E pada 2022, sama dengan pagelaran MotorGP Mandalika Maret tahun depan, yang merupakan investasi jangka menengah dan panjang untuk mendongkrak citra Indonesia di mata dunia.

"Dan membuka peluang yang lebih luas di masa mendatang termasuk untuk bidang pariwisata, investasi, dan perdagangan dunia," lanjut Pemprov DKI.

Pemprov DKI mengklaim, gelaran Formula E berbeda dengan negara lain. Jelas dia, Formula E bukanlah event satu hari saja, tetapi rangkaian acara selama beberapa bulan menjelang dan setelah event sehingga impact yang dihasilkan akan sangat berbeda.

"Formula E memberikan dampak finansial, dampak ekonomi, dan dampak reputasional. Dampak ekonomi adalah multiplier efek yang ditimbulkan oleh gelaran Formula E. Dampak reputasional memberi pesan bahwa Indonesia back to business," ungkapnya.


Sumber
essholl
kabarotocom
newsbolaskor
newsbolaskor dan 10 lainnya memberi reputasi
3
5.1K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.