• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengaku Dewasa Tapi Tidak Mempunyai Ciri-ciri Ini? Wajib Introspeksi Diri!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mengaku Dewasa Tapi Tidak Mempunyai Ciri-ciri Ini? Wajib Introspeksi Diri!
Benarkah kedewasaan fisik tidak selalu sebanding dengan kedewasaan mental, emosi, dan pemikiran?
Agan dan Sista dapat mengetahuinya dengan memperhatikan beberapa hal ini!


Dewasa, Agan dan Sista dapat mengartikan satu kata ini dalam beberapa penafsiran arti.
Dewasa dapat diartikan sebagai kematangan fisik yang berkaitan dengan usia atau umur seseorang. Namun dewasa juga dapat diartikan sebagai cara orang bersikap dati kematangan emosi, mental, pemikiran, dan juga perasaan.

Sering sekali kita melihat dimana orang yang telah berusia dewasa namun belum memiliki mental, pemikiran, dan emosi sebagaimana orang dewasa harus menyikapi masalah. Tapi tidak jarang juga ada anak-anak atau remaja yang telah memiliki kematangan dalam berpikir, mencerna setiap masalah dengan baik, mudah mengontrol emosi, bermental kuat dan itulah yang dinamakan kedewasaan.

Jadi apakah kedewasaan umur tidak selalu berbanding lurus dengan kedewasaan mental, emosi, dan pemikiran?
Jawabannya adalah iya GanSis, tidak semua orang yang telah berusia dewasa memiliki pemikiran dewasa, begitupun sebaliknya.

Mungkin untuk dewasanya fisik kita hanya menunggu waktu saja ya GanSis, selama umur masih terus bertambah maka seorang anak remaja akan menemukan masa dewasanya.
Tapi tidak begitu dengan kedewasaan pikiran dan perasaan GanSis, setiap orang yang ingin untuk dewasa maka mereka harus banyak belajar dari pengalaman hidup, lingkungan sekitar, menyelesaikan masalah yang dihadapi, dan tempaan-tempaan lain yang pastinya cukup berat untuk dilalui.




Lalu bagaimana sih cara melihat kedewasaan diri sendiri atau cara melohat kedewasaan diri dari seseorang?
Agan dan Sista dapat memperhatikan hal-hal ini untuk melihat seberapa dewasa diri GanSis, dan apa yang harus dirubah saat belum memiliki kedewasaan diri dalam berpikir, bersikap, dan juga mencari jalan keluar untuk masalah.


1. Dapat Dipercaya
Orang yang telah memiliki kedewasaan mental dan pemikiran mereka akan sangat mudah untuk dipercaya.
Saat memiliki janji akan selalu menepati, saat diberikan amanat pasti dijaga dengan baik, dan tidak pernah mau ikut campur terhadap kehidupan orang lain jika memang tidak seharusnya terlibat di dalam masalah tersebut.

2. Bertanggung Jawab
Setiap orang yang telah memiliki kedewasaan diri dalam pemikiran dan mental mereka akan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas apa yang telah dilakukannya.
Jika memang yang dilakukan menimbulkan masalah maka mereka akan mencari solusi, tidak lari dari masalah melainkan mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi.

3. Mudah Mengontrol Emosi
Mengontrol emosi juga berkaitan dengan kedewasaan diri GanSis. Saat seseorang dapat mengontrol emosinya dengan baik, tidak mudah meledak saat dipancing dengan masalah, maka mereka adalah orang yang telah memiliki kedewasaan diri.
Namun jika mereka masih dikendalikan oleh emosinya sendiri maka meskipun mereka memiliki umur yang telah dewasa atau bahkan tua, mereka belum dapat dikatakan dewasa.

4. Tahu Salah dan Benar
Kedewasaan diri membawa seseorang untuk dapat memahami mana yang salah dan mana yang benar bukan benar salah menurut diri sendiri melainkan benar dan salah menurut aturan dan menurut banyak orang.
Jika seseorang masih memaksakan diri dengan benar salah menurut diri sendiri maka itu bekum dewasa GanSis.

5. Tahu Waktu
Maksut dari tahu waktu disini adalah mengetahui waktu kapan harus mengalah, kapan harus memperjuangkan pendapat, mempertimbangkan banyak hal dalam mengambil keputusan agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain dan masih banyak lagi definisi tahu waktu dan keadaan.

[URL=https://m.liputan6.com/amp/3088394/minim-air-bersih-di-brebes-airS E N S O Rberan-jadi-andalan]sumber gambar[/URL]

Itulah GanSis beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat dari seseorang yang telah memiliki kedewasaan diri dalam pemikiran, mental, emosi, dan perasaan.

Apakah Agan dan Sista sudah dapat dikatakan dewasa?
Pastinya hanya Agan dan Sista sendiri yang dapat menilai diri sendiri.

Mudah-mudahan thread ini dapat menjadi acuan untuk menjadi lebih baik, dan terima kasih telah singgah sampai jumpa di thread ane yang lain.




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, [URL=https://m.tribunnews.com/amp/metropolitan/2020/11/03/cerita-deny-petugas-pembersih-saluran-air-di-bekasi-tak-peduli-bauS E N S O Rberan-yang-penting-halal]2[/URL], [URL=https://amp.suara.com/tag/airS E N S O Rberan]3[/URL]
cheria021
delfatesting260
delfatesting260 dan cheria021 memberi reputasi
2
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.