volcom77Avatar border
TS
volcom77
Monash University Kampus Asing Pertama di Indonesia Resmi Dibuka

Foto: Monash University Indonesia

Jakarta - Monash University Indonesia kampus asing pertama di Indonesia resmi beroperasi Senin (4/10/2021). Kampus Monash University Indonesia berlokasi di Green Office Park 9, Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan.

Perkuliahan awal difokuskan pada empat jurusan di program pascasarjana yaitu Sains Data (Data Science), Kebijakan Publik (Public Policy), Desain Perkotaan (Urban Design) dan Inovasi Bisnis (Business Innovation).

Rektor Monash University Indonesia Andrew MacIntyre mengatakan kehadiran fisik kampus Monash di Indonesia merupakan komitmen untuk Indonesia dan wilayah Asia secara umum.

"Visi bersama antara Monash University dan Pemerintah Indonesia adalah menciptakan berbagai pengetahuan yang dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia," ujar MacIntyre dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/10/2021).

Monash University Indonesia direncanakan mampu menerima 2.000 mahasiswa setiap tahunnya dan sudah mulai menerima aplikasi mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022

Monash University Indonesia menawarkan program kuliah bergelar Master dan PhD, bersamaan dengan berbagai program eksekutif dan mikro-kredensial yang ditujukan untuk sektor tertentu.

Sebelum di Indonesia, Monash University sudah beroperasi di Malaysia sejak tahun 1998 dengan lebih dari 8.000 mahasiswa.

Chief Operation Officer (COO) Monash University Indonesia Tantia Dian Permata Indah mengatakan reputasi Monash Universitas yang unggul diharapkan dapat memperkuat hubungan riset dan pendidikan antara Australia dan Asia.

"Hari ini menjadi sangat penting bagi Monash University dan para mahasiswa yang kini memiliki akses terhadap pendidikan pascasarjana kelas dunia di kampus Indonesia," ujarnya.

"Selain itu seluruh ekosistem yang terdiri dari industri, akademisi, pemerintah, dan alumni akan bahu membahu untuk menciptakan dampak yang istimewa dalam proses pembangunan Indonesia."

Tantia juga mengungkapkan sebagai kampus asing pertama yang beroperasi di Indonesia, Monash University Indonesia akan mendorong kolaborasi riset dan kemitraan dengan komunitas akademisi, menghadirkan program pengembangan profesional lanjutan untuk para mahasiswa pascasarjana dan menciptakan berbagai peluang kemitraan komersial untuk industri.

Peresmian Monash University ini juga disambut oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim.

"Saya senang melihat Monash University yang mulai beroperasi sebagai universitas asing pertama di Indonesia. Saya menantikan kontribusinya di bidang akademik serta lulusannya untuk memajukan bangsa," Ujar Nadiem.



Spoiler for (𝗧 𝗦):
viniest
agusrezapratam4
anameo96
anameo96 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
11K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.