• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beri Nama Anaknya Sampai 19 Kata. Bapak ini Kesulitan Urus Akta Kelahiran

mataduniawiAvatar border
TS
mataduniawi
Beri Nama Anaknya Sampai 19 Kata. Bapak ini Kesulitan Urus Akta Kelahiran
Umum terdengar oleh kita bahwa nama merupakan doa-harapan dari orang tua kepada anaknya. Sehingga membuat nama anak tidak dilakukan dengan sembarangan atau asal jadi, perlu melakukan pencarian inspirasi dulu, baik dengan searching di internet, minta saran orang-orang terdekat, bahkan ada pula yang sampai rela keluar uang untuk membeli buku referensi nama-nama bayi.

Menurut pengamatan TS, nama orang dari tahun ke tahun beriring bergantinya generasi makin ikut panjang. Di generasi orang tua dan generasi kakek nenek di kampung TS banyak yang hanya punya nama satu kata saja termasuk nama ayah TS. Seperti: Bakmat, Tipani, Zulaikah, Efendy, Ghozali, Roqaya, Ridwan, Yatiman, Resno, Juandi, Prepto, Warsito, Yukijat, Sangkut, dll. Semua nama yang disebutkan ini masih merupakan keluarga dekat TS. Dulu waktu kakek masih hidup, TS pernah nanya mengapa kasih nama ayahku singkat satu kata doang. Kata beliau dulu hidup susah, anak lahir malah pusing, nambah biaya jelasnya, jadi dikasih nama berdasarkan apa yang terlintas di benak dalam sekejap, ada hal-hal yang lebih utama dipikir daripada mikirin nama anak. 

Nama anak di generasi selanjutnya mulai ada yang panjang, di generasi TS kelahiran 90 tahunan saja sudah ada nama teman yang sampai 7 kata: Mochamat Novralda Sumanti Hasudin Anam Pujakena Putra. Ingat betul gara-gara tu nama teman saat SMA saat ospek tepatnya TS ikut disurut push up karena gak hafal namanya. Dijadikan alasan konyol oleh senior untuk mengerjai kami.

Ternyata eh ternyata di Indonesia ini masih ada anak yang namanya lebih panjang dari teman TS. 

Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta. 

19 kata!
Gan-sis bisa masuk catatan rekor muri kalau bisa hafal ntu nama dalam sekali baca.emoticon-Leh Uga

Gara-gara nama yang kepanjangan ini sejak kelahiran anaknya 6 Januari 2019 sampai sekarang pak Arif Akbar kesulitan untuk mengurus akte kelahiran. Sebab nama tersebut melebihi batas maksimal 50 karakter SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) di Dukcapil Tuban.


Mungkin saking semangatnya mendoakan-berharap yang terbaik jadi nama si anak ikut sepanjang doanya. Kita hormati hak si bapak untuk memberikan yang terbaik pada anaknya sesuai versinya.


Cuma saja kalau TS ya gak bakalan sampai selebay itu kasih nama anak. Toh juga kalau di keseharian anak cuma dipanggil pakai satu kata doang. Parahnya lagi kalau sudah di lingkup pergaulan remaja nama asli suka berubah jadi nama julukan yang aneh-aneh. Jadi ya yang normal-normal sajalah. Kalau berlebihan malah nanti jadi merepotkan diri sendiri dan si anak di kemudian hari.

Hal-hal merepotkan lainnya selain sulit urus akte kelahiran jika punya nama sampai 19 kata adalah namanya kemungkinan gak muat untuk masuk ke KTP, KK, kartu BPJS, kartu mahasiswa, kartu NPWP, dll. Kecuali namanya disingkat, ukuran font dikecilkan, atau ukuran kartu atau kertasnya yang dibikin lebih lebar. Opsi yang terakhir kayaknya gak mungkin. Tahu sendiri berurusan dengan birokrasi kayak mana.
 emoticon-Ngakak


Ada yang mau menambahkan?

Sumber1
sumber2
keenan09
EriksaRizkiM
jiresh
jiresh dan 35 lainnya memberi reputasi
30
19.7K
359
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.