Food & Travel
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61584f117f23522eea348faf/3-jajanan-jadul-yang-unik-karena-memakai-nama-ayu
Pas banget nih, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang makanan ada sejak jaman dulu. Meskipun 'jadul' tapi tetap eksis sampai saat ini lho. Artinya makanan/jajanan tetap disukai dan istimewa sebab tak kalah pamornya dengan makanan yang lebih kekinian.
Lapor Hansip
02-10-2021 19:22

3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!

icon-verified-thread

3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu! sumber

Hai, Gansist!
Wah, udah mulai week end lagi. Kira-kira mau jalan kemana nih, tentunya untuk refreshing dan berburu kuliner.

Pas banget nih, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang makanan ada sejak jaman dulu. Meskipun 'jadul' tapi tetap eksis sampai saat ini lho. Artinya makanan/jajanan tetap disukai dan istimewa sebab tak kalah pamornya dengan makanan yang lebih kekinian.

Langsung saja yuk, kita menuju thread aku yang berjudul, 3 Jajanan Jadul yang Unik Sebab Memakai Nama Ayu!

1. Dawet Ayu
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu! sumber

Dawet ayu ini minuman segar yang terkenal dari Banjarnegara, Jawa tengah. Minuman yang berbahan dari tepung tapioka yang disebut dengan cendol, air santan, lalu dicampur dengan gula aren. Dawet ayu ditambah es batu, cocok sekali dinikmati saat cuaca sedang terik

Kenapa dinamakan dawet ayu, apakah penjualnya ayu/cantik? Memang, menurut cerita yang berkembang dari turun temurun, dinamakan dawet ayu karena dulu pernah ada seorang penjual dawet yang terkenal dan memiliki paras cantik. Sehingga sampai saat ini dinamakan dawet ayu.

2. Putu Ayu
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu! sumber

Putu ayu, makanan yang terbuat dari tepung terigu diberi parutan kelapa agak tua, gula serta diberi warna hijau. Dimasaknya dengan cara dikukus. Dari warna hijau yang cerah sehingga terlihat cantik maka dari itu nama makanan ini disebut putu ayu.
Apakah makanan ini berasal dari Bali, karena memakai kata putu, entahlah. Putu kalau dibahasakan ke dalam bahasa Jawa, artinya cucu. Putu ayu artinya cucu yang cantik.

3. Thiwul Ayu
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu! sumber

Thiwul makanan khas dari Gunungkidul ini sangat ikonik. Gunungkidul daerah yang kering dan berbatu. Singkong menjadi tanaman yang mampu tumbuh dengan baik sehingga banyak olahan makanan yang dikreasikan dari singkong, salah satunya thiwul.

Thiwul berbahan baku dari tepung singkong yang dicampur/diuleni dengan kelapa agak tua kemudian dikukus. Setelah mateng lalu diberi cairan dari gula Jawa. Saat ini thiwul mulai dimodifikasi toping yang kekinian, bukan hanya cairan gula merah. Ada yang diberi taburan messes ataupun diberi parutan keju. Maka dari itu ada yang menamai menjadi thiwul ayu.

Nah, tadi Gansist 3 jajanan jadul yang memiliki nama ayu di belakangnya. Jika Gansist mencoba ketiganya kira-kira manakah yang paling enak? Atau malah Gansist ada yang belum pernah mencicipi!?

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat. Jolali cendol segar, rate lima, juga komentarnya. Atas atensinya aku ucapkan terima kasih.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Referensi: sumber ide
Narasi: opini pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
cooking--resto-guide
Cooking & Resto Guide
3K Anggota • 7K Threads
Halaman 2 dari 2
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
03-10-2021 23:37
Es gabus
Udah puluhan tahun ga makan
emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
03-10-2021 23:47
Lupis ayu. emoticon-Malu
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 02:51
Cuma kenal putu ayu, udah paling favorit itu dari jaman ane masih bocah emoticon-Malu
profile-picture
vermilionx memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 03:49
Jajanan gada yang ganteng ya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 04:20
Quote:Original Posted By gikogaza
Es gabus
Udah puluhan tahun ga makan
emoticon-Ngacir

Sdh g ada yg jual breemoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By lupis.manis
Lupis ayu. emoticon-Malu

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 05:12
Mash ada namanya jenang ayu....tempat saya juga termasuk jajanan jadul....walau sekarang tetap masih ada.kalau jenang ayu wananya coklat tua....
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 06:21
Putu ayu enak banges sihh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 06:31
Putu ayu kedoyanan ane gurih emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 06:34
Waaa ht cieee om del sukanya yg ayu ayu hahaha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 07:40
putu ayu kesukaan gw,
sering beli waktu kecil
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 10:37
Izin nyimak dulu hu🙏🏼
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 11:17
klo mudik lewat jalur selatan sering ketemu tuh pinggir jalan jualan dawet ayu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
04-10-2021 14:49
putu ayu saya suka. deket rumah harganya seribu. haha.. buat temen minum kopi.
0 0
0
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
05-10-2021 10:39
Suka putu ayuemoticon-Ultah
0 0
0
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
06-10-2021 17:04
Wah, enak Mas Dalle
Sing beli yo ayu ayu pisan
0 0
0
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
13-10-2021 10:14
https://www.putrafarmayogyakarta.co....n-tradisional/


Jajanan tradisional naik kelas! Intip modifikasinya dengan wajah baru berikut ini yuk!
0 0
0
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!
18-10-2021 16:31
Ngeliat gambar dawet ayu jadi kepengennnnn
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia