dalledalminto
TS
dalledalminto
3 Jajanan Jadul yang Unik Karena Memakai Nama Ayu!

sumber

Hai, Gansist!
Wah, udah mulai week end lagi. Kira-kira mau jalan kemana nih, tentunya untuk refreshing dan berburu kuliner.

Pas banget nih, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang makanan ada sejak jaman dulu. Meskipun 'jadul' tapi tetap eksis sampai saat ini lho. Artinya makanan/jajanan tetap disukai dan istimewa sebab tak kalah pamornya dengan makanan yang lebih kekinian.

Langsung saja yuk, kita menuju thread aku yang berjudul, 3 Jajanan Jadul yang Unik Sebab Memakai Nama Ayu!

1. Dawet Ayu
sumber

Dawet ayu ini minuman segar yang terkenal dari Banjarnegara, Jawa tengah. Minuman yang berbahan dari tepung tapioka yang disebut dengan cendol, air santan, lalu dicampur dengan gula aren. Dawet ayu ditambah es batu, cocok sekali dinikmati saat cuaca sedang terik

Kenapa dinamakan dawet ayu, apakah penjualnya ayu/cantik? Memang, menurut cerita yang berkembang dari turun temurun, dinamakan dawet ayu karena dulu pernah ada seorang penjual dawet yang terkenal dan memiliki paras cantik. Sehingga sampai saat ini dinamakan dawet ayu.

2. Putu Ayu
sumber

Putu ayu, makanan yang terbuat dari tepung terigu diberi parutan kelapa agak tua, gula serta diberi warna hijau. Dimasaknya dengan cara dikukus. Dari warna hijau yang cerah sehingga terlihat cantik maka dari itu nama makanan ini disebut putu ayu.
Apakah makanan ini berasal dari Bali, karena memakai kata putu, entahlah. Putu kalau dibahasakan ke dalam bahasa Jawa, artinya cucu. Putu ayu artinya cucu yang cantik.

3. Thiwul Ayu
sumber

Thiwul makanan khas dari Gunungkidul ini sangat ikonik. Gunungkidul daerah yang kering dan berbatu. Singkong menjadi tanaman yang mampu tumbuh dengan baik sehingga banyak olahan makanan yang dikreasikan dari singkong, salah satunya thiwul.

Thiwul berbahan baku dari tepung singkong yang dicampur/diuleni dengan kelapa agak tua kemudian dikukus. Setelah mateng lalu diberi cairan dari gula Jawa. Saat ini thiwul mulai dimodifikasi toping yang kekinian, bukan hanya cairan gula merah. Ada yang diberi taburan messes ataupun diberi parutan keju. Maka dari itu ada yang menamai menjadi thiwul ayu.

Nah, tadi Gansist 3 jajanan jadul yang memiliki nama ayu di belakangnya. Jika Gansist mencoba ketiganya kira-kira manakah yang paling enak? Atau malah Gansist ada yang belum pernah mencicipi!?

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat. Jolali cendol segar, rate lima, juga komentarnya. Atas atensinya aku ucapkan terima kasih.
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Referensi: sumber ide
Narasi: opini pribadi

Rainbow555alizazetcheria021
cheria021 dan 26 lainnya memberi reputasi
25
5.4K
84
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.