• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hati-hati Saat Korek Kuping dengan Cotton Bud, Tanpa Disadari Bisa Menyebabkan Bahaya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hati-hati Saat Korek Kuping dengan Cotton Bud, Tanpa Disadari Bisa Menyebabkan Bahaya
Pernah korek-korek bersihkan kuping dengan cotton bud?
Hati-hati dokter tidak menyarankan karena dapat berbahaya.


Telinga merasa tidak nyaman karena terdapat kotoran biasanya membuat seseorang segera mengambil cotton bud untuk membersihkannya. Sama halnya dengan ane, saat telinga merasa tidak nyaman atau sedikit agak budeg atau tuli maka cotton bud barang yang pertama ane cari.

Tapi setelah tetangga ane mengalami kejadian yang cukup mengerikan yaitu kapas dari cotton bud terlepas di dalam telinga dan harus dibawa ke dokter karena tidak dapat diambil sendiri, ane pun merasa sedikit agak ngeri dan lebih berhati-hati saat membersihkan telinga.

Usut punya usut ternyata membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud memang tidak dianjurkan oleh dokter GanSis. Sebab dapat menjadi alasan telinga menjadi tuli sementara atau permanen.




Alih-alih ingin membersihkan telinga dengan korek telinga ternyata cotton sendiri bukan merupakan alat yang direkomendasikan oleh dokter untuk membersihkan telinga GanSis.

Cotton bud yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga tidak sepenuhnya membersihkan kotoran tapi mapah mendorong kotoran masuk ke dalam telinga dan membuat kotoran tersebut semakin membatu di dalam telinga.

Penjelasan tersebut ane dapatkan dari melihat sebuah video singkat unggahan dari warganet yang mengalami kejadian tidak mengenakan karena membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud GanSis.

Seorang pemuda berbagi cerita bahwa telinganya menjadi tuli setelah mengorek telinga menggunakan cotton bud dan mengalami demam.

Setelah dibawa ke dokter THT ternyata cotton bud tersebut melukai bagian dalam telinga dan membuatnya infeksi. Selain itu telinganya juga terdapat kotoran yang menbatu bertahun-tahun dan tidak dikeluarkan malah masuk karena terdorong cotton bud.

Berikut ini kisah pemuda tersebut yang dapat kita ambil pelajaran baiknya GanSis.


Spoiler for Kisah Nyata:


Pemuda di dalam video harus datang ke dokter THT untuk menyembuhkan keluhannya, dan akhirnya dokter mengambil tindakan untuk mencairkan dan mencongkel kotoran telinga tersebut agar tidak menghalangi pendengaran.

Lantas bagaimana caranya untuk membersihkan telinga tanpa menggunakan cotton bud?

Pastinya dengan datang langsung ke dokter THT GanSis, dijamin lebih aman karena dapat ditangani sebagaimana seharusnya.

Adapun masa membersihkan telinga ke dokter THT itu adalah 6 bulan sekali. Sebelum waktu 6 bulan maka kotoran telinga dapat bersih sendiri ketika mandi atau berjemur, karena kotoran telinga berasal dari kelenjar keringat yang mengering.




Bagaimana GanSis sudah paham dengan bahaya dan cara pencegahannya?
Tetap berhati-hati dan selalu waspada saat menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, jangan sampai GanSis menjadi tuli karena gendang telinga lecet atau infeksi.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.


sumber gambar

Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & video
1, 2, 3
Diubah oleh masnukho 01-10-2021 03:57
nyonyo2
hoppx
darmawati040
darmawati040 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.5K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.