dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Mengenal Favela, Permungkiman Kurang Tertata di Brazil.


Hello GanSis selamat beraktivitas, bagi yang sudah bekerja seperti biasa semangat ya GanSis, bagi yang belum vaksin dan yang ga bisa vaksin tetap jaga kesehatan dan keluarga ya, karena memang Pandemi belum berubah statusnya menjadi epidemi di Indonesia. Tapi semoga virus ini lekas selesai dan kita bisa kembali hidup normal. Kali ini kreator ingin berbagi pengetahuan baru, yang harapannya sih bisa nambah wawasan GanSis yang membaca sama kreator juga sebagai penulis thread ini.

Kali ini masih datangnya dari salah satu negara di Amerika Selatan yakni Brazil. Buat GanSis yang suka menonton film-film Hollywood yang ada tema mengenai negeri samba atau Brazil ini pasti sudah tidak asing sama daerah "kurang tertata" di kota-kota di Brazil?. Daerah yang kurang tertata ini biasanya di sebut dengan Favela dan kali ini kreator akan bahas bagaimana sejarah Favela ini dan bagaimana pemungkiman ini bisa eksis di negari yang penuh gemerlap carnaval ini.


Sumber Gambar

Sebenarnya daerah Favela baru muncul di abad ke-19 tepatnya favela pertama muncul di wilayah Providencia, Kota Rio de Jeneiro pada tahun 1897. Ketika saat itu tentara Brazil yang membantu memenangkan Perang Sipil Brazil tahun 1895-1897 dijanjikan tanah oleh Pemerintah Brazil jika memenangkan Perang Sipil namun ternyata apa yang dijanjikan pemerintah Brazil tak kunjung ditepati dan terealisasi. Akibatnya, para veteran perang ini lalu mulai menginvasi satu daerah yang bernama Providencia dan menetap disana. Pemerintah Brazil pun tidak mengambil tindakan karena kadung sudah berjanji akan memberikan tanah sehingga wilayah itu diberikan secara cuma-cuma kepada mereka, hanya saja pemerintah Brazil tidak memberi banyak bantuan ke sana sehingga orang-orang di Providencia untuk memenuhi kebutuhan (listril, air dan lain-lain) perlu berhubungan dengan pihak swasta, dan dari sinilah menjadi cikal bakal mulainya Favela (pemungkiman tidak tertata) di Brazil.


Sumber Gambar

Namun, Favela ini tidak cuma ada di Rio de Jeneiro saja GanSis, ketika tahun 1950-an, ekonomi Brazil sedang bagus-bagusnya sehingga menarik banyak orang dari desa pindah ke kota. Namun karena mereka tidak punya tempat tinggal yang terjangkau akhirnya muncullah pemungkiman liar (Favela) lainnya di kota besar di Brazil lainnya dan ini juga menjadi masalah serius karena di daerah ini sering terjadi kriminalitas yang tinggi dan lingkungan hidup yang kurang terawat (banyak sampah dibiarkan berserakan. susah mendapatkan air dan listri dan sebagainya). Selain itu wilayah-wilayah inipun tidak mendapat bantuan apapun dari pemerintah Brazil, terkesan pemerintah Brazil tutup mata akan fenomena yang mucul akibat harapan orang-orang desa di Brazil untuk mendapat pekerjaan dikota namun pada akhirnya harus menelan pil pahit dengan tidak tersedianya tempat tinggal untuk mereka.

Namun perlahan wilayah favela ini mendapat perhatian dari pemerintah Brazi pada tahun 1980-an karena sempat terjadi wabah penyakit dibanyak wilayah Favela. Karena hal ini, akhirnya pemerintah Brazil ikut campur dan turut serta membangun dan memperbaiki wilayah Favela dan menaruh banyak polisi di favela dan di wilayah rawan sehingga sekarang banyak wilayah Favela di Brazil menjadi lebih aman untuk dikunjungi dan sanitasinyapun juga sudah mulai terjaga. Bahkan beberapa Favela di Rio de Jeneiro dan Sao Paolo menjadi destinasi wisata bagi para turis yang berkunjung ke Brazil.


Sumber Gambar

Nah GanSis sebenarnya masalah Favela di Brazil juga terjadi dibeberapa negara tidak menutup kemungkinan di Indonesia. Bahkan kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya daerah pemungkiman penduduk yang liar di samping aliran sungai juga dapat kita temui. Mungkin juga hal ini bisa menjadi pelajaran bagi pemerintah Indonesia untuk menata lingkungan kumuh atau bisa dibilang Favela di kota-kota besar di Indonesia. Apapun keputusan dan berkembangan suatu kota pasti tidak lepas akan adanya permasalahan baru yang muncul. Namun dari Brazil ini kita bisa belajar bagaimana penataan bangunan liar atau pemungkiman liar bisa mendatangkan pundi-pundi uang melalui wisata yang bisa dijual bagaimana kehidupan pinggiran kita-kota di Brazil yang terkenal gemerlap akan carnaval.

Baiklah sekian thread kreator atau TS kali ini semoga bermanfaat dan semoga GanSis yang membaca bisa mendapat gambaran bahwa negara yang terkenal dengan pantai yang indah dan ikon yang terkenal yakni Christ reedemer ini mempunyai permasalah penduduk yang sama seperti Indonesia.

Sekali lagi kreator ucapin terimakasih untuk GanSis yang sudah membaca thread kreator dan semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita ya GanSis.



Spoiler for Sumber dan referensi:



RyuDan2255
makola
sintara85
sintara85 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.