si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Si Kakek Tua Kembali Berulah, Rusia Mengutus Tiga Su-35 Untuk Mencegatnya
Bicara soal pesawat pengebom strategis milik Rusia dan AS memang cukup menarik, terkadang pesawat tersebut diterbangkan dekat menuju wilayah masing-masing untuk keperluan psy war. Baik Rusia dan AS masing-masing sudah sering kali menerbangkan pesawat bombernya ke wilayah perbatasan, biasanya jika ada pesawat bomber yang terdeteksi maka beberapa pesawat tempur akan dikirim untuk mencegat dan menggiringnya keluar wilayah perbatasan.

Mengutip laporan The Scottish Sundilaporkan bahwa, pesawat bomber B-52H Stratofortress telah terdeteksi radar milik Rusia di sekitar wilayah Samudra Pasifik pada hari Minggu (26/09/2021). Pusat kendali pertahanan nasional Rusia mengatakan bahwa, B-52H terdeteksi oleh pasukan militer di wilayah timur Rusia.

“Untuk mengklasifikasikan dan mengawal pesawat asing, tiga pesawat tempur Su-35 dari angkatan pertahanan udara distrik militer timur diterbangkan ke udara,” kata para pejabat tersebut, seperti dilaporkan media pemerintah RIA Novosti. Pejabat militer tersebut menambahkan bahwa, pesawat milik Angkatan Udara AS kemudian menjauh dari perbatasan Rusia dan tiga pesawat tempur Su-35 kembali ke pangkalan mereka.


Quote:



Dalam pertemuan singkat tersebut tidak ada insiden yang serius, pertemuan antara pesawat bomber dan jet tempur kedua negara memang sering terjadi. Pihak Rusia mengatakan pesawat Rusia kali ini melakukan pencegatan sesuai dengan aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara. Salah satu insiden pencegatan yang masih lekat dalam ingatan adalah insiden serupa tahun lalu di atas Laut Hitam.

Waktu itu pesawat-pesawat tempur Rusia datang dari jarak 100 kaki kemudian mendekati bomber B-52 pada Agustus 2020, aksi itu sempat menyebabkan turbulensi yang membuat pengebom B-52 kesulitan untuk dikendalikan selama aksi pencegatan tersebut yang akan beresiko membuat B-52 jatuh. Namun, sejauh ini tidak ada tuduhan terkait insiden terbaru di Pasifik kali ini.

Su-35 memang menjadi tulang punggung pesawat tempur Rusia saat ini, dibekali 2 mesin Saturn AL-41F1S (117S) pesawat mampu digeber sampai kecepatan maksimun Mach 2.25. Punya 12 cantelan senjata pesawat ini mampu membawa beban senjata sampai 8 ton. Su-35 sendiri dikembangkan dari basis Su-27, dan oleh NATO diberi nama kesayangan Flanker-E. Pesawat tempur ini berdinas bersama Angkatan Udara Rusia sejak tahun 2008 dan termasuk golongan jet tempur Generasi 4,5.

Sementara pesawat bomber yang dicegat Su-35 bisa dibilang berusia sepuh alias sudah tua, pasalnya B-52 pertama kali terbang pada 15 April 1952. Si kakek legend dari AS ini dibekali 8 mesin Turbofan Pratt & Whitney TF33-P-3, mesin ini mampu melesatkan B-52 sampai kecepatan maksimal 958 km/jam. B-52 punya kapasitas muatan maksimum mencapai 31.751 kg, pesawat mampu membawa bom lebih banyak, mulai dari bom termonuklir B61 atau B83 serta bom konvensional Mk.117 atau Mk.83. Meski punya kemampuan menjatuhkan bom nuklir, pada misi yang sesungguhnya B-52 hanya menjatuhkan bom konvensional saja.


Quote:



Demikian sedikit update informasi ringan kali ini dari dunia militer, semoga bisa bermanfaat untuk agan dan sista. Tetap semangat dan jaga kesehatan, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: The Scottish Sun& RIA Novosti
Ilustrasi Foto: RIA Novosti
Diubah oleh si.matamalaikat 28-09-2021 11:41
gabener.edanvolcom77scorpiolama
scorpiolama dan 17 lainnya memberi reputasi
16
7.9K
55
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.