SyifaHerlinaAvatar border
TS
SyifaHerlina
Pesan JK di Tengah Mulai Marak Kriminalisasi Ulama

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyoroti maraknya kasus kriminalisasi terhadap ulama. JK meminta pengurus DMI lebih waspada dan segera melapor ke polisi jika ada hal yang mencurigakan.

Pesan ini disampaikan JK saat mengecam aksi pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar oleh pria inisial KB (22) pada Sabtu (25/9) dini hari pukul 01.30 Wita. JK meminta masyarakat, khususnya warga Makassar, tidak terprovokasi oleh aksi itu.


"Saya selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia mengecam keras tindakan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar yang diperkirakan terjadi pada dini hari tadi. Dan saya berharap kepada masyarakat, terutama Umat Islam di Makassar dan daerah lainnya di Indonesia, agar tidak terprovokasi atas tindakan tersebut. Kita serahkan semuanya kepada kepolisian untuk mengungkap pelaku dan apa motif di balik tindakannya tersebut," ujar JK dalam keterangan tertulis Sabtu (25/9/2021).

JK lalu menyoroti sejumlah penyerangan yang ditujukan kepada ulama dan tokoh agama dalam beberapa waktu terakhir. Dia berharap warga bersama aparat kepolisian segera mengungkap kasus tersebut.

"Saya berharap kepada para pengurus masjid di Indonesia untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwenang jika melihat hal hal yang mencurigakan. Apalagi belakangan ini kriminalisasi kepada ulama mulai marak lagi terjadi," pesan JK.

Berikut beberapa penyerangan terhadap ulama atau tokoh agama yang terjadi belakangan ini;


Ustaz Abu Syahid Chaniago Diserang Saat Ceramah
Ustaz Abu Syahid Chaniago di Kepulauan Riau (Kepri) diserang seorang pria saat mengisi ceramah di Masjid Baitusyakur, Batu Ampar, Batam. Video penyerangan itu juga viral di media sosial.


Dilihat dari video, Senin (20/9/2021), pria yang tidak dikenal tiba-tiba menyerang dari sisi kanan ustaz tersebut. Sementara itu, dalam video lainnya, terlihat pelaku diamankan jemaah.

Saat diamankan warga, pelaku terus melawan. Pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Batu Ampar.

"Iya benar ada penyerangan," ujar Kapolsek Batu Ampar AKP Salahuddin saat dimintai konfirmasi.

Salahuddin mengatakan penyerangan terjadi Senin (20/9) siang sebelum salat Zuhur. Ustaz Chaniago diserang secara tiba-tiba.

"Pelaku sudah diamankan dan langsung dilimpahkan ke Polresta," kata Salahuddin.

Ustaz Aminnur Rasyid Aruan di Labuhanbatu Utara
Ketua MUI Labuhanbatu Utara (Labura) Ustaz Aminnur Rasyid Aruan tewas setelah dibacok Suprianto alias Anto Dogol (35). Tangan Ustaz Aminnur sampai putus.


Peristiwa pembacokan ini terjadi di Gunting Saga, Labura, Selasa (27/7), sekitar pukul 18.00 WIB. Akibat serangan tersebut, tubuh korban terperosok ke dalam parit dalam posisi bersujud. Selain itu, pergelangan tangan korban putus.

"Korban menyampaikan kepada pelaku agar jangan lagi mencuri sawit di kebun miliknya. (Sehari-hari) pelaku ini memang merupakan pegawai dari korban di kebun tersebut," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan kepada wartawan, Selasa (27/7) malam.

Anto Dogol diduga sakit hati karena ditegur Aminnur. Hal itu diduga menjadi pemicu aksi sadis Anto Dogol membacok Aminnur.

Ustaz Zaid di Banda Aceh
Kasus penyerangan terhadap ustaz lainnya menimpa Muhamad Zaid Maulana (36). Dia diserang saat berceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Al-Husna, Aceh Tenggara, Aceh.


Peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/10) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Pelakunya, MA (37), yang merupakan pecatan polisi, menyelinap hingga ada di belakang mimbar tempat Ustaz Zaid berceramah.

Sambil memegang pisau, dia lalu mendekat dan memegang Zaid. Pisau belati yang dibawanya dipakai untuk mencoba membacok leher korban.

Korban berhasil menepis serangan MA. Namun, akibat kejadian itu, korban mengalami luka gores di leher dan luka sayat di jari kelingking sebelah kiri. Darah mengalir akibat sabetan senjata tajam yang dipakai pelaku MA. Sekitar 40 menit setelah kejadian, MA ditangkap di Desa Kandang Mbelang.

Syekh Ali Jaber di Bandar Lampung
Syekh Ali Jaber ditusuk saat sedang mengisi ceramah di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung, Minggu (13/9). Video detik-detik orang tak dikenal itu juga beredar di media sosial.


Dari video itu, Syekh Ali Jaber tampak sedang berada di atas panggung. Mendadak ada seorang pria naik ke atas panggung dan menusuk pendakwah tersebut. Para peserta ceramah langsung histeris.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5740032/pesan-jk-di-tengah-mulai-marak-kriminalisasi-ulama/2


samsol...
petani.syusyu
pilotugal2an541
pilotugal2an541 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.