iskrim
TS
iskrim
Banyak yg Tidak Sadar, Inilah Awal Penyumbang Sampah Di Dunia!


[ HT# 799 ]

Secara sadar diri kita mengenal apa itu sampah dan menjadi pemandangan sehari-hari meskipun sekilas terlihat saja, tetaplah bernama sampah.

Coba kita bandingkan sampah alami dari tumbuhan dan sampah hasil buatan manusia, tentu sampah manusialah yang menjadi penyumbang jumlah sampah di dunia.

Sering menjadi berita bagaimana mencari solusi mengatasi sampah, tapi jika sumbernya saja masih ada bagaimana menghilangkannya? Jangan-jangan hanya untuk kepentingan bisnis saja!

Ada benarnya juga sih untuk kepentingan bisnis. Kepentingan bisnis dan gaya hidup lah sumber petaka kenapa mata air, sungai, sampai lautan ikutan tercemar. Tapi inti dari inti ini menurut saya sumber masalah itu sebenarnya karena adanya; Persaingan hidup manusia itu sendiri.

Inovasi dan teknologi terkini yang terlihat modern, ramah lingkungan, tampil beda sebenarnya adalah sumber awal permasalahan mengapa jadi ada sampah dimana-mana.



Berita yang cukup menimbulkan pertanyaan saya baru-baru ini adalah; Komisi Eropa sedang mengajukan undang-undang baru yang akan memaksa produsen smartphone dan pembuat elektronik menggunakan port pengisian USB-C standard untuk semua perangkat. Yang artinya nanti port smartphone akan memiliki 'colokan' daya yang universal.

Port yang berbeda setiap smartphone membuat perangkat charger dirumah jadi bertambah berantakan, tidak efesien, dan pastinya menambah limbah elektronik. Penyederhanaan satu port ini adalah ide baik, tapi sayangnya dari pihak Apple belum menyetujui dengan alasan akan menghambat inovasi teknologi.



Alasan Apple ada benarnya juga, tapi sepertinya alasan klasik karena teknologi tidak hanya ditemukan dengan satu pintu. Seharusnya temuan yang dianggap baru dan berhasil digunakan anggap saja sudah selesai, lalu merujuk dalam satu pintu lain melakukan secara bersama-sama oleh produsen lain. Duduk bersama-sama menemukan inovasi satu pintu. Tentu akan menghemat riset, biaya, tenaga dan waktu.

Dan keuntungan lain tentu saja konsumen dimudahkan menggunakan port daya secara bersama-sama dari perangkat yang berbeda, limbah sampah bisa diminimalisir bahkan mungkin bisa nol persen sampah (aamiin). Penerapan satu pintu bagi teknologi apapun menurut saya adalah solusi cerdas untuk menghemat dan mengurangi sampah, membuat kompetisi menjadi lebih sehat dan bertanggung jawab.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : shutterstock, gugel 



Diubah oleh iskrim 27-09-2021 23:50
bromocoolAraminaaditmaukemana
aditmaukemana dan 22 lainnya memberi reputasi
23
6.1K
60
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.