telah.ditipuAvatar border
TS
telah.ditipu
Seberapa Relevan Koran Fisik di Masa Kini?



Di era hape dan internet, eksistensi koran fisik bagai mati segan hidup tak mau. Mereka kalah saing dengan situs berita yang lebih cepat dan real time.

Sumber Ilustrasi: dokpri.



Koran fisik dipakai orang untuk membaca kabar. Koran fisik biasanya ditemui di rak meja, beberapa kantor dan tempat cukur.

Dulu sebelum TV ada, koran fisik menjadi sumber informasi banyak orang. Seiring kemajuan alat komunikasi, kejayaan koran fisik ikut menurun.

Quote:


Sekarang orang pegang hape. Kalau mau baca berita tinggal tap. Mereka melihat kabar dengan alat yang lebih praktis, cepat dan murah.

Jumlah situs berita makin banyak. Mereka mengandalkan informasi secara real time. Konten berita yang dulunya berjarak harian, kini tiap menit muncul konten baru.




Koran fisik dulunya dipakai orang untuk mencari informasi berbentuk teks seperti lowongan kerja. Meski kini fungsinya masih tetap, tapi koran fisik terlalu lambat untuk mengikuti kecepatan media lain.

Sumber Ilustrasi: dokpri.



Mereka menyajikan informasi lewat portal internet. Sebagian adalah pemain lama yang sudah berpengalaman sejak era koran fisik. Selain mereka tetap menjual koran fisik, pelan tapi pasti mereka beralih ke situs online.

Sementara sisanya pemain baru. Mereka membuat portal berita online karena melihat peluang bisnis. Pemakaian hape oleh orang milenial menjadi alasannya.

Apalagi ditambah kanal berita yang berupa non-teks. Kabar dan informasi berupa audio seperti siaran podcast juga mempengaruhi penurunan koran fisik. Belum lagi dari berita berupa video seperti TV. Tentu saja ditambah Youtube, yang kalau live news bakal lebih menyedot perhatian pembaca. Jadi koran fisik banyak saingannya.

Quote:


Sumber Referensi:

Opini pribadi
Aramina
emineminna
wisudajuni
wisudajuni dan 24 lainnya memberi reputasi
23
5.9K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen Journalism
icon
12.5KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.