si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Bersiap Hadapi Perang Skala Besar, Rusia Lakukan Simulasi Serangan Nuklir ke Polandia
Kabar terbaru datang dari latihan militer besar-besaran yang dilakukan oleh Rusia dan diberi sandi Zapad 2021, mengutip laporan Defence Blogdikabarkan bahwa, dalam latihan Zapad 2021 Rusia telah melakukan simulasi penembakan senjata nuklir kepada pasukan NATO yang berada di Polandia. Sumber Rusia yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa tujuan utama latihan Zapad 21 adalah untuk mensimulasikan serangan balik jika terjadi perang skala besar dengan AS dan sekutu NATO.

Selama latihan militer tersebut, pasukan Rusia melakukan pengeboman tiruan yang melibatkan tembakan langsung jarak jauh yang presisi. Dalam latihan tersebut sepasang pembom Tu-22M3 mensimulasikan serangan terhadap struktur komando militer Amerika di Polandia, sementara itu unit artileri berkemampuan nuklir juga melakukan latihan tembakan langsung yang realistis.

Dalam latihan tersebut Angkatan Darat Rusia melakukan latihan tembakan langsung dengan sistem artileri 2S7M Malka, sebuah varian yang ditingkatkan dari sistem artileri berat Soviet dengan kaliber 203 mm. Senjata ini memiliki jangkauan tembak 47.000 m, tetapi senjata ini juga dapat diperpanjang jangkauan tembaknya hingga 55.500 m dengan menggunakan Rocket Assisted Projectiles. Misi utama dari senjata ini adalah untuk menembakkan peluru artileri nuklir.


Quote:



Pada 15 September 2021 media Rusia melaporkan bahwa, latihan Zapad 2021 melibatkan hingga 200.000 tentara, 80 pesawat dan helikopter, 760 kendaraan tempur, termasuk 290 tank, 240 sistem artileri dan beberapa peluncur roket dan 15 kapal perang.Upacara pembukaan latihan militer Zapad-2021 telah dilakukan pada hari Jumat (10/9), berlangsung di tempat pelatihan Mulino di wilayah Nizhny Novgorod, Rusia.

Latihan gabungan yang melibatkan Belarus ini diadakan di 9 tempat di Rusia dan 5 tempat di Belarus. Selain Belarus latihan ini juga dihadiri pasukan militer dari Armenia, India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Pakistan dan Sri Lanka. Latihan ini baru saja selesai pada tanggal 16 September lalu.

“Latihan Zapad-2021 menunjukkan bahwa kami memiliki kemampuan untuk membentuk kelompok gabungan besar, merencanakan operasi tempur ke segala arah, menghentikan agresi apa pun dan melakukan serangan tegas untuk menghasilkan efek serius pada musuh mana pun,” Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia Yunus-Bek Yevkurov mengatakan pada upacara penutupan. Dia mengatakan bahwa, selama latihan kelompok gabungan menunjukkan keterampilan yang diperoleh selama satu tahun pelatihan rutin dan interaksi yang erat dalam mengatasi tugas di medan perang.

Sementara itu mengutip laporan The James Town pada latihan Zapad 2021 unit pertahanan udara dan angkatan udara Rusia dan Belarus ditugaskan bersama sebagai bagian dari pusat pelatihan dan pertempuran yang baru-baru ini didirikan di Grodno Oblast, di bagian barat Belarus.

Aset dan kru militer Rusia tiba di Belarus pada akhir Agustus hingga awal September, tepat sebelum latihan Zapad 2021, yang secara resmi berlangsung dari 10 hingga 16 September. Pada tanggal 9 September, unit gabungan berpartisipasi dalam acara seremonial untuk mengambil tugas tempur guna bersama-sama melindungi wilayah udara Belarus dan Rusia.


Quote:



Menurut Kementerian Pertahanan Belarus, tujuan dari dibentuknya Pusat Pelatihan dan Tempur Pertahanan Udara dan Angkatan Udara adalah untuk meningkatkan pengajaran profesional dan mempelajari jenis peralatan baru yang dalam waktu dekat dapat digunakan di militer Belarus. Selain itu, pusat pelatihan itu akan meningkatkan keterampilan praktis personel dari Angkatan Bersenjata Belarus dan Angkatan Udara Rusia.

Rusia mulai mengirim komponen pertahanan udara dan angkatan udara untuk fasilitas pelatiga ini pada tanggal 28 Agustus, kereta pertama yang memuat peralatan dan awak militer Rusia. termasuk radar multifungsi, kendaraan komando dan kontrol, dan setidaknya dua peluncur rudal permukaan-ke-udara (SAM) S-400 tiba di Grodno, Belarus. Kemudian pada tanggal 8 September, setidaknya empat Su-30SM mendarat di 61st Fighter Air Base di Baranovichi, di mana mereka akan tinggal untuk melakukan pelatihan bersama dan misi tugas tempur.

Sementara itu sumber media Rusia yang lain mengklaim bahwa, unit S-400 yang dibawa ke Belarus akan segera ditempatkan di wilayah yang berdekatan dengan situs S-300, di Grodno Oblast. Pejabat militer Belarusia telah berhati-hati untuk tidak membocorkan rincian tentang masalah ini. Tetapi jika lokasi yang dilaporkan berbagai media Rusia itu akurat, itu berarti sistem perthahanan udara S-400 Rusia akan ditempatkan hanya empat kilometer dari perbatasan Polandia.

Latihan Zapad 2021 yang dilakukan Rusia dan sekutunya menunjukkan bahwa negara tersebut sudah benar-benar siap untuk berperang, selain itu Zapad 2021 menunjukkan bahwa Rusia bersama sekutunya punya hubungan yang lebih baik daripada rivalnya. Di lain sisi, hubungan AS dengan salah satu sekutunya yakni Prancis sedang mendidih. AS berhasil membujuk Australia guna membentuk pakta AUKUS guna membangun kapal selam nuklir bersama, padahal sebelumnya Australia sudah setuju untuk membuat kapal selam bersama Prancis. Alhasil Prancis pun merasa sangat dirugikan akibat hal tersebut.

Kini hubungan AS dan Prancis masih juga belum membaik, sementara di kubu satunya hubungan antar sekutu semakin solid dan bahkan sudah bersiap untuk menghadapi kemungkinan pecahnya konflik antara Barat dan Timur. China kini semakin agresif, Rusia dan sekutunya semakin solid, lalu bagaimana cara Paman Sam menghadapi berbagai ancaman tersebut ?


Quote:




Demikian sedikit informasi yang bisa TS sampaikan pada kesempatan kali ini, tetap semangat dan jaga kesehatan. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer





Referensi Tulisan: 1.2.3
Ilustrasi Foto: Google Image
AraminaEriksaRizkiMsuteragordyn
suteragordyn dan 38 lainnya memberi reputasi
37
9.4K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.