qoni77
TS
qoni77
Semangat Hidupmu Padam, Coba Lakukan Ini Yuk!
pict






Seperti menaiki sebuah roller coaster, kadang dalam hidup seseorang merasa jatuh-sejatuh-atuhya. Hingga dia merasa kehilangan semangat hidup, maka padamlah api semangat hidunya. Lantas bagaimana menyikapi semangat hidup yang padam itu?



Adalah tersenyum sebuah cara yang merupakan pilihan dan bisa diambil oleh seseorang yang mengalami semangat hidup yang padam.



Kadang orang menganggap tersenyum adalah hal yang hanya lazim dilakukan untuk merespon sesuatu yang menggembirakan atau membuatnya tertawa, meski pendapat ini benar, namun poin penting dalam tersenyum ternyata bisa dilakukan secara sengaja atau di sengajakan lho. Terlebih untuk orang yang sedang mengalami semangat hidup yang padam seperti judul yang Ane buat di atas.



Singkatnya tak peduli bahwa senyum seseorang itu asli atau palsu. Senyum disinyalir dapat memengaruhi alam pikiran juga mempengaruhi tubuh dan akan menimbulkan energi positif yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, baik memperbaiki suasana hati, hingga untuk memberikan energi positif bagi bagi orang-orang yang berada di sekitar.


Kalau kamu masih ragu untuk tersenyum, maka cobalah berpikir sekali lagi. Berikut akan Ane sertakan manfaat tersenyum berdasarkan sebuah sumber yang terpercaya:


1. Senyum Membantu Kamu Hidup Lebih Lama


pict


Seseorang yang membiasakan diri untuk tersenyum, meskipun dalam keadaan terjatuh sekalipun itu baik. Menurut penelitian senyuman akan mampu memanjangkan umur. Suatu studi pada tahun 2010 menemukan bahwa senyum yang tulus dan instens dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.



2. Tersenyum Dapat Meredakan Stress

2


Tersenyum tidak hanya membantu mencegah seseorang dari terlihat; lelah, lesu, dan kualahan dalam menghadapi suatu masalah. Namun lebih daripada itu tersenyum juga dapat mengurangi stres. Gansist bisa percaya atau tidak, karena tersenyum memang tepat secara faktual dapat mengurangi tingkat stress pada seseorang.


Lain kali jika Gansist tidak ingin tersenyum, maka berpura-puralah tersenyum– tidak tulus, maka stress kamu pun akan berkurang. Saat kamu mengalami masalah, coba luangkan waktu untuk tersenyum dan kamu akan melihat orang-orang di sekitarmu turut menuai manfaat dari sikapmu yang tersenyum tersebut.



3. Senyum Meningkatkan Mood


Lalu kali saat kamu merasa sedih, tetap berusahalah sekuat tenaga untuk tersenyum. Maka kemungkinan besar suasana hatimu akan berubah menjadi lebih baik. Tindakan tersenyum ini sebenarnya mengaktifkan jalur di otak yang memengaruhi keadaan emosi seseorang dan diartikan sebagai mengadopsi ekspresi wajah yang bahagia lho.


Tindakanmu tersenyum tersebut adalah menipu pikiranmu sendiri, untuk memasuki keadaan bahagia. Tentu hal ini berlaku apakah senyum kamu itu hanya palsu, ataupun tulus. Karena yang jelas kamu telah berusaha untuk mempengaruhi dan mengontrol dirimu sendiri.



4. Senyum Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan loh. Yaitu membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara lebih efektif. Saat seseorang tersenyum fungsi kekebalan tubuhnya akan meningkat, karena berkat pelepasan neurotransmiter tertentu sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks.


5. Tersenyum Dapat Menurunkan Tekanan Darah


Tersenyum atau secara meriahnya adalah tertawa. Secara khusus akan menurunkan tekanan darah. Masalah dapat menyebabkan peningkatan awal pada detak jantung dan pernafasan, sementara tersenyum telah terbukti menurunkan detak jantung seseorang dalam menghadapi stres.



6. Tersenyum Dapat Mengurangi Rasa Sakit


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tersenyum melepaskan hormon endorfin atau bisa dikatakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan juga serotonin secara bersama-sama. Hormon ini membuat seseorang merasa lebih nyaman dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hal ini tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga membuat tubuh rileks dan mengurangi rasa sakit. Wah, ternyata tersenyum adalah obat alami.emoticon-Smilie





7. Tersenyum Dapat Membuat Kamu Menarik


Biar bagaimanapun orang akan lebih menyukai ekspresi wajah yang tersenyum daripada ekspresi negatif seperti; cemberut, meringis, dan ekspresi-ekspresi yang lainnya.


Otot-otot yang dipergunakan saat tersenyum terbentuk di wajah, maka akan membantu mengangkat wajah membuat seseorang tampak lebih muda. Sesekali kamu bisa mencoba tersenyum sepanjang hari dengan alasan untuk mensyukuri apa yang telah kamu miliki. Sejurus kemudian kamu akan melihat dirimu lebih muda dan merasa lebih baik.



8. Tersenyum Menunjukkan Kesuksesan


Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tersenyum secara teratur tampak lebih percaya diri. Oleh karenanya lebih mungkin untuk dipromosikan dan lebih mungkin untuk didekati.



9. Tersenyum Membuat Kamu Selalu Berpikir Positif




Jika kamu meragukan poin terakhir ini, cobalah kamu tersenyum dan memikirkan sesuatu yang negatif, tanpa kehilangan senyumanmu. Bukankah itu sangat sulit?



3


Quote:


Setelah kamu membaca manfaat tersenyum yang bisa datang secara alami atau juga dipaksakan, apa pilihanmu? Karena senyum itu adalah pilihan. Yaitu pilihan orang yang berani tersenyum.



Maka manfaat dari tersenyum secara keseluruhan adalah hidup akan lebih sehat, bahagia, ketika kamu mau tersenyum dan keajaiban pun terjadi. Hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh, ketika seringai murahan bernama tersenyum itu kamu lakukan.



Hormon endorfin ini juga diproduksi saat seseorang telah melakukan olahraga. Namun hanya dengan tersenyum dan kamu tidak menggerakkan tubuh yang lain, kamu juga menghasilkan hormon endofrin ini. Maka jangan ragu untuk tersenyum.emoticon-Smilie







Berpura-puralah tersenyum sampai kamu berhasil. Tidak masalah jika kamu masih berpura-pura dalam tersenyum. Namun kamu telah berusaha untuk berbuat baik pada dirimu sendiri. Siapa yang akan mencintaimu, jika kamu tidak memulainya yaitu mencintai dirimu sendiri?



Akhirnya Ane berterima kasih karena kamu membaca thread Ane. See you next thread. Selalu bahagia dan tetap tersenyum.emoticon-Smilie




Ditulis oleh @qoni77
Sumber: 1, 2
Diubah oleh qoni77 14-09-2021 07:09
makolaningkaassessment.id
assessment.id dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.7K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.