ageekuser
TS
ageekuser
Cara Mengingat Isi Buku yang Kita Baca!
Spoiler for No Repost:


Halo gan sis,
Kalian pernah ga sih baca & keesokan harinya sudah lupa? emoticon-Big GrinPasti kebanyakan dari kita sering mengalaminyaemoticon-Embarrassment. Psikolog menyebut fenomena ini sebagai "Forgetting Curve."  Ini adalah rumus matematika yang menggambarkan tingkat di mana informasi akan dilupakan setelah awalnya dipelajari. 


Penelitian menunjukkan manusia melupakan sekitar 50 persen dari apa yang mereka pelajari dalam satu jam, dan rata-rata 70 persen dalam 24 jam 

Spoiler for Forgetting Curve:




Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan kita untuk berkonsentrasi berkurang antara 10 hingga 40 menit.Jika kita menghabiskan waktu lebih lama untuk tugas tertentu, kita tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal karena pikiran kita akan mulai mengembara. 


Gunakan teknik berikut untuk membaca & mengingat!
Spoiler for Podomoro Technique:


Podomoro Technique

Metode produktivitas ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo berdasarkan gagasan bahwa waktu optimal untuk suatu tugas adalah 25 menit, diikuti dengan istirahat 5 menit.

Manfaat dari metode ini adalah Kamu lebih memungkinkan untuk mengingat apa yang kamu pelajari di awal sesi pembelajaran, kelas, presentasi, atau bahkan saat berinteraksi sosial.


Dalam hal pembelajaran, teknik Pomodoro berfungsi untuk  yang berkaitan dengan memori, khususnya efek primacy (kualitas)& recency (terbaru)
Efek dari recency (Informasi Terbaru) adalah Anda juga cenderung mengingat hal terakhir yang Anda pelajari (lebih baru). 


Kita semua sering menunda-nunda belajar sebelum ujian dan akhirnya, malam sebelum ujian, kita akan menghafal dengan paksa sebanyak mungkin tanpa istirahat. Primacy dan Recency hanyalah dua dari (banyak) alasan mengapa menghafal dengan paksa (terburu-buru) tidak akan berfungsi. 


Namun dengan beristirahat sejenak, Kamu akan menciptakan lebih banyak awal-an dan akhir-an, dan Kamu akan mempertahankan (ingatan) lebih banyak dari apa yang Kamu pelajari.

Spoiler for Opening & Recency:


Jika kamu membaca buku selama 2 jam tanpa istirahat, Kamu mungkin hanya mengingat 20 menit pertama dari apa yang kamu baca, maka mungkin kamu akan mengalami penurunan (ingatan) sekitar 30 menit, dan kemudian kamu cenderung mengingat akhiran dari apa yang kamu baca. 

Artinya, saat membaca tanpa istirahat untuk menyerap & memikirkan apa yang baru saja kamu baca, beberapa ingatan akan memudar. Jadi, bacalah buku sedikit demi sedikit dengan teknik Pomodoro agar Kamu mendapatkan hasil maksimal dari apa yang Kamu baca. 
Spoiler for Kwik Start:


Masih newbie buat thread mohon maklum emoticon-Embarrassment. Ilmu ini ane pelajari dari buku berjudul "limitless" karya penulis & personal coach Jim Kwik. Kalau tritnya rame & positif ane mau bikin part lainnya gan emoticon-Big Grin

Sekian dari ane emoticon-Big Grin
cheria021ayosholatlonelinesssoul
lonelinesssoul dan 31 lainnya memberi reputasi
32
5.6K
68
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.