News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614aeddd62d34839ff728c7f/mencairkan-bpjs-dan-menginvestasikannya
BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah program dari pemerintah yang memberi perlindungan terhadap tenaga kerja untuk menanggulangi risiko ekonomi, jaminan-jaminan seperti ini sangat dibutuhkan agar terjaminnya keselamatan pekerja, meski saat pensiun tiba nantinya.
Lapor Hansip
22-09-2021 15:48

Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya

Past Hot Thread
BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah program dari pemerintah yang memberi perlindungan terhadap tenaga kerja untuk menanggulangi risiko ekonomi, jaminan-jaminan seperti ini sangat dibutuhkan agar terjaminnya keselamatan pekerja, meski saat pensiun tiba nantinya.

Tentunya produk ini terdapat saldo yang bisa dicairkan saat nanti umumnya telah memasuki pensiun, meski begitu tanpa di usia pensiun pun juga dapat di cairkan, dengan ketentuan yang diaturdi peraturan pemerintah NO 60 tahun 2015.

JHT atau jaminan hari tua yang dicairkan melalui BPJS Ketenagakerjaan hanyalah 10% tau 30% yang dapat dilakukan bagi para peserta yang masih bekerja dengan usia peserta yang telah 10 tahun bekerja, proses pencairan pun juga hanya bisa di pilih 10% atau 30% nya saja, 10% untuk dana pensiun atau 30% untuk biaya perumahan.

Syarat untuk Pencairan BPJS Ketenagakerjaan,  Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 10%Sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal selama 10 tahun.

Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya

Peserta masih aktif bekerja di perusahaan.
Kartu BPJS TK/Jamsostek asli dan fotokopi.
KTP atau Paspor asli dan fotokopi.
KK (Kartu Keluarga) asli dan fotokopi.
Buku Rekening Tabungan asli dan fotokopi.
NPWP (jika claim lebih dari 50 juta).
Surat keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan.

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 30%
Sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal selama 10 tahun.
Peserta masih aktif bekerja di perusahaan.
Kartu BPJS TK/Jamsostek asli dan fotokopi.
KTP atau Paspor asli dan fotokopi.
KK (Kartu Keluarga) asli dan fotokopi.
Buku Rekening Tabungan asli dan fotokopi.
NPWP (jika claim lebih dari 50 juta).
Surat keterangan masih aktif bekerja dari perusahaan.
Dokumen perumahan asli dan fotokopi.

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 100%
Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotokopi.
Kartu Tanda Penduduk (KTP) atay Paspor.
Kartu Keluarga (KK) asli dan Fotokopi.
Surat Keterangan Berhenti Bekerja dari Perusahaan atau Paklaring.
Buku rekening Bank asli dan fotokopi.
Pas foto terbaru ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing sebanyak 4 rangkap.
Surat keterangan pengunduran diri dari pemberi kerja ke dinas tenaga kerja dan transmigrasi.

Jika alasan berhenti kerja adalah karena PHK, sertakan akta penetapan PHK dari Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Email dari HRD Perusahaan tempat terakhir bekerja jika dibutuhkan.
NPWP Asli dan fotokopi jika klaim lebih dari 50 juta.

Setelah melakukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan, tentu anda memiliki pilihan apakah dana tersebut untuk investasi atau membeli sebuah properti, karena beragam instrumen investasiyang banyak ditawarkan oleh perusahaan sekuritas.

Salah satu pilihannya adalah bagi anda yang membeli properti atau sebidang tanah untuk di kelola, seperti membangun rumah kos, yang sangat cocok apabila lokasinya strategis, atau kota anda adalah kota tujuan wisata maupun kota pendidikan.

Atau memutar kembali uang tersebut menjadi sebuah usaha UKM atau UMKM yang dapat anda kerjakan di masa pensiun, alokasi dana ini sangatlah baik untuk finansial anda hingga di masa mendatang, yang setelahnya dapat anda wariskan pada keluarga anak atau cucu anda.

Sumber : https://www.asuransiku.id/promo-arti...vestasikannya/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Papa.T.Bob dan 22 lainnya memberi reputasi
19
Masuk untuk memberikan balasan
perencanaan-keuangan
Perencanaan Keuangan
1.1K Anggota • 9.4K Threads
Halaman 1 dari 2
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
22-09-2021 16:45
segampang2nya muterin uang dana pensiun itu yah dibeliin property/tanah aja, karena dijual langsung pun pasti bisa untung, apalagi dijual nanti (disimpan dalam jangka panjang) emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
22-09-2021 19:38
Di kantor ane skrg ini lg pada rame² cairkan yg 10% pdhl sayang kl dicairkan trus utk kegiatan konsumtif emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 27 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
22-09-2021 19:52
Ini kan motong dari gaji kita, buat apa di cairkan sekarang kalo belom butuh. Anggap aja deposito buat dana darurat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
22-09-2021 22:05
Buat nikah boleh nih hehehe
0 0
0
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
22-09-2021 22:22
Baru tau gw bisa dicairin 10 dan 30%
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan prasty.95 memberi reputasi
2 0
2
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
22-09-2021 22:23
Seumur2 blom pernah punya bginian
profile-picture
prasty.95 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 07:03
Nice info numpang lapak iyo
0 0
0
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 18:16
Bukannya lebih bijak disimpan saja untuk waktu yg plg dibutuhkan gan
0 0
0
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 18:22
TS hanya bahas elemen JHT ya? elemen lainnya bagaimana apakah bisa dicairkan bila sdh tidak aktif bekerja? atau sdh dicairkan dan harus dibelikan produk investasi?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 18:29
Karena lagi pandemi gini jadi gampang banget cairin bpjs via online, bini ane kemaren gk nyampe seminggu udh cair.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 18:37
Kartu bpjs ketenagakerjaan ane ilang berikut dompet nya.. Terus ane donlod gambar kartu nya lewat aplikasi bpjstku terus dicetak.. Itu pas pencairan bermasalah gk ya..
Sm kartu bpjs pensiun/hari tua kok gk ada ya di aplikasinya.. Apa jadi satu sm kartu ketenagakerjaan? Mohon pencerahan
emoticon-Nyepi
0 0
0
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 18:49
Kalau duitnya dikelola bpjs sepertinya kurang nendang ya? Apa mgkin karena diinvest di ORI atau SBR ya emoticon-Bingung
0 0
0
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 18:58
dana BPJS merupakan salah satu dana yang ditunggu tunggu saat resign dari perusahaan. apalagi lama bekerja 10 tahun lebih, besarnya lumayan lah bisa buat modal usaha.
profile-picture
margaery memberi reputasi
1 0
1
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 19:00
diputar lagi jadi investasi, bisa saja, ya. tapi biasanya kalo yang pencairan 100% itu rerata adalah yang habis terkena PHK .. atau pindah perusahaan. otomatis dana yg dicairkan bakal teralokasi ke kebutuhan primer terlebih dahulu..

terima kasih infonya.. trit ini sangat membantu banget 👍👍👍

Diubah oleh makola
0 0
0
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 19:03
Sesudah pensiun dari perusahaan manufaktur jepang, ane investasiin buat bangun kntrakn 3 pntu yg sblmnya ane udah tabung buat beli tanah sewaktu krja, skrg ane nganggur cmn krjaan di market saham doank maen2 crypto, dan istri dagang kecil2an depan rmh, anak perempuanane yg kedua udah lulu2s kuliah lg magang di pt swasta, tinggal perempuan yg kedua msh sma, ane jg smbil bntu2 istri, sepulang ngojol
Diubah oleh reskuker77anget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 19:04
Diputer kemana ya enaknya? emoticon-Confused
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 19:16
Jadi ingat pernah mengurus Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) ribet banget. Kecelakaan di jalan saat berangkat kerja.

Untuk JHT mayanlah buat dana pensiun atau pas lagi nganggur. Sebaiknya istri dan anak harus tahu cara mengurus mencairkan JHT pekerja (dari Suami/Ayahnya). Pengalaman saya memberi info pada tetangga yang meninggal dan mempunyai JHT. Setelah 2 tahun kematian suaminya, si istri ini tidak tahu tentang JHT padahal dia berhak dapat sebagai ahli waris. Untung ketemu itu kartu BPJS nya. Puluhan tahun suaminya bekerja, pasti banyak dana JHTnya. hehe...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 19:29
Dulu waktu dizona nyaman gak kepikiran pake duid BPJS tk (dulu jamsostek) buat modal usaha, blm ada pandemi, perusahaan masih baik2 saja.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan whizzman memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 19:39
Kadrun said: Riba!!

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Mencairkan BPJS dan Menginvestasikannya
23-09-2021 20:02
Thanks infonya. wah ternyata kalau masih kerja tetap bisa dicairkan walaupun nggak full ya gan. Lumayan nih ane udah 20 tahun terdaftar.

Denger denger dana kita kalaupun masih di BPJSTK tetap berkembang, cuma kok ane liat di aplikasi BPJSTKKU gak ada pengembangan, segitu segitu aja saldonya, bertambah karena setoran dari kantor aja, bukan dari pengembangan/bagi hasil.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia