mataduniawi
TS
mataduniawi
Alamak! Ternyata Berita di Koran Bisa Dibeli. Begini Loh Caranya


Gimana rasanya kalau event yang kita buat diliput oleh wartawan lalu terbit di koran? Wah senang banget tentunya. Apalagi bagi kalangan siswa atau mahasiswa yang sedang haus-hausnya akan pengakuan publik. Kayak TS dulu, setiap kegiatan yang masuk koran langsung difotocopy warna, aslinya ditempel di dinding dan copy-annya dikliping. Dijadikan dokumentasi berharga. Dan tak lupa posting di semua akun sosial media biar semakin banyak orang yang mengakui. Bangga banget pokoknya kalau bisa sampai dimuat di koran.

Namun sekarang rasa bangga itu luntur setelah tahu beberapa fakta tentang permainan di koran. Ternyata eh ternyata berita di koran itu bisa dibeli. Ya acara model apapun bisa masuk ke koran, tidak harus yang punya news value.Ini bukan hoax, kebenarannya bisa dicheck. TS tidak sebut merek ya ini koran apa, yang jelas ini terjadi pada koran besar dan punya jejaring koran lokal di hampir seluruh penjuru tanah air.

Bagi yang belum tahu, dalam perusahaan koran setidaknya ada divisi/bidang sebagai berikut:
-Redaksi. Bertugas membuat produk. 
-Pemasaran. Bertugas mencari pelanggan, menjaga pelanggan, target oplah.
-Iklan. Tugasnya menjual space iklan. target omset. Target oplah.
-Event. Tugasnya bikin acara untuk naikin baranding koran. 
-IT. Ini biasanya ngurusin kabel-kabel, komputer, printer, termasuk koran versi digital.
-Umum. Biasanya ngurusi ATK, bangunan, kebersihan, listrik kantor, air dll.
-Legal. Mengurus segala hal yang berkenaan dengan hukum. Bisanya memeriksa surat perjanjian kerjasama.

Nah kalau kamu punya acara dan kepengen masuk koran, coba dulu hubungi redaksi, bisa punya nomor hp wartawannya lebih bagus, tapi cari tahu dulu wartawan itu ngepos dimana. Kalau acaramu tentang bakti sosial tapi ngajukan ke wartawan halaman kriminal yah gak bakalan masuk pastinya.

Nah katakanlah kamu sudah berhasil menghubungi pihak redaksi untuk minta diliput, tetapi gak tembus dengan berbagai alasan. Misal sudah ada acara serupa di tempat lain yang lebih ber-news value, atau tidak lolos penilaian redaktur.

Jika sudah menghubungi bidang redaksi gak tembus, tenang saja, ada jalur lain.
Pertama hubungi dulu bidang pemasaran. Katakan kalau mau kerjasama. Mau acara masuk koran. Di sini biasanya kita akan disodori pilihan mau kerjasama eceran atau langganan. Maksudnya gini, kalau secara eceran. Kita harus beli koran dalam jumlah banyak eksemplar dalam satu hari. Misal untuk dimuat di koran ukuran sekian kali sekian, syaratnya beli koran sebanyak 500 eks. Jika harga koran per eks Rp4.000, artinya harga untuk bisa dimuat dengan space sekian seharga Rp 2.000.000. Cara langganan juga prinsipnya sama saja, bedanya kita bayar nyicil setiap bulan. Angka-angka ini hanya permisalan. Bisa jadi lebih besar, tetapi tidak akan terlalu ekstrim.

Lewat pintu bidang pemasaran setahu TS itu jalur yang termurah dibanding bidang-bidang yang lain, tapi space biasanya kecil. Kalau mau kerjasama dengan bidang iklan ya silahkan saja, cuma saja acara yang dibikin jangan ecek-ecek, harus yang berbobot. Sebab setahu TS dari hasil pengamatan sendiri, untuk masuk lewat jalur iklan itu sekelas instansi pemerintah, BUMN atau perusahaan besar. Space-nya juga gede, bisa setengah halaman bahkan satu halaman.Tanda berita itu pesanan lewat jalur iklan adalah  isi beritannya yang bagus-bagus semua, tidak ada cover both side dan disertai foto-foto orang sedang tebar pesona. Disajikan dalam bentuk berita padahal itu iklan. Jadi isi beritanya sudah diatur oleh si pemesan. Kalau masyarakat awam sulit membedakan, tahunya kalu sudah diberitakan di koran ya itu berita pada umumnya. Gak tahu mana berita asli dan mana berita pesanan (settingan) untuk tebar pesona.

Hmmm,...Ini nih yang menurut TS perlu dibenahi. Betul gak?


sumber ilustrasi
Araminanuyinsraperinoa
raperinoa dan 23 lainnya memberi reputasi
24
5.8K
79
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.