yourkiveAvatar border
TS
yourkive
Agan & Sista Tau Gak Sih Apa Itu Childfree?


Akhir-akhir ini, kata ‘childfree’ merupakan salah satu kata yang paling sering diperbincangkan oleh warganet, setelah seorang selebgram bernama Gita Savitri atau yang biasa dikenal dengan Gitsav, mengumumkan keputusannya untuk melakukan apa yang disebut dengan ‘childfree’. Kira-kira, GanSis sudah tahu belum, apa itu yang dimaksud dengan ‘childfree’?

Childfree sendiri berarti keputusan yang diambil secara sukarela, untuk tidak memiliki seorang anak dalam kehidupan pernikahan sebuah pasangan. Keputusan ini biasanya diambil sebagai hasil keputusan bersama antara suami dan istri. 

Menurut seorang psikolog bernama Samanta Elsener, M.Psi., Psi dilansir dari Antara News, ternyata ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keputusan seseorang untuk memilih childfree, loh.

Ada pasangan yang memilih untuk childfree karena kondisi finansial, dan ada pula yang memilih untuk childfree karena alasan kesehatan mental. Keputusan childfree karena kondisi finansial biasanya disebabkan oleh pasangan yang merasa kondisi finansial mereka belum mumpuni atau belum mampu untuk mencapai kualitas hidup yang baik. 

Sementara untuk kondisi kesehatan mental, biasanya disebabkan oleh trauma masa kecil yang diderita oleh salah satu pasangan nih, GanSis. Ada juga yang memutuskan untuk childfree karena masalah lain seperti penyakit keturunan, atau penyakit kronis yang bisa saja diidap oleh salah satu dari pasangan, yaitu suami atau istrinya. 

Ditambah lagi, kondisi pandemi yang saat ini tengah melanda seluruh penjuru dunia membuat keputusan untuk childfree ditempuh oleh beberapa pasangan, karena faktor kesiapan mental dan kembali lagi, kesiapan finansial dari setiap pasangan.

Samanta Elsener, M.Psi., Psi juga mengatakan kalau sampai saat ini, keputusan untuk childfree belum pernah muncul sebagai penyebab keretakan rumah tangga atau perceraian di antara pasangan, di Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, keputusan untuk childfree rupanya sudah cukup banyak dianut oleh masyarakatnya. Hanya saja, mereka yang memutuskan untuk melakukan childfree biasanya tidak mengatakannya secara terbuka dan memilih untuk beraktivitas di dalam sebuah grup tertutup, karena di Indonesia sendiri, memiliki seorang anak setelah pernikahan masih menjadi ‘kewajiban’ bagi setiap pasangan, dan keputusan untuk childfree masih dianggap kurang baik. 

Jadi, itulah sedikit informasi dari ane terkait dengan childfree. Semoga bisa membantu memberikan pemahaman bagi GanSis, ya. Menurut GanSis, pilihan untuk childfree tuh gimana, sih? Coba tulis di kolom komentar, yes~

Sampai jumpa di thread ane selanjutnya!




kodokuper
vivianaditya
el.achmeedy
el.achmeedy dan 16 lainnya memberi reputasi
15
6.1K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.