firdainayahAvatar border
TS
firdainayah
Stop Insecure! Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Makin Percaya Diri
Hai, GanSist emoticon-Big Kiss




Insecure. Sebuah kata yang belakangan ini sedang naik daun. Sebenarnya, apa sih arti insecure itu?

Insecure sendiri adalah perasaan cemas, merasa tidak mampu, dan tidak percaya diri, sehingga membuat seseorang merasa dirinya tidak aman.

Sebenarnya, insecure ini terjadi pada semua orang dan itu merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, yang membuatnya berbahaya adalah saat kita merasa insecure atau tidak percaya diri secara berlebihan, terjadi secara berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena cara pandang seseorang tersebut masih salah, memiliki sifat perfeksionis, melankolis atau bisa juga karena dia memiliki pengalaman yang buruk. Misalnya saja dia pernah dibully. Hal-hal inilah yang membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Banyak sekali hal yang membuat kita insecure. Salah satunya adalah insecure soal fisik. Satu contoh ini adalah hal yang paling sering terjadi belakangan ini. Khususnya terjadi pada usia-usia remaja, terutama remaja perempuan.




"Kulitku nggak putih kayak dia."

"Pipiku chubby, nggak setirus dia."

Dan kalimat-kalimat lain yang sering diucapkan ketika melihat foto selebgram, perempuan-perempuan yang sedang menampakkan diri di aplikask joget yang lagi viral.

Hei, tahukah kalian jika ini merupakan body shamming pada diri sendiri? Iya. Ini adalah bentuk body shamming pada diri sendiri. Bukankah jika orang lain yang melakukan body shamming pada kita, kita akan sakit hati dan marah? Lantas, kenapa justru kita yang melakukannya pada diri sendiri? Bukankah ini jahat sekali?

Sebenarnya, bukan perkara siapa yang lebih cantik/ganteng atau lebih putih. Sebab, cantik atau ganteng, putih atau enggak, itu sama saja. Tuhan sudah menciptakan setiap orang dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menciptakan berbagai warna kulit, bentuk mata, hidung, mulut, pipi dan lain-lain. Kita semua ini memang berbeda, tapi bukan berarti kita berhak membandingkannya dengan orang lain, ya.

Mulai sekarang, ubah cara pandang cara berpikir kita. Cantik, ganteng itu nggak selalu harus putih, langsing, pipi tirus kok. Selama kamu masih perempuan, kamu cantik. Selama kamu masih laki-laki, kamu ganteng.

GanSist bisa mencoba lima cara di bawah ini agar makin percaya diri. Berikut tips-nya:


1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Pernah, nggak, kita kalau pas lagi bercermin suka ngomong ke diri sendiri kayak gini:

"Andai aku seputih si C, mungkin aku bakal disukai banyak orang."

Stop! Jangan kayak gini lagi, ya. Seperti yang ane bilang di atas kalau setiap orang memang diciptakan berbeda-beda. Dan dari perbedaan itulah kita diajarkan untuk salinh menghargai. Bukan malah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Yuk, sekarang ganti kalimat kita saat lagi bercermin jadi seperti ini:

"Hai, Cantik/Ganteng. Kamu cantik/ganteng dengan caramu sendiri. Semangat!"

Kenapa harus seperti ini? Biar rasa percaya diri dalam diri kita nggak makin terjun bebas. Jangan terlalu menuntut diri sendiri menjadi sempurna atau menjadi orang lain, ya.

2. Percaya pada diri sendiri dan kemampuan pada diri sendiri

GanSist, pernah nggak kita menyadari kalau diri kita sendiri itu luar biasa? Lebih kuat dari yang kita kira, lebih istimewa dari yang kita rasakan selama ini. Pernah?

Di antara kita pasti banyak yang sering banget bilang gini, "Udah deh, aku nggak bakalan bisa. Aku bukan dia, jadi sampai kapan pun aku gak bisa mencapai seperti apa yang dia capai."

Mulai sekarang stop bicara kayak gitu sama diri sendiri, ya. Itu tandanya kamu nggak percaya kalau diri kamu bisa. Mungkin memang nggak bisa mencapai apa yang dicapai orang lain. Tapi, kamu bisa mencapai hal lain yang tidak bisa dicapai orang tersebut. Sebab suksesnya setiap orang itu beda-beda ya, GanSist.

Jadi, mulai nanti coba deh, ucapannya diganti jadi gini, "Aku bisa, aku hebat. Aku emang nggak bisa mencapai apa yang dia capai sekarang. Tapi suatu saat aku bakal bisa capai apa yang tidak bisa dia capai."

Yuk, berusaha yakin sama diri sendiri!




3. Stop stalking akun-akun yang memunculkan rasa insecure

Stalking. Salah satu kebiasaan yang bisa menimbulkan rasa insecure dalam diri kita makin menjadi-jadi. Misalnya saja, di beranda instagram muncul foto yang banyak like dan komen. Di komentar banyak yang muji dia. Eh, kita jadi insecure. Tapi, bukannya melewatkan postingan tersebut, kita justru buka akun si TS. Stalking sana-sini dan jadilah makin gak percaya diri.

"Aduh, insecure banget lihat hidungnya."

Setelah itu langsung bercermin, ngelihatin bentuk hidungnya dan membandingkan dengan punya seseorang yang akunnya dia stalking.

Please, stop, ya! Jangan kayak gini lagi.

Kalau kita nemu postingan yang sekiranya bikin insecure, udah, lewatin. Jangan malah distalking.

4. Stop body shamming pada diri sendiri

"Aku tuh gendut, gak cantik, hitam, hidung pesek. Lemakku di mana-mana."

Duh, bentuk penghinaan diri terhadap diri sendiri ternyata lebih kejam dibanding omongan orang, ya. Ayolah, gendut atau kurus, kamu tetap cantik/ganteng. Kita nggak perlu mengikuti standar kecantikan/ketampanan orang lain.

Kita juga nggak perlu pengakuan dari banyak orang kalau kita ini cantik/ganteng. Biarlah, diri kita seperti ini adanya. Tidak perlu memaksa untuk menjadi orang lain. Tidak perlu juga sampai terobsesi untuk menjadi seperti orang lain sampai membahayakan diri sendiri.

Dear Cantik/Ganteng, mulai sekarang, jangan menghakimi diri kita sendiri, ya.

5. Belajar mencintai dan menghargai diri sendiri

Mencintai dan menghargai itu nggak hanya ditujukan untuk orang lain saja, loh. Kita juga berhak dan harus mencintai diri sendiri. Menghargai diri sendiri sebagaimana kita melakukannya pada orang lain

Memang, hal ini tidaklah mudah. Tapi, kita tetap harus belajar. Karena kalau tidak, ketika ada masalag kita akan menyalahkan diri sendiri, bahkan menzolimi diri sendiri. Padahal, Tuhan nggak suka sama orang yang menzolimi dirinya sendiri.

Kita nggak perlu mengejar apa yang tidak seharusnya dikejar. Tidak perlu menangisi apa yang tidak seharusnya ditangisi. Fokus sama diri sendiri. Selagi orang lain tidak mengusik, kita biarkan saja.


Nah, itu tadi tips dari ane biar GanSist nggak terus-terusan insecure. Insecure itu wajar dan normal, tapi kalau berlebihan, ya nggak bagus juga buat diri sendiri.

Sekian thread dari ane. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di thread selanjutnya emoticon-Big Kiss


Sumber: Opini pribadi
garpupatah
yus.mnrg
muyasy
muyasy dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.4K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.