pemburu.onta
TS
pemburu.onta
Baru Dipamerkan, Tugu Sepatu di Sudirman Sudah Jadi Sasaran Vandalisme


Sebuah tugu berbentuk sepatu dipamerkan di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat (Jakpus). Meski baru dipamerkan, tugu sepatu tersebut sudah menjadi sasaran vandalisme.

Pantauan detikcom, Sabtu (18/9/2021) siang di lokasi, tugu sepatu itu memiliki ragam warna dengan didominasi oleh warna putih. Warna lain pada tugu sepatu itu ada abu-abu, kuning, cokelat, hingga hijau pada tali sepatunya.

Terlihat di bagian sisi kanan tugu sepatu ada coretan besar berwarna ungu. Di bawahnya, terlihat juga coret-coretan berwarna hitam. Namun, sisi bagian kiri tugu sepatu tidak dicoret-coret.

Hanya, coretan itu tidak menyurutkan keinginan sejumlah warga untuk berfoto. Beberapa orang tampak berlalu lalang foto di tugu sepatu Sudirman siang ini.

Salah satunya adalah Valya Febrina, yang tertarik berfoto dengan tugu sepatu itu. Menurutnya, tugu berbentuk sepatu merupakan sesuatu yang unik, beda dari patung lainnya.

"Bagus sih ada pajangan kayak gini, bagus banget. Unik ya, pajangannya, kan biasanya patung-patungan biasa. Tapi ini sepatu, beda dari yang lain," ujar Valya saat ditemui.

Valya menilai coret-coretan tersebut membuat tugu sepatu menjadi tak sedap dipandang mata. Dia meminta ada petugas yang berjaga di lokasi supaya tidak ada oknum yang melakukan aksi vandalisme.

"Tapi sayangnya dicoret-coret. Iya jadi jelek saja nggak sih pandangannya? Jadi nggak bagus ya. Jadi kotor gitu. Harusnya kan bersih biar dilihatnya indah," tuturnya.

Sementara itu, warga lain bernama Aswan berpendapat tugu sepatu bisa membuat Jakarta semakin cantik. Meski begitu, coret-coretan yang ada di tugu sepatu tersebut membuat Aswan geleng-geleng kepala.

"Menurut saya sangat tidak bagus ya, karena ini sudah dibuat bagus, tiba-tiba ada yang nyoret. Itu sangat tidak layak. Iya, mempercantik Jakarta. Bagus sih. Cuma ada coret-coretan itu parah sih," kata Aswan.

Aswan berharap masyarakat sadar untuk bersama-sama menjaga tugu sepatu di dekat Stasiun BNI City Sudirman itu, tanpa perlu ada petugas yang mengawasi.

Sebelumnya, sebuah tugu berbentuk sepatu muncul di kawasan Sudirman, Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tugu sepatu tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan sejumlah pihak, salah satunya PT Jakarta Tourisindo (Jaktour).

"Kita kan ingin mempercantik Kota Jakarta, di antaranya tugu sepatu, itu hasil kolaborasi. Itu tanyakan sama Jaktour detailnya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Kamis (16/9).

Riza mengatakan tugu itu dibangun demi memperindah sudut Kota Jakarta serta memperkenalkan produk-produk lokal kepada masyarakat. Dia pun menjelaskan bahwa hal yang sama kerap dilakukan oleh negara-negara besar di dunia, seperti Arab Saudi, yang membangun tugu sepeda.

"Artinya, kita menghiasi Kota (Jakarta) supaya menarik, supaya juga setara dengan kota-kota di dunia lain. Kan biasa, kalian keliling dunia coba dicek di Google di tiap negara, di tiap kota, kan ada produk-produk yang menarik perhatian. Bisa selfie di situ, foto, dan sebagainya. Ada yang menambah pengetahuan," kata dia.

sumber
anu.ku.ltepsuzotd3m0litionlov3r
d3m0litionlov3r dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.1K
91
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.