antoniarivianto
TS
antoniarivianto
Earbuds TWS Bermasalah? Simak 5 Hal Mengatasinya Ini!


Earbuds dengan fitur true wireless stereo(TWS) kini semakin diminati masyarakat. Beberapa brand dengan kualitas terbaik untuk perangkat audio ini juga semakin beragam. Mulai dari JETE, Oppo, Anker, Nakamichi, hingga Xiaomi. Namun, pernahkah earbuds TWS mu bermsalah? Jika iya, ada baiknya simak cara mudah mengatasinya berikut Gan.

1.    Hindari Simpan di Tempat yang Lembap

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah jangan simpan earbuds TWS di tempat yang lembap. Sekalipun TWS memiliki fitur ketahanan air. Usahakan untuk selalu menyimpannya di tempat kering. Sebab, bila terlalu lembap komponen akan rentan rusak. Untuk itu, Agan bisa simpan dengan menggunakan kain flanel kering saat mengeringkannya saat basah sebelum menyimpannya kembali di tempat yang sejuk.

2.    Perhatikan Koneksi Tak Perlu

Cara berikutnya yang cukup mudah adalah perhatikanlah koneksi bluetooth pada TWS. Earbuds bisa mengalami ‘kewalahan’ yang dikarenakan terlalu banyak jaringan tersambung. Inilah yang menghambat sensitivitas koneksi TWS. Begitu juga dengan mengindari router WiFi, sebaiknya buat jarak aman antara router dan TWS. Spektrum WiFi bisa saja mengganggu sinyal bluetooth dan membuat koneksinya terhambat.

3.    Bersihkanlah dengan Menggunakan Tisu Bersih


Jangan lupa untuk selalu bersihkan TWS setelah digunakan. Sadarkah kamu jika banyak debu yang menempel pada perangkat, termasuk pula kotoran telinga. Jika dibiarkan hal itu akan menghambat suara yang dikeluarkan. Membersihkannya pun sangat mudah. Bisa menggunakan tisu kering atau kain flanel. Untuk bagian speakernya, bisa kamu bersihkan dengan cotton buds dan tambahkan setetes cairan alkohol.

4.    Jangan Gunakan Sambil Tidur

Hampir setiap orang mungkin pernah menggunakan TWS sambil tidur. Baik itu untuk mendengarkan musik, video dan sebagainya. Sebaiknya kamu hindari hal ini, Gan. Cara seperti itu tidak hanya mengganggu pendengaran saja. Di sisi lain juga bisa membuat perangkat yang digunakan cepat rusak karena tertekan tubuh. Meski tidak rusak secara langsung, seitdaknya akan merusak komponen dan mengurangi sensitivitasnya.

5.    Waktu Pengisian Juga Penting Diperhatikan

Terakhir, selain keempat hal di atas agar TWS semakin awet Agan juga perlu perhatikan waktu pengisian dayanya. Banyak orang beranggapan jika baterai TWS yang diisi ulang dalam waktu lama akan lebih awet. Anggapan seperti itu kurang tepat. Ada waktu ideal untuk mengisinya saat pertama kali beli. Yakni antara 90-120 menit. Pengisian selanjutnya sekitar 1 jam saja. Saat mengisi ulang, pastikan kondisi TWS ini mati dan simpanlah pada kotak saat tak digunakan. Hindari pula melakukan pengisian saat baterai TWS ini 0%. Maka Agan bisa mengisinya saat kondisi baterai 15-10%.


Bagaimana Gan, cukup mudah bukan cara membersihkannya? Selamat mencoba!


asamboigandelfatesting260dorangadget
dorangadget dan 15 lainnya memberi reputasi
16
12.8K
118
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Electronics
Electronics
icon
6.3KThread2.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.