Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Duh! Raksasa Properti China Terancam Bangkrut, Punya Siapa?


Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus indikasi gagal bayar (default) utang dari perusahaan raksasa properti China, Evergrande Group membuat pemerintah pimpinan Presiden Xi Jinping akhirnya turun tangan menanganinya.
Pemerintah China memutuskan untuk mengumpulkan sekelompok ahli akuntansi dan hukum untuk memeriksa keuangan Evergrande Group.
Mengutip Al Jazeera Rabu (15/9/2021) hari ini, regulator di Provinsi Guangdong disebut telah mengirim tim dari King & Wood Mallesons, sebuah firma hukum yang spesialisasinya mencakup restrukturisasi.


Selain itu, atas perintah Beijing, mereka juga mengirimkan penasihat keuangan dan akuntan tambahan untuk menilai pengembang.
Hal ini merupakan langkah terbaru perusahaan setelah meminta layanan Houlihan Lokey dan Admiralty Harbour Capital "menilai struktur modal grup" dan "mencapai solusi optimal untuk semua pemangku kepentingan". 


Sebelumnya perusahaan menyebut penjualan aset properti yang dimiliki tidak mampu melunasi utang yang terlampau amat besar, yakni mencapai US$ 300 miliar atau sekitar Rp 4.275 triliun.
"Sepertinya mereka sedang mengerjakan restrukturisasi utang setelah tidak ada hasil nyata pada pelepasan aset, dan tugas pertama adalah menstabilkan pemegang produk manajemen kekayaan yang bisa menjadi masalah sosial," kata Daniel Fan, analis kredit di Bloomberg Intelligence.
"Tampaknya pengembang sedang mengerjakan penjadwalan ulang hampir semua utang dalam negeri, dan langkah selanjutnya adalah melakukan hal yang sama untuk investor luar negeri." tambah Daniel Fan.
Kasus default utang Evergrande terungkap saat perusahaan tak mampu memenuhi kewajiban penjaminan untuk produk manajemen senilai US$ 145 juta atau setara Rp 2 triliun yang dikeluarkan pihak ketiga. Hal ini membuat para investor mulai khawatir dan menggeruduk kantor perusahaan itu di kota Shenzhen.
Sekitar 100 investor memadati lobi gedung perusahaan. Lebih dari 60 personil keamanan berjaga-jaga saat massa berteriak memaki perusahaan.

Meski begitu, Evergrande terus meyakinkan nasabahnya bahwa saat ini mereka sedang melakukan segala upaya demi mengembalikan dana yang dipegangnya.
"Kami menghadapi kesulitan yang belum pernah terjadi sebelumnya, namun kami akan melakukan segala kemungkinan untuk melanjutkan pekerjaan dan melindungi hak dan kepentingan sah pelanggan."
Pada penutupan perdagangan Selasa (14/9/2021) kemarin, saham Evergrande ditutup ambles hingga 12% di bursa Hong Kong dan memperpanjang penurunan menjadi 80% sepanjang tahun ini. Bahkan level tersebut merupakan level terendah sejak November 2014.

Kasus ini membuat pasar properti China terguncang. Utang Evergrande yang menjadi salah satu yang terbanyak di dunia, telah memicu kekhawatiran akan risiko penularan ke sektor properti yang sudah overhead dan sistem perbankan.
Pinjaman menahun yang dilakukan Evergrande untuk mendanai pertumbuhan yang cepat plus tindakan keras pemerintah Xi Jinping ke industri diyakini bisa memicu krisis.


Siapa Sajakah Pemilik Evergrande Group? 

Hui Ka Yan atau Xu Jiayin merupakan pemilik mayoritas saham Evergrande Group, dengan kepemilikan sahamnya mencapai 9,3 miliar saham atau 70,72% dari total saham, berdasarkan data dari Refinitiv.
Pria berusia 62 tahun tersebut juga memimpin sebagai Chairman of the Board of Directors sekaligus Direktur Eksekutif Evergrande Group.
Per hari ini, total kekayaan Hui Ka Yan mencapai US$ 11,5 miliar atau setara Rp 164 triliun (kurs Rp 14.300/US$).


Hui berada di posisi ke 53 dari daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Sementara di China, saat ini kekayaan Hui berada di posisi ke 10.
Sebelum mendirikan Evergrande, Hui sempat bekerja sebagai teknisi di pabrik baja selama 10 tahun setelah lulus kuliah pada tahun 1982. 


Hui memulai Evergrande di Guangzhou pada tahun 1996 dan mulai mengambil properti harga rendah di pasar kecil. Adapun proyek pertamanya adalah Taman Jinbi di Provinsi Wuhan, China.
Selain itu, istri dari Hui Ka Yan yakni Ding Yumei juga menjadi pemilik terbesar saham Evergrande dengan kepemilikannya sahamnya mencapai 791,25 juta saham atau 5,97%, berdasarkan data dari Refinitiv.
Adapun orang terkaya lainnya diluar keluarga Hui Ka Yan yang memiliki saham Evergrande yakni Chan Hoi-Wan, chief executive officer dari China Estates Holdings Ltd.
Istri dari miliarder asal Hong Kong, Joseph Lau tersebut memiliki saham Evergrande sebanyak 327,45 juta lembar saham atau sekitar 2,47% dari total saham, berdasarkan data dari Refinitiv.
Kepemilikan Hoi-Wan di saham Evergrande saat ini telah berkurang. Hal ini dilakukan oleh Hoi-Wan untuk mengurangi dampak risiko dari potensi default utang Evergrande. 


https://www.cnbcindonesia.com/market...-punya-siapa/1
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.