• Beranda
  • ...
  • Health
  • Berjuta Manfaat rasa dan aroma Buah Pisang bagi tubuh

bayuep
TS
bayuep
Berjuta Manfaat rasa dan aroma Buah Pisang bagi tubuh

Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Buah satu ini sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi karena rasanya tersebut. Teksturnya yang lunak pun membuat buah pisang cocok dikonsumsi bayi yang sedang belajar makan. Ditambah lagi, zat gizi yang terkandung pada pisang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bukan hanya pencernaan. Apa saja, ya, kandungan serta manfaat buah pisang tersebut?

Kandungan nutrisi di dalam buah pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral kalium dan serat pektin. Selain itu, buah berwarna kuning ini pun adalah sumber magnesium, vitamin B6, dan vitamin C.


Quote:


Untuk memastikan kebutuhan vitamin C dan antioksidan dalam tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi Blackmores Bio C Vitamin C 1000MG 90 Tabs- Vitamin Daya Tahan Tubuh (Rp 349.000). Selain dilapisi mineral askorbat yang aman untuk lambung, Blackmores Bio Vitamin C mengandung antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas. Blackmores Bio C juga dilengkapi herbal dan bioflavonoid untuk membantu penyerapan vitamin C dan menjaga daya tahan tubuh.

Quote:

Deretan manfaat pisang untuk kesehatan tubuh

Dilansir dari laman Live Science, karena kandungan vitamin B6-nya, pisang diketahui mampu meredakan peradangan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, membantu penurunan berat badan, mendukung dan menguatkan sistem saraf, serta menunjang produksi sel darah putih.

Disamping itu, buah pisang pun mempunyai antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas ini bisa terbentuk dari polusi udara, sinar matahari, produk kimia yang Anda pakai, hingga proses metabolisme di dalam tubuh.

Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara, yakni dimakan langsung, digoreng, dikukus, dijus, atau dibuat menjadi kue. Tidak hanya manis dan lezat, pisang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh Anda. Apa saja?

1. Membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan pada pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

2. Sumber energi dan mampu meningkatkan stamina

Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum Anda berolahraga. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak.

 

3. Melancarkan pencernaan dan metabolisme

Pisang matang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat buah pisang bagi pencernaan ialah membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit, berkat seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah.

4. Mendukung program diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis dan tiba-tiba.

5. Menurunkan risiko kanker usus besar

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi sayur dan buah, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan serat dan antioksidan pada pisang.

6. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh Anda pun akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

7. Memperlancar aliran darah dan oksigen ke otak

8. Memenuhi kebutuhan zat besi dan mengatasi anemia

9. Melengkapi asupan magnesium

10. Membantu mencukupi kebutuhan mangan

11. Meningkatkan mood.

Pisang termasuk dalam “mood food,” yaitu bahan pangan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak. Hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Manfaat buah pisang tersebut berasal dari kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan-nya. Bahkan, makan pisang dipercaya mampu membantu mengatasi depresi. Triptofan akan diubah menjadi serotonin oleh tubuh, yang juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Sedangkan magnesium pada pisang membantu merelaksasi otot-otot tubuh.

Nah ini fakta diatas yang membuat ESSE meluncurkan produk varian Banana POP, dengan begitu penikmat rokok dapat lebih meningkatkan mood dalam kesehariannya.

12. Meremajakan kulit wajah

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Campuran tersebut juga diduga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat.

Anda dapat mencampurnya dengan lemon ataupun madu. Diamkan selama 15 – 30 menit, lalu bersihkan menggunakan air bersih dan keringkan wajah. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Nah kalau kalian sudah merasakan manfaat pisang yang mana?


eyefirst2chrysalis99g4zza
g4zza dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.5K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.