Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami, Menurut Dokter

mediaterbaru1Avatar border
TS
mediaterbaru1
7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami, Menurut Dokter
7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami, Menurut DokterJerawat bisa jadi masalah serius. Anda bisa menggunakan sejumlah cara menghilangkan jerawat dengan alami tanpa menggunakan obat.(Foto: iStockphoto/Aja Koska)

Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan anggap jerawat masalah sepele. Nyatanya jerawat bisa jadi persoalan serius. Jerawat menyebabkan rasa tidak nyaman dan membuat rasa percaya diri berkurang.


Anda bisa menggunakan sejumlah cara menghilangkan jerawat dengan alami tanpa menggunakan obat.

"Untuk menghilangkan jerawat secara alami, kita harus memahami faktor-faktor yang mencetuskan timbulnya jerawat," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Edwin Tanihaha kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/9).

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan alami:

1. Kurangi konsumsi makanan manis
7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami, Menurut Dokter
Cara menghilangkan jerawat dengan alami dapat dilakukan dengan tidak makan makanan berpemanis. (Foto: iStockphoto/gerenme)


Edwin berkata salah satu pemicu timbulnya jerawat adalah konsumsi makanan manis atau bergula misalnya, soda, es sirup, jus kemasan, cake atau permen. Kemudian makanan yang mengandung karbohidrat sederhana semisal roti putih, pasta dari tepung biasa, juga kue-kue kering.

Makanan atau minuman dengan pemanis tambahan maupun mengandung karbohidrat ini akan menaikkan kadar gula darah. Saat kadar gula darah naik, otomatis kadar insulin turut naik demi menurunkan gula darah.

Dilansir dari Healthline, insulin membuat hormon androgen lebih aktif dan meningkatkan insulin-like growth factor-1 (IGF-1). Ini akan membuat sel kulit tumbuh lebih cepat dan mendorong produksi sebum sehingga berkontribusi pada timbulnya jerawat.

Sebaiknya kurangi konsumsi makanan dan minuman berpemanis tambahan. Selain itu, kurangi pula konsumsi produk susu seperti keju, yogurt, susu, kemudian kafein, dan makanan berlemak seperti santan.

2. Tidur cukup
Perubahan gaya hidup turut mendukung pemulihan jerawat salah satunya memperbaiki jam tidur. Edwin mengingatkan sebaiknya tidak tidur larut malam atau di atas jam 10.

Hormon kortisol atau hormon stres akan memicu jerawat. Dilansir dari WebMD, tanpa tidur cukup, tubuh kekurangan waktu untuk istirahat sehingga hormon kortisol naik dan memicu jerawat.

Tidur sangat diperlukan agar tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan kondisi termasuk pemulihan jerawat. Jangan lupa untuk tidur dalam kondisi wajah dan badan bersih.
7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Alami, Menurut Dokter
Cara menghilangkan jerawat dengan alami adalah dengan memperhatikan kebersihan alat makeup.(Foto: KaboomPics)


3. Perhatikan kebersihan alat makeup
Jika Anda merasa sudah tidur cukup, menghindari makanan pemicu jerawat tetapi jerawat masih saja meradang, sebaiknya cek lagi alat makeup yang biasa digunakan. Alat makeup yang kotor dan tidak rutin dibersihkan akan memicu jerawat sebab kotoran dan bakteri terjebak di situ.

Sediakan waktu untuk bersih-bersih alat makeup mulai dari aneka brush untuk blush on, eyeshadow atau bedak, lalu spons untuk alas bedak. Kemudian saat tidak digunakan simpan pada wadah agar tidak terpapar kotoran.

4. Pilihan makeup non-comedogenic

Edwin berkata jerawat bisa dipicu makeup yang comedogenic atau makeup yang formulasinya cenderung menimbulkan sumbatan (komedo) dan memicu jerawat. Sebaiknya pilih makeup yang non-comedogenic. Makeup ini terbilang lebih aman untuk kulit berjerawat karena tidak menyumbat pori.

5. Kontrol stres

Stres dengan mudah memicu jerawat atau membuat jerawat makin berkembang. Sebagai bagian dari pemulihan, sebaiknya kendalikan stres.

"Biasanya jerawat mudah dipicu dengan segala sesuatu yang dapat meningkatkan hormon kortisol atau yang dikenal sebagai hormon stres," kata Edwin.

Anda bisa mengaplikasikan relaksasi di sela jam kerja, menyempatkan diri berolahraga atau aktivitas fisik, latihan pernapasan,juga meditasi untuk mengendalikan stres.

6. Penggunaan minyak tea tree

Mengendalikan jerawat bisa dilakukan dengan mengaplikasikan bahan-bahan alami. Minyak tea tree (tea tree oil) merupakan minyak esensial hasil ekstrak daun Melaleuca alternifolia. Tea tree dikenal mampu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. bento 4d

Minyak tea tree biasanya berupa minyak murni yang tidak boleh diaplikasikan langsung pada kulit. Sebaiknya dilarutkan terlebih dahulu dengan air baru dioleskan pada area berjerawat menggunakan kapas.

7. Aplikasi gel lidah buaya
Lidah buaya biasa digunakan sebagai ramuan skincare dan fokus pada efek melembapkan. Lidah buaya juga memiliki efek antiinflamasi yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat.

Gel lidah buaya bisa diaplikasikan pada area yang berjerawat sebagai masker.

"[Namun] penggunaan masker alami bisa dihentikan bila tidak ada perubahan di kulit (efek baik), ada keluhan yang tidak nyaman seperti gatal, kemerahan, perih dan keluhan lain," kata Edwin.

Itulah cara menghilangkan jerawat dengan alami.

Sumber: CNN Indonesia
0
929
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.