bmkunAvatar border
TS
bmkun
10 Jenis Wild Betta Yang Cocok Dipelihara Di Akuarium, Yang Mungkin Kamu Belum Tau!
10 jenis wild betta :
1. Betta splendens

2. Betta imbellis

3. Betta foerschi

4. Betta rubra

5. Betta channoides

6. Betta macrostoma

7. Betta hendra

8. Betta coccina

9. Betta uberis

10. Betta pallifina

Jika kamu telah melihat keindahan ikan cupang domestik, dan bertanya-tanya apakah ada saudara serupa dari ikan petarung yang terkenal. Jawabannya adalah tentu!

Betta splendens, atau orang menyebutnya ikan cupang domestik sebenarnya adalah ikan hybrid dan hasil penjinakan, yang telah diperdagangkan di akuarium selama beberapa dekade. Ini membuat mereka benar-benar hybrid yang tidak lagi hidup di alam liar.

Ada sekitar 73 spesies cupang liar, yang masih hidup di alam liar, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar, semuanya disebut ‘ikan cupang / betta fish’. Semuanya berbeda dari Betta splendens domestik, dan mereka mempunyai corak unik yang tidak kalah menarik dan indah untuk dipelihara.

Betta splendens


Ingin tahu mengapa Betta splendens ada di daftar ini? Bukankah ini ikan cupang yang biasah dipelihara ?

Untuk memahami dari mana cupang domestik berasal dan bagaimana perbedaannya dari spesies ini, berikut beberapa hal yang melatarbelakanginya.

Pada tahun 1800-an, penduduk setempat mulai menangkap berbagai spesies cupang untuk membuat mereka bertarung dalam toples dan mereka akan bertaruh ikan mana yang akan menang. Hal ini membuat cupang sangat populer dan mereka mendapat perhatian dari raja Siam (sekarang Thailand), yang membuat mereka terkenal secara internasional.

Orang-orang mulai membiakkan dan menghibridisasi Betta splendens asli untuk membuat spesimen yang lebih berwarna, lebih besar, dan lebih agresif. Betta splendens liar adalah dasar dari genetika Betta splendens domestik sehingga cupang domestik diberi nama yang sama.

Betta splendens liar sedikit kurang berkilau, tetapi tentu saja layak untuk dilihat. Ini adalah salah satu spesies cupang liar yang lebih agresif dan merupakan ikan cupang yang paling banyak tersebar. Keduanya telah berkontribusi pada popularitasnya yang meningkat pesat.

Mudah dikenali dari warnanya yang gelap tanpa banyak sisik di seluruh tubuh dan tanda merah tua pada sirip ekor(caudal fin), dubur (anal Fin) , dan perut (ventral Fins).

Ini adalah salah satu jenis cupang liar yang lebih mudah dirawat, tetapi beberapa pengalaman diperlukan agar mereka tetap bertahan hidup. Hal terpenting saat menyimpannya adalah kamu membutuhkan lebih banyak tanaman dan penutup alami. akuarium kamu harus sealami mungkin.

Beberapa sumber mengklaim bahwa cupang splendens liar dapat dipelihara berpasangan, tetapi cupang splendens liar bisa sama agresifnya dan tidak ragu untuk saling membunuh. Jenis cupang liar ini harus dipelihara secara terpisah, tidak berpasangan demi keselamatan jantan dan betina.

Betta imbellis


Betta imbellis adalah salah satu jenis cupang liar yang lebih terkenal. Dan jika kamu lihat penampilannya, nggak bakal heran kenapa bisa begitu.

Betta imbellis mudah dikenali dari warna hijaunya di sekujur tubuh dan warna merah pada sirip ekornya. Sirip dubur dan punggung serta perutnya menunjukkan tanda merah. Di bawah lampu LED, aksen biru muncul di sirip dubur.

Betta imbellis Ini berasal dari habitat liar di Malaysia di mana pH antara 6 dan 7. Jika air keran Anda memiliki pH tinggi, mungkin menarik untuk mencoba menurunkannya. Meskipun spesimen hasil penangkaran biasanya baik-baik saja di air ledeng. Yang paling penting adalah Anda mengganti air secara teratur dan parameter air stabil.

Banyak orang mengklaim bahwa Betta imbellis dapat dipelihara berpasangan tanpa masalah atau agresi. walaupun sifatnya sedikit lebih jinak dibanding jenis Betta splendens, Betta imbellis dapat dengan mudah saling membunuh dan dengan mudah menjadi agresif terhadap satu sama lain.

Tidak direkomendasikan memelihara Betta imbellis bersama-sama, kecuali kamu memiliki tangki yang cukup besar. Yang paling aman adalah memisahkan satu jantan dari betina mana pun, dan hanya menempatkan mereka bersama-sama untuk tujuan breeding.

Betta foerschi



Betta foerschi adalah spesies Betta yang kurang dikenal. Ini adalah bagian dari kompleks B. foerschi. Ini paling mirip dengan Betta hendra dan memiliki warna yang sama dan tanda serupa di pipi. Spesies lain yang serupa adalah Betta stohi dan Betta mandor, juga bagian dari kompleks B. foerschi. Ikan ini hidup di Kalimantan bagian barat di sekitar daerah mandor, di rawa-rawa terkadang hanya beberapa inci dalamnya.


Betta foerschi adalah mouthbrooder(adalah perawatan yang diberikan oleh beberapa kelompok hewan kepada keturunannya dengan menahan mereka dalam mulut) dan dapat dipelihara berpasangan dalam tangki minimal 15 galon. Filter adalah pilihan yang baik untuk membuat sebuah arus.

Betta foerschi paling baik di air asam dengan pH rendah. Anda bisa memilih bahan organik seperti daun ketapang, tanah penurun pH atau air RO. Bahan alami harus ditambahkan untuk mereplikasi habitat liarnya.

Betta rubra



Spesies ini hidup di sumatera utara dalam kondisi yang mirip dengan spesies lain seperti Betta coccina di hutan rawa gambut. Ia hidup di kolam blackwater dengan sedikit atau tidak ada spesies ikan lain.

Cupang rubra dapat dikenali dari warnanya yang merah tua dengan garis/garis vertikal di bagian sisinya. Rubra berarti 'merah' dalam bahasa Latin karena itu namanya. Jantan memiliki warna yang lebih intens dan betina cenderung memiliki warna abu-abu yang lebih kusam.

Dimungkinkan untuk memelihara spesies ini berpasangan dalam tangki 10 galon atau lebih besar. Sebuah kelompok kecil dapat ditempatkan di tangki 15 galon. Ketika disimpan bersama, banyak tanaman dan penutup alami harus ditambahkan untuk menyediakan tempat persembunyian.

Betta rubra adalah spesies cupang yang suka mengeram dan jantannya peduli dengan telur yang ada di mulutnya. Jantan merawat telur dan merawatnya selama sekitar dua minggu. Setelah periode ini ia melepaskan benih yang sudah berkembang penuh yang dapat diberi makan bayi udang air asin.

Betta channoides



Betta channoides adalah bagian kompleks kecil dari kompleks Betta albimarginata. Ini sering disebut ikan cupang kepala ular karena bentuk dan bentuk tubuhnya yang seperti kepala ular. Betta channoides adalah spesies yang kecil, berukuran maksimal 4 cm. Di alam, ia hidup di Kalimantan timur di aliran air hitam kecil.

Ikan Ini memiliki warna oranye-merah cerah dengan sirip hitam dengan tepi putih. Betina kurang berwarna dan memiliki lebih banyak garis vertikal.

Betta channoides dapat disimpan dalam kelompok dalam tangki yang relatif kecil dan hidup bersama dengan damai.

Betta macrostoma


Betta macrostoma adalah salah satu spesies cupang yang paling menarik bagi sebagian besar pemelihara cupang karena itu mereka dinamai Brunei Beauty.

Salah satu hal pertama yang Anda perhatikan ketika melihat ikan ini adalah mulutnya yang sangat besar. Bahkan, itu sebenarnya disebut setelah itu. Dalam bahasa latin, macro berarti besar dan mulut stoma. Jantan menggunakan mulut besar mereka untuk merawat telur mereka.

Cupang macrostoma dapat dipelihara berpasangan dengan sempurna. Setelah pasangan terbentuk, itu akan hidup bersama dengan damai. Jika Anda beruntung, mereka bahkan dapat muncul secara spontan tanpa perhatian ekstra.

Habitat liar mereka terdiri dari sungai kecil dan kolam dengan banyak serasah daun dan bahan organik sebagai substrat. Karena tidak banyak tanaman dan air yang mengapung dengan cepat sehingga tidak memungkinkan untuk membangun sarang gelembung. Ikan cupang mouthbrooding mengembangkan cara untuk menetaskan telur di mulutnya dan melindunginya dengan cara itu.

Cupang macrostoma adalah salah satu spesies cupang yang menyukai arus kecil dan siklus air. Dalam tangki yang memiliki sistem biologis yang seimbang dengan banyak tanaman, filter tidak diperlukan, tetapi tentu saja bermanfaat. Cupang macrostoma tidak menyukai arus yang kuat, jadi pilihlah filter dengan aliran rendah.

Betta hendra



Cupang hendra adalah spesies cupang kecil bersarang gelembung bagian dari kompleks B. coccina. Ia hidup di Kalimantan di bagian selatan Kalimantan tengah, di drainase Sebangau. Habitat liarnya adalah kolam kecil dengan banyak bahan organik di bagian bawah, yang menyebabkan pH rendah 4-5.

Anda dapat mengenali cupang hendra dari warna hijau tua atau birunya. Cupang hendra adalah spesies yang agak kecil, tumbuh hingga 1,6 inci (40mm) panjangnya. Di pipi, dua tanda merah kolateral terlihat.

Yang terbaik adalah menyimpan Betta hendra di dalam tangki tanpa teman satu tangki. Cupang hendra adalah spesies kecil yang mudah stres dan jika terlalu banyak persaingan, mereka akan kalah bersaing untuk mendapatkan makanan. Spesies yang bisa hidup dengannya adalah penghuni dasar yang kecil dan damai seperti udang atau corydoras.

Pasangan tangki hanya cocok jika tangki Anda cukup besar dan cupang Anda memiliki cukup ruang untuk mundur dan memiliki wilayah pribadi.

Betta coccina




Sering disebut cupang anggur merah karena warnanya yang merah tua, cupang coccina adalah spesies cupang yang sangat luar biasa dan cantik. Mudah dikenali dari warna merah dan bintik biru-hijau di bagian tengah tubuhnya. Tergantung pada lokasi dan spesimen, warna dan bintik biru ini bervariasi dalam ukuran dan intensitas. Betta coccina memiliki warna yang mirip dengan Betta brownorum dan membutuhkan mata yang terlatih untuk membedakannya.

Cupang coccina hidup di Malaysia dan di Sumatera. Habitat alaminya berupa sungai kecil tanpa banyak tumbuhan tetapi banyak bahan organik dan daun sebagai substratnya. Daun ini membuat air sangat asam dan pH bisa serendah 3-4.

Cupang coccina dapat dipelihara berpasangan atau berkelompok. Untuk sepasang, tangki minimal 12 galon dianjurkan. Kelompok dapat disimpan dalam tangki yang lebih besar dari 15 galon +.

Menurunkan pH Anda dapat bermanfaat untuk spesimen tangkapan liar. Namun, untuk ikan penangkaran, tangki yang bersih dan terawat dengan baik sudah cukup dan menurunkan pH Anda adalah opsional. Untuk mencapai hal ini dapat dilakukan dengan beberapa bahan organik seperti gambut dan daun ketapang atau air RO.

Membiakkan spesies ini cukup mudah. Cupang coccina dapat didorong untuk berkembang biak dengan memasukkan tabung lebar seperti tabung film. Jantan akan membangun sarang gelembung mereka di bawah ini dan mendorong perilaku berkembang biak.

Betta uberis




Betta uberis adalah spesies Cupang menakjubkan lainnya dari kompleks B. coccina. Ini dapat tumbuh hingga maksimal 1,5 inci dan merupakan spesies kecil yang tumbuh.

Ini memiliki dasar gelap, dengan skala hijau-biru warna-warni di tubuh utama. Siripnya berkisar dari warna merah penuh hingga hanya tepinya yang berwarna merah. Betina kurang berwarna dan lebih kecil dari jantan. Saat gelisah atau dalam proses kimpoi, warna betina lebih banyak.

Ia hidup di pulau Kalimantan di sekitar kota Pangkalan Bun dan habitatnya mirip dengan spesies Cupang lainnya: rawa gambut dan sungai kecil, dengan banyak tanin dan pH rendah.

Betta uberis bisa agresif terhadap satu sama lain, dan menjaga mereka dalam kelompok hanya mungkin dalam tangki 15 galon atau lebih.

Karena alasan ini, menjaga teman tangki dengan Betta uberis tidak disarankan. Mereka berdua akan membuat ikan stres dan mungkin mengalahkan mereka untuk mendapatkan makanan. Di tangki yang lebih besar, spesies tenang seperti udang atau penghuni dasar lainnya dapat ditambahkan.

Betta pallifina



Betta pallifina adalah salah satu spesies cupang liar terbesar dan panjangnya bisa mencapai 4 inci. Betta pallifina adalah bagian dari kompleks B. unimaculata, di antara spesies seperti Betta macrostoma dan Betta unimaculata.

Ia hidup di hulu Barito, sebuah daerah di Kalimantan tengah (Kalimantan). Aliran kecil dan kolam membentuk habitat aslinya.

Ini kurang berwarna daripada spesies lain yang terdaftar, tetapi menunjukkan warna biru-hijau yang menakjubkan di sisi dan sirip. Pipinya tertutupi oleh sisik biru-hijau seperti ular.

Betta pallifina adalah spesies cupang yang suka merenung yang sangat jelas melihat mulutnya yang besar. Selain dapat menetaskan telur dan menggoreng, mulut ini juga memungkinkan mereka untuk memangsa hewan buruan yang lebih besar seperti ikan kecil dan udang.

Cupang pallifina dapat dipelihara berpasangan atau berkelompok. Untuk sepasang, tangki minimal 30 inci atau 30 galon. Lebih disukai tangki yang panjang dan lebar daripada tangki yang tinggi, dengan cara ini cupang pallifina Anda dapat bersembunyi satu sama lain. Kelompok harus disimpan di tangki yang lebih besar sehingga ikan memiliki cukup ruang untuk memiliki wilayah mereka sendiri. Untuk lebih dari satu jantan, tangki Anda harus setidaknya 60 galon.

Memelihara spesies ini dalam kelompok sangat beresiko, karena selalu ada kemungkinan mereka tidak akur dan berkelahi, terkadang sampai mati. Tanaman dan penutup alami seperti kayu dan batu adalah suatu yang harus diberikan untuk perlindungan yang cukup.



Diubah oleh bmkun 05-09-2021 18:44
bromocool
asrindrawibowo
politon21
politon21 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
8.9K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.