• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Durasi Tidur yang Singkat, Tak Menghalangi Kesusksesan Tokoh-Tokoh Indonesia Ini

manusiagatek
TS
manusiagatek
Durasi Tidur yang Singkat, Tak Menghalangi Kesusksesan Tokoh-Tokoh Indonesia Ini
Untuk memenuhi durasi tidur yang ideal demi kesehatan, haruskah tidur 8 jam per malam ? Namun, durasi tidur yang baik untuk kesehatan bisa berbeda untuk tiap kelompok usia. Misalnya, durasi tidur yang dibutuhkan seorang bayi baru lahir mencapai 17 jam perhari dan semakin bertambah usia akan semakin singkat durasi tidur yang dibutuhkan.

Mengenai berapa lama waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa masih menuai kontroversi di antara para ahli. Ada yang berpendapat 8 jam, 6 jam hingga 4 jam. Sebagian para ahli menyatakan seberapa lama waktu tidur yang dibutuhkan manusia bisa jadi berbeda-beda pada tiap individu. Para ahli juga menyebutkan definisi "uberman" , yaitu pola tidur relatif singkat dengan frekuensi lebih dari 3 kali.

Teori ini barangkali benar, sebab faktanya para tokoh Indonesia ini
memiliki waktu tidur yang tak sama dan mereka tetap sehat bugar bahkan menuai kesuksesan dalam karirnya. Siapa sajakah mereka? Intip yuk!


1. Sandiaga Uno


Sebagai orang beken seindonesia, Sandiaga Uno banyak dikenal orang sebagai pengusaha sukses dan sekarang bergabung dengan pemerintah sebagai menteri. Terlebih, beliau memiliki banyak aktivitas yang luar biasa padat. Namun, dibalik kesuksesannya siapa yang menyangka ternyata beliau hanya tidur 5 hingga 6,5 jam saja per malam bukan 8 jam seperti yang direkomendasikan beberapa ahli. Jika, kesibukannya meningkat Sandiaga Uno bisa tidur kurang dari 5 jam , seperti saat dirinya mencalonkan diri saat pilpres.Untuk mengatasi ini biasanya Sandiaga Uno melakukan pola tidur teknik uberman. Yaitu, tidur di sela-sela kesibukan dengan frekuensi yang sering dan berdurasi singkat.

Namun, yang pasti Sandiaga Uno menjaga pola makan dan olahraga untuk menjaga staminanya. Dalam mengatur pola makan yang sehat, selain mengkonsumsi banyak sayur buah, memperbanyak protein beliau juga membuat pantangan. Sandiaga Uno membatasi konsumsi nasi dan juga "no for gorengan".

2. Habibie


Saking sibuknya beliau, Bapak Habibie sampai memberi "tugas tambahan" pada sekretarisnya mengingatkan beliau shalat wajib jika sudah waktunya. Bapak Habibie sejak muda sudah terbiasa tidur 4 jam yaitu tidur jam 11 dan bangun jam 3 subuh. 20 jam sisanya ia gunakan untuk aktivitas harian seperti shalat, makan, baca yasin, mandi, berenang, menerima tamu. Juga, beliau menyisakan waktu untuk "meng-upgrade diri" 7,5 jam dengan menulis dan membaca.

3. Chairul tanjung


Chairul Tanjung sejak muda adalah seorang pekerja keras. 6 jam ia gunakan untuk tidur dan 18 jam sisanya digunakan untuk bekerja dan kegiatan sehari-hari. Chairul Tanjung merupakan pengusaha sukses yang memiliki banyak perusahaan. salah satunya Trans.corp yang menaungi stasiun Trans TV DAN TRANS 7. Agan sista yang suka nongkrong di chanel trans tv dan trans 7, inilah pria dibalik layar yang menaungi dua stasiun Tv ini.

Sebagai informasi, beliau ini menempati peringkat ke 937 dari 1000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.Walaupun beliau ini berlatar belakang pendidikan dokter gigi, karena kendala ekonomi saat itu sedikit demi sedikit beliau menekuni dunia bisnis untuk memenuhi kebutuhan kuliah hingga akhirnya memilih jalur bisnis sebagai profesi pilihannya.

4. Profesi tertentu


Pada kenyataannya, beberapa profesi memang menuntut seseorang kurang tidur, mau tak mau. Contohnya, dokter jaga di rumah sakit, artis, atlet, militer, dan lain sebagainya. Jam tidur mereka ini bisa dikatakan tidak normal atau kilat karena kesibukan yang luar biasa padatnya. Karenanya mereka akan mengambil pola tidur uberman sebagai penggantinya.

Tidak heran banyak artis yang tidur dalam mobil, dalam perjalanan menuju tempat shooting. Atau mencuri-curi waktu tidur di sela-sela break ketika sedang menunggu giliran beradegan walau cuma beberapa menit. Seperti Dedy corbuzier, ia mengaku tidur hanya 4 jam.

Bahkan, orang-orang jenius seperti Leonardo da Vinci dan Nikola Tesla juga melakukan pola tidur uberman dimana durasi tidur hanya 20 menit tapi dengan frekuensi yang lebih dari 3 kali. Nah, agan sista yang kebetulan profesinya menuntut kurang tidur, bisa dicoba menggantikannya dengan pola uberman ini. Semoga tetap sehat.

Referensi tulisan
https://health.detik.com/berita-deti...-ritual-khusus

https://gaya.tempo.co/read/1247325/b...h/full&view=ok

https://lifestyle.kompas.com/read/20...r-yang-singkat

https://kalipaksi.wordpress.com/2008...airul-tanjung/

https://health.detik.com/berita-deti...aat-jaga-malam

https://www.kapanlagi.com/showbiz/se...am-37597d.html

https://www.brilio.net/selebritis/5-...i-190911p.html

https://www.suara.com/lifestyle/2019...tahui?page=all

https://www.merdeka.com/chairul-tanjung/profil/

https://www.inews.id/sport/soccer/cr...-ini-alasannya

Sumber gambar
https://m.bisnis.com/kabar24/read/20...eri-pariwisata

https://www.kompas.com/tren/read/202...bibie?page=all

Wikipedia

https://www.kompas.com/hype/read/202...gan-untuk-azka

varokahhemineminnapengennyusu
pengennyusu dan 23 lainnya memberi reputasi
22
7.1K
114
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.