• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • (Muhasabah Ramadhan 2021) Kesamaan Ajaran2 Para Nabi & Rasul di Masa2 Kenabian

rifki.albasyuniAvatar border
TS
rifki.albasyuni
(Muhasabah Ramadhan 2021) Kesamaan Ajaran2 Para Nabi & Rasul di Masa2 Kenabian
Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Keselamatan dan Salam Kesejahteraan

untuk Kita Semua

Artikel kali ini adalah tentang Kesamaan dari Ajaran-Ajaran Nabi-Nabi/Rasul-Rasul yang tertera, tersurat atau diabadikan dalam Al Qur'an. Yaitu Ajaran2 tentang ber-Tauhid DAN ber-kebaikan, beramah tamah, bersopan santun dan ber-toleransi terhadap sesama manusia. Jika disederhanakan menjadi dua jenis yaitu Hubungan Vertikal kepada YME DAN Hubungan Horizontal kepada Sesama Manusia. Silahkan dilihat2 dan dibaca2 artikel ini. Semoga bermanfaat & bermakna utk Semuanya....





Ajaran2 Nabi2 dan Rasul2 adalah tentang

Tauhid Spiritual & Moral  Humanisme

Tauhid Spiritual kepada YME / YMK. Adalah meresapi dan menjiwai bahwa adalah Dia, YME/YMK diatas segala Makhluk dan Beings. YME adalah The Creator (Sang Pencipta) yang tidak berujung dan tidak berawal, tidak bermula dan tidak berakhir, tidak beranak dan diperanakkan serta mencakup & melingkupi segala sesuatu, Yaitu Tuhan YME dan Yang Maha Kuasa. Sebagaimana Tuhannya Nabi Ibrahim as

...Sedangkan...

MORAL & HUMANISME adalah Hubungan terhadap sesama Makhluk di dunia. Moral untuk tidak melakukan perbuatan2 yang dilakukan oleh hewan seperti berzina, mesum, merudapaksa, dan lain semacamnya. Humanisme (Kemanusiaan) adalah untuk dapat menjadi Manusia Sejati yang tidak sekedar makan minum, berkembang biak, menua dan akhirnya mati tanpa ada pertanggungjawaban, yaa, layaknya hewan2.

MORAL & KEMANUSIAAN yang dapat menjiwai dan mengamalkannya adalah hanya kita semua sebagai Manusia2 yang berjalan di muka bumi ini. Sebagai Pemimpin di dunia ini untuk mengelola Alam Bumi ini dengan baik dan bijaksana.

Dengan Pemahaman akan MORAL & KEMANUSIAAn tentu dapat menjadikan kita semua sebagai Manusia-Manusia Terbaik Sejati yang berjalan di muka bumi melalui Kehendak dari YME.




PERSAMAAN AJARAN-AJARAN 25 Nabi & Rasul


Jika kita mengambil persamaannya, semenjak dahulu sekali yaa, ajaran-ajaran seperti diatas yang diserukan kepada kaum2 terdahulu dengan Wahyu dan Mukjizat dari Tuhan YME dengan perantaraan Jibril as.

Tidak lain dan tidak bukan adalah Ajaran-Ajaran ber-Tauhid kepada-Nya DAN bersosialisasi dengan sifat amal perbuatan mulia yang terpuji. Yaitu Habluminallah & Habluminannas secara baik, benar dan terpuji.

Jadi, bisa disederhanakan menjadi 2 kategori, yaitu ber-Tauhid Beribadah kepada-Nya DAN bersosialisasi kepada Sesama Makhluk di Dunia ini dengan Baik, Benar dan Terpuji.












PENUTUP

Sekian dari artikel tentang Kesamaan Ajaran2 25 Nabi dan Rasul ini. Semoga dapat diambil yang baik dan hikmah pelajarannya untuk semuanya.

Semoga Orang Indonesia tidak kehilangan identitas, sifat dan jatidiri sebagai Manusia Indonesia yang baik, ramah, sopan dan toleransi sesama makhluk hidup.

Sekian dan Semoga Bermanfaat & Bermakna untuk NKRI

NKRI RAYA

NKRI Thousand Years

.....Aamiin YRA.....







Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh rifki.albasyuni 23-07-2023 10:41
c4punk1950...
c4punk1950... memberi reputasi
1
1.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.