valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Pengamat: Formula E di Jakarta Cuma Sirkus Saja


Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat olahraga, Budiarto Shambazy, menilai Formula E sekadar jadi ajang sirkus dan merugikan olahraga Indonesia serta Jakarta pada khususnya.
Budiarto menilai Indonesia belum sampai pada level menggelar balap mobil formula listrik tersebut. Selain karena sedang dalam situasi pandemi Covid-19, banyak olahraga lainnya yang butuh perhatian.

"Belum saatnya kita menyelenggarakan Formula E. Jauh sekali dari dunia keolahragaan kita secara umum, karena kita masih belum menjadi kekuatan untuk olahraga otomotif. Enggak ada jagoan, driver, kecuali 1-2 seperti Sean Gelael," kata Budiarto.

Mantan jurnalis ini menambahkan, dana yang digelontorkan pemerintah DKI untuk ajang tersebut lebih baik digunakan untuk pembangunan infrastruktur olahraga. Bisa juga untuk menggelar pelatihan nasional cabang olahraga.

Budiarto mencontohkan, DKI butuh prasarana olahraga bulutangkis, angkat besi, sepak bola, dan memanah sebagai olahraga yang paling digemari dan berprestasi. .

"Ya, sayang dana sebegitu besar dipakai hanya untuk tontonan Formula E yang masih asing untuk kita. Lebih baik dipakai untuk, misalkan kalau mau berandai-andai, ya untuk stadion sepak bola. Itu lebih bermanfaat. Atau untuk pelatnas bulutangkis," katanya.

"Ya, membangun infrastruktur yang cocok untuk kita, cabang-cabang olahraga yang diminati dan menghasilkan prestasi. Kalau di Formula E enggak ada prestasi kita. Mungkin ini menjadi sirkus saja, jadi tontonan saja," ucapnya menambahkan.


Budiarto juga menganalisis tidak ada keuntungan signifikan dari segi pariwisata. Penonton yang bakal datang ke Jakarta untuk menonton Formula E mungkin ada, tetapi jumlahnya tak akan signifikan seperti balapan yang populer.

Meski akan tetap ada pemasukan dari ajang tersebut, jumlahnya tak akan menutupi dana yang dikeluarkan. Formula E sebagai cabang olahraga baru, tidak akan semeriah Formula 1 atau Formula 3000.

"Ini kan baru. Bukan barang yang dikenal akrab. Satu hal yang banyak orang heran, kok formula pake 'e', elektrik. Penonton mau dengar suara mesin, makin kencang makin senang. Formula satu itu kan suaranya luar biasa," ujaranya.

"Saya sudah nonton tujuh hingga delapan Formula 1 di berbagai penjuru dunia, memang suaranya itu benar-benar mencengangkan. Di situ lah kepuasan penggemar Formula 1 berpuncak. Mendengar suara start dan waktu balapan," Budiarto mengisahkan.


Terakhir, ucap Budiarto, polemik Formula E ini menimbulkan kebisingan yang tidak perlu. Masyarakat yang sedang berjuang dari pandemi Covid-19 terjebak dengan perdebatan tidak produktif mengenai olahraga yang belum akrab bagi masyarakat Indonesia.

"Yang saya khawatir, Formula E ini merugikan kita karena ribut tidak karu-karuan. Untuk apa ribut soal Formula E. Sebaiknya ga usah saja. Tutup buku selesai. Walaupun harus menanggung rugi, ya salah sendiri. Ini bisnis," ucapnya.

"Berisiknya itu yang buat saya mengganggu. Kita enggak butuh begini-beginian. Kita sedang butuh prasarana olahraga yang populer, yang kita berprestasi. Bukan yang beginian. Pembalap aja enggak punya. Merek-merek terkenalnya saja pada mundur," ucap Budiarto.

Rencana penyelenggaraan balap mobil Formula E di Jakarta sudah diumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 14 Juli 2019.

Setelah sempat tertunda dua kali karena Covid-19, Formula E ditargetkan untuk dilaksanakan pada Juni 2022. Target itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

Ingub ini, adalah salah satu pemicu isu Formula E kembali diperbincangkan beberapa waktu belakangan, hingga muncul interpelasi yang diusulkan dua fraksi di DPRD.

https://www.cnnindonesia.com/olahrag...ma-sirkus-saja

Kalo badut kan emang habitat asli dan kerjanya d sirkus.. Makanya seneng banget bikin sirkus2 biar ada kerjaan.. emoticon-Malu (S)

Quote:




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 01-09-2021 01:56
casper69
viniest
snoopze
snoopze dan 44 lainnya memberi reputasi
43
9.5K
216
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.